10 Desain Produk Kayu Terbaru Hingga Juni 2023

Beberapa produk desain furniture kayu yang diluncurkan awal tahun ini hingga Juni 2023 memiliki konsep baru yang sangat menarik dengan tetap mempertahankan nilai klasik serta kenyamanan pengguna. Kami ingin menampilkannya untuk Anda, bukan untuk meniru desainnya, tetapi dengan harapan agar menjadi menjadi inspirasi bahwa bahan kayu dan desain furniture selalu berkembang dan ide baru tidak pernah ada habisnya.

Misalnya kursi Adirondack, salah satu desain klasik furniture outdoor sejak awal abad 19 yang dilengkapi dengan fitur moderen. Kursi balita yang bisa dirubah fundsinya sesuai porkembangan fisik anak, serta kursi multifungsi yang memiliki ruang untuk menyimpan buku dan bisa digunakan sebagai meja kerja untuk meletakkan laptop.


10. Side table


Nessie side table didesain oleh Deniz Aktay/img: Yanko Design

Mungkin meja samping ini cukup jauh dari sisi fungsionalnya, bahkan secara luas permukaan meja, hanya sebagian kecil saja yang efektif. Model meja samping ini terlihat lebih berfungsi secara dekoratif yang menambah nuansa tertentu pada ruang tertentu.

Meja samping 'Nessie' menjadi sebuah contoh kualitas pengerjaan kayu yang bagus, mengingat tingkat kesulitan dalam menghasilkan bentuknya yang tidak konvensional. Terlihat cukup jelas bahwa furniture ini terbuat dari dua lembar papan buatan yang melengkung ke atas sehingga kedua ujungnya bertemu membentuk meja persegi tanpa kaki. Menuntut tingkat presisi yang sangat tinggi dalam pengerjaannya, bagian yang berbentuk prisma segitiga untuk mengimbangi berat meja.


9. Adirondack Chair


Kursi malas Adirondack memiliki fitur yang cocok untuk handphone/img: Cambridge Casual

Kursi malas Adirondack adalah desain furniture outdoor klasik, Cambridge Casual mereproduksi kembali dengan tambahan fitur yang modern sebagai solusi tempat duduk yang akan membuat seseorang tetap bebas bergerak saat menghabiskan waktu bersantai. Pada sandaran tangan bagian kanan terdapat tempat untuk meletakkan botol minuman, gelas anggur, atau gelas minuman lainnya, sedangkan pada sandaran tangan kiri bisa untuk meletakkan smartphone atau gadget lainnya.

Rangka kursi tersebut dibuat dari kayu Jati premium dan dipasang bantalan busa cepat kering untuk menambah sedikit kenyamanan. Pembungkus busa dari anyaman rotan sintetis (wicker) agar tahan terhadap kondisi luar ruangan. Asesoris ini akan membuat pengguna tetap bisa duduk dalam waktu lama tanpa harus bangun untuk mengambil minuman dari meja samping.


8. Kursi Tinggi Balita


Kursi tinggi balita (high chair) dari Bugaboo

Kursi tinggi untuk bayi dan balita ini menawarkan estetika modern, serta penyangga ergonomis dan cara mudah untuk mengubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dengan konfigurasi yang mudah, orang tua dapat mengubah bentuk dan fungsi kursi ini tanpa memerlukan alat tambahan.

Bugaboo, sebuah merek yang dikenal sebagai peritel kereta bayi (baby stroller) kualitas premium yang menyediakan produk ini. Produk ini merupakan terobosan pertama dari Bugaboo yang menawarkan desain produk dengan beberapa fungsi sekaligus, yaitu sebagai rocking chair (kursi goyang) untuk bayi umur 0-6 bulan, kursi tinggi bayi, kursi tinggi bayi yang dilengkapi dengan meja/tray, kursi duduk biasa untuk balita berumur 3-5 tahun.


7. Movable Furniture


Placo Furniture dirancang agar dapat dengan mudah didorong atau ditarik ke mana pun mereka pergi

Konsepnya adalah sebuah unit furniture yang memungkinkan untuk dipindahkan atau digeser antar ruangan dengan mudah oleh anak-anak. Dan bagian atasnya merupakan sebuah kotak pensil yang bisa dilepas untuk ditempatkan di bagian paling atas kabinet.
Sangat baik untuk digunakan di dalam rumah maupun di dalam kelas.

Kabinet bernama Placo ini dibuat dari papan MDF dengan kombinasi kayu solid pada bagian pegangan berbentuk pipa yang diletakkan di atas empat roda. Placo menawarkan ruang yang luas untuk menyimpan buku, tas ransel, kotak makan siang, dan lainnya.


6. Armchair


Kursi Tailor didesain dengan mengutamakan efisiensi/img: sunriu

Armchair multi fungsi ini didesain oleh SUNRIU Design sebagai solusi furniture untuk rumah atau kantor modern yang siap menyediakan tempat khusus untuk duduk atau bahkan bekerja. Karakteristik kursi ini ditunjukkan oleh konstruksi berongga yang terbentuk dari kayu lapis yang dibentuk lengkung dan mengutamakan fungsinya sebagai tempat duduk, tetapi juga memiliki ruang interior yang luas untuk menyimpan barang-barang penting. Bagian atas sandaran dapat difungsikan sebagai meja kerja dari belakang saat kursi tidak digunakan untuk duduk.

Tailor armchair bisa disusun bersama beberapa kursi sehingga cocok untuk kantor dengan konsep terbuka, ruang kerja, atau bahkan ruang tunggu. Desain kursi yang multi fungsi tidak mengurangi sifat estetikanya dengan bentuk dasar bulat pada setiap sudutnya.


5. Meja Kerja


Meja kerja bernama 'Stretch Desk' didesain oleh João Teixeira

Meja kerja ini dirancang oleh João Teixeira sebagai tempat kerja yang sekaligus sebagai tempat buku dan dapat diatur kedalamannya sesuai kebutuhan. Sangat cocok untuk para pekerja profesional dan pelajar untuk membantu mereka menikmati meja kerja yang luas dengan fitur tambahan rak buku untuk di rumah.

Bagian meja tetap mempertahankan konstruksi kayu yang bersih, halus dan bergaya, sementara bagian depannya sebagai tempat menyimpan buku yang berupa gulungan bahan kulit yang dapat diperpanjang atau digulung untuk menyesuaikan ukuran buku dan barang perlengkapan alat tulis lainnya.

Stretch Desk ingin mempertahankan style modern dengan melibatkan bahan alami kulit untuk membedakannya dengan meja lain pada umumnya, selain tujuan untuk mencapai nilai estetika sebagai furniture bergaya minimalis.
Meja tersebut juga memprioritaskan kualitas pembuatannya yang berkualitas tinggi sehingga bisa menjadi perabot awet dan mudah dirawat.




Baca juga:
Trend Furniture Yang Akan Tetap Disukai Hingga Tahun 2023


4. Kursi Lipat Super Minimalis


Sandaran dan dudukan datar dan lurus pada kursi lipat Notch/img: yankodesign

Kursi lipat bernama 'Notch' ini didesain oleh Kostas Synodis sebagai furniture super tipis yang cukup sempurna untuk mengubah persepsi gaya solusi tempat duduk yang sederhana. Kursi ini dibuat dengan mempertimbangkan estetika kursi lipat Afrika dan dibuat dari kayu lapis berkualitas tinggi yang telah dipotong dengan presisi menggunakan mesin CNC.

Kursi dapat dilipat rata dengan tebal hanya 24 milimeter saat tidak digunakan agar mudah disimpan atau dikirim. Sangat bermanfaat digunakan dan disimpan dalam ruang kecil tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang.

Walaupun terbilang sangat praktis dan memiliki nilai estetika yang relatif tinggi, kenyamanan kursi lipat ini cukup dipertanyakan mengingat sudut-sudut yang cukup keras dan tidak adanya bahan lembut untuk dudukan atau sandaran. Ketinggian serta panjang dudukan mungkin terlalu rendah dan kecil buat beberapa orang sehingga kurang ergonomis. Garis dan sudut kursi yang panjang ke belakang mungkin terlihat kurang familiar, dan menjadikannya kurang bermanfaat saat kursi disusun berjajar ke depan.



3. Meja Tamu dengan permainan


Meja

Untuk para penggemar board game terutama scrabble, meja ini pasti menjadi pilihan favorit. Meja berukuran sekitar 63 x 63 cm ini dilengkapi dengan papan permainan Scrabble built-in dengan seluruh kepingan huruf untuk menunjang permainan serta tempat menyusun huruf pada empat sisinya untuk 4 pemain. Pada bagian daun meja paling atas dilengkapi dengan kaca tempered yang bisa digunakan untuk meletakkan cangkir kopi di saat meja tidak digunakan untuk bermain.

Meja dengan tinggi 45 sentimeter ini ditopang oleh empat kaki meja yang terbuat dari besi baja dengan model yang sederhana. Menilik dari Etsy sebagai peritel produk, meja ini hanya dibuat sesuai pesanan dan diproduksi 100% di Amerika.

Sudah ada beberapa meja tamu yang menggunakan ide permainan papan seperti catur yang lebih banyak diproduksi untuk meja teras atau untuk meja di restauran atau bahkan di tempat terbuka. Permainan board lainnya seperti Backgammon dan puzzle juga bisa menjadi ide yang menarik untuk diterapkan pada meja tamu.

Integrasi permainan ke dalam desain furniture menjadi sebuah alternatif untuk meningkatkan produktivitas serta mampu menambah nilai fungsional sebuah produk furniture.



2. Meja Kolaborasi


Meja kolaborasi, salah satu produk dari AYA collection

Foster + Partners meluncurkan desain furniture terbaru dengan nama AYA collection, yang terdiri dari meja kolaborasi, meja makan, meja konferensi/meeting, dan bangku kerja. Foster + Partners adalah tim utama yang mendesain furniture untuk setiap Apple Store.

Khususnya pada meja tinggi kolaborasi, sisi lebarnya berbentuk setengah lingkaran - letter D - dan dilengkapi dengan beberapa titik stop kontak untuk pengisi baterai laptop atau untuk menghubungkan peralatan listrik. Yang lebih menarik lagi adalah bagian lebih tinggi di sepanjang bagian tengah meja, bisa difungsikan untuk meletakkan hiasan kecil di atasnya, dan pada bagian bawahnya terdapat lampu untuk menerangi meja.

Daun meja kolaborasi AYA memiliki ujung sisi tebal bulat untuk memberi kesan lembut dan desain yang tahan lama, yang memberi perasaan relaks & nyaman baik di rumah maupun di kantor.


1. Kursi Lipat


Kursi bisa digunakan di luar ruangan/img: Atolmar

Tipe kursi lipat ini lazimnya disebut Director chair, atau kursi sutradara (bukan Direktur). Atolmar membuat komponen kursi dengan ukuran lebih besar dan ukuran lebih lebar dari Director chair pada umumnya agar lebih nyaman dan ergonomis. Sandaran punggungnya pun dibuat lebih miring ke belakang dengan bahan sintetis.

Di laman Atolmar menyebutkan bahwa kursi ini dibuat dari kayu Jati yang bersertifikat di Indonesia. Dengan mengandalkan kehalusan amplas manual karena komponen yang besar, kursi ini bisa digunakan untuk keperluan luar ruangan ataupun di dalam ruangan.

Melalui tentangkayu.com kami ingin bersama-sama membuka wawasan dan innovasi yang setiap hari terjadi di dalam industri kayu. Jika Anda memiliki desain produk kayu dan ingin menampilkannya di sini untuk berbagi ide dengan desainer produk kayu lainnya, silahkan hubungi kami.

---
Foto & narasi didukung oleh berbagai sumber

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama