Trend Furniture Yang Akan Tetap Disukai Hingga Tahun 2023

Untuk tahun 2023, para desainer furniture merekomendasikan untuk menjaga kealamian dan keramahan lingkungan, bentuk yang tidak biasa, warna yang lebih alami, kepraktisan dan fungsionalitas, serta perhatian terhadap detail. Artinya, konsumen akan cenderung memilih furniture berdasarkan keinginan, kebutuhan, dan selera mereka.

Kami merangkum beberapa tren penting pasca pandemi yang sepertinya masih akan bertahan atau tetap diminati oleh konsumen hingga tahun 2023. Beberapa foto yang ditampilkan di sini merupakan contoh produk sebagai ilustrasi tren yang sudah tersedia di pasar Eropa dan Amerika.


Furniture yang Nyaman

Pandemi membuat kebanyakan orang lebih terbiasa melakukan sebagian besar aktifitas, dari belajar, bekerja dan aktivitas bermain. Kenyamanan menjadi hal yang terpenting di setiap rumah (terlepas dari ukurannya), terutama di kamar tamu atau ruang keluarga di mana anggota keluarga akan menghabiskan lebih banyak waktu.

Oleh karena itulah, bahkan jika diperlukan, konsumen tidak akan segan untuk berinvestasi yang lebih besar dengan membeli perabot sofa dan tempat duduk yang lebih mahal untuk mendapatkan kenyamanan. Furniture yang terbungkus dengan ringkas dan bahan yang menarik secara visual seperti sofa atau kursi yang dudukannya dilapis busa tipis dengan bahan kain lembuat, termasuk armrest yang nyaman akan tetap menjadi tren. Untuk mendapatkan kenyamanan maksimal, perhatian khusus perlu diberikan pada aspek ergonomi furniture.


Foto: Everyone's invited bundle set dari Article

Setiap jenis furniture kayu yang dibungkus dengan bahan lembut dan alami seperti kain katun dan bahkan bahan dari jerami masih tetap menjadi favorit. Selain lembut, bahan-bahan tersebut akan memberikan kesan hangat.



Furniture ala 'Transformer'

Terutama di Eropa yang saat ini sedang mengalami masa sulit secara ekonomi regional, daya beli masyarakat berkurang dan alokasi dana mereka sedikit bergeser untuk furniture multifungsi, furniture yang bisa dirubah fungsinya sesuai kebutuhan sekaligus mudah dibersihkan. Ukuran apartemen yang kecil, frekuensi pindah tempat tinggal yang lebih tinggi, dan keinginan untuk lebih sering menata ulang tata ruang rumah; sehingga furnitur multifungsi akan sangat relevan.

Sebagai contoh tempat tidur yang memiliki meja kerja terintegrasi dan bisa dibuka dengan satu gerakan tangan. Atau meja makan yang bisa dirubah menjadi meja samping atau diperpanjang untuk menambah kapasitas tempat duduk. Tren seperti ini akan membantu membuat apartemen tidak hanya menarik dan lebih ekonomis, tetapi juga sangat nyaman dalam jangka waktu lama.


Foto: Meja tamu yang bisa dirubah menjadi meja kerja/Yueyang


Baca juga:
9 Tren Desain Furniture & Interior Yang Perlu Dipantau Pada Tahun 2022


Furniture yang Cerdas

Bekerja dari rumah atau WFH (Work From Home) telah menjadi kebiasaan dan standar baru bagi para pekerja milenial, dan kebutuhan akan furniture cerdas menjadi kebutuhan pokok yang akan tetap dicari di tahun 2023.

Kursi sofa yang memiliki 'power-supply' pada sandaran tangan (armrest), kotak alat tulis yang bisa berfungsi sebagai speaker, meja samping tempat tidur yang dilengkapi dengan pengisi baterai nirkabel (wireless) untuk ponsel, atau sofa yang meja sampingnya menyediakan colokan kabel untuk mengisi baterai laptop. Banyak sekali kemungkinan dan untuk menerapkan perangkat elektronik berteknologi pada furniture.


Foto: Meja STARKVIND dari ikea dengan pembersih udara built-in

Teknologi menjadi bagian integral dari furniture yang tetap menjadi tren utama di tahun 2023. Furniture yang bisa menyesuaikan dengan perangkat teknologi terbaru atau yang bisa berintegrasi dengan mudah akan menjadi furniture yang masih diminati.


Furniture berbahan Alami

Desainer lebih merekomendasikan untuk membuat lebih banyak furniture yang terbuat dari bahan alami seperti kayu, bambu & rotan, dan bahan alami lainnya.


Foto: Kursi rotan/Valyoufurniture

Beberepa merek furniture terkenal menempatkan produk mereka yang dilapisi bahan alami, berwarna lebih kecoklatan, pada halaman utama dalam katalog mereka.

Perpaduan beberapa bahan dengan tekstur yang berbeda dalam satu produk juga akan tetap memberikan daya tarik dan orisinalitas tersendiri. Tambahan beberapa keramik pada daun meja misalnya, akan membuat ruangan lebih elegan. Tren khusus akhir-akhir ini adalah sandaran punggung dan sandaran tangan kursi kayu yang dilapisi busa dan kain lembut.

Pada gaya furniture tertentu, bahan dekorasi alami seperti tembaga, kuningan, perunggu, atau nikel juga akan tetap disukai. Tembaga akan menjadi bahan logam yang paling populer untuk perlengkapan dan dekorasi furniture di tahun 2023. Tembaga sangat menarik karena warnanya yang hangat dan kemampuannya untuk menghadirkan suasana meriah ke dalam ruangan.


Furniture berbalut Kain

Untuk tipe furniture upholstery atau furniture yang dibalut kain, bahan pelapis dengan tekstur ekspresif dan kualitas tinggi semakin banyak dipilih. Tekstur permukaan kasar berduri, terkesan dingin dan terasa seperti kembali dari masa lalu.
Bahan lembut dan halus untuk disentuh akan semakin populer, misalnya bahan beludru. Lingkungan kain dengan tekstur berbeda terlihat sangat mengesankan. Misalnya, beludru sesuai dengan kulit, sutra, atau linen.


Sofa modular terbaru dari Arper

Walaupun bahan rangka kayu yang akan digunakan untuk membangun sofa tidak akan terlihat, memilih kualitas dan jenis kayu sangat penting. Kayu keras dengan density lebih dari 500 kg/m3 adalah yang paling cocok. Konsumen lebih menyukai furniture yang nyaman, selalu trendy, dan kokoh.


---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama