9 Tren Desain Furniture & Interior Yang Perlu Dipantau Pada Tahun 2022

Mungkin tidak banyak yang bisa dilakukan selama 2021 karena pandemi, namun ada baiknya kita siapkan diri untuk menyambut tahun baru 2022 dengan penuh harapan dan semangat. Demikian juga dengan desain interior dan furnitur kayu, dari beberapa sumber dan ahli dalam industri tersebut, kami ingin berbagi dengan anda beberapa ide dan tren yang akan menjadi favorit di tahun 2022.


1. Ruang multifungsi


Photo: Google

Bekerja dari rumah atau Working From Home (WFH) sudah menjadi kebiasaan baru di tahun 2021, dan ini akan berlanjut pada tahun 2022. Kamar tamu bisa berubah menjadi menjadi kantor rumah, ruang tamu yang biasanya untuk berkumpul dan menonton siaran televisi bersama bisa berfungsi ganda sebagai ruang baca atau perpustakaan.

Semakin banyak orang membutuhkan ruang dengan konsep tertutup. Apabila tadinya ruang tamu terbuka dan berukuran cukup luas, diperkirakan pada tahun 2022 lebih banyak orang akan membuat sekat atau mencari cara untuk memisahkannya dengan partisi.


2. Bahan yang berkelanjutan dan organik


Photo: Incidence Deco

Kampanye besar-besaran terhadap penggunaan plastik beberapa tahun terakhir akan membuat banyak orang memikirkan dekorasi dengan bahan yang lebih hangat misalnya kayu, rotan, dan serat natural lainnya.
Tren renovasi rumah diperkirakan lebih cenderung pada penggunaan bahan organik dan bahan alam yang bisa diperbarui.


3. Furnitur dengan tepian atau ujung bulatan


Photo: Japandi style/Housedesign

Desain Japandi saat ini sedang hits dan akan terus berlanjut. Japandi adalah desain interior yang menggabungkan pengaruh desain dari budaya Jepang dan Skandinavia. Salah satu ciri khas desain Japandi adalah dengan banyaknya menggunakan tepian kayu yang bulat dan melengkung dan perpaduan bahan kayu dengan besi.


4. Minimalis mewah


Photo: HomeDesigning

Beberapa tahun belakangan desain minimalis sudah menjadi tren interior dan furnitur. Tapi pandemi memberikan dorongan bagi banyak orang untuk membersihkan interior mereka dari barang-barang dan mengosongkan beberapa ruang untuk aktifitas sebari-hari.
Hal tersebut juga terkait dengan alasan untuk mengurangi stres yang berlebihan. Minimalis pada level berikutnya, yang lebih fokus pada elemen untuk kesehatan sepertinya akan menjadi tren tahun ini.


5. Pola lantai kayu yang ringan dan terang


Photo: Floordi

Lantai kayu atau parket yang berwarna terang akan berlanjut menjadi tren di tahun 2022 karena berbagai alasan. Selain karena membuat ruangan terasa lebih besar dan terbuka, membuat kebanyakan orang yang selama ini merasa terkurung di rumah menjadi lebih nyaman.
Lantai yang berwarna terang akan memantulkan sebagian cahaya alami menjadi salah satu inspirasi estetika. Dan sebagai pelengkap, bahwa menggunakan lantai dari kayu berarti lebih ramah dan lebih dekat dekat lingkungan, karena kayu bisa didaur ulang.


6. Lebih banyak barang antik


Photo: Getty

Tahun ini, krisis pasokan dan logistik di seluruh dunia mendorong kebanyakan orang mempertimbangkan kembali cara mereka membeli furnitur baru. Sejak awal tahun 2021 masalah distribusi barang menjadi isu global. Naikknya bahan bakar, tingginya biaya pengiriman antar negara yang berimbas pada naiknya harga jual, membuat orang tidak lagi menginginkan furnitur baru yang di produksi massal.
Berkurangnya pasokan tersebut membuat orang mempertimbangkan untuk membeli barang antik sehingga furnitur antik akan bersinar kembali tahun ini.


7. Furniture yang lebih cerdas dan serbaguna

Photo: Clevinger Smart Coffee Table

Kita akan lebih banyak berharap untuk bisa memiliki furnitur yang lebih serbaguna, dan bisa dialihfungsikan. WFH mengubah cara kita menggunakan ruang dan furnitur di rumah untuk menjadi lebih multifungsi, dan lebih pintar, yang terintegrasi dengan teknologi dan fungsionalitas.
Sofa yang bisa berubah posisi sudut atau di tengah ruangan, meja tulis yang dilengkapi dengan speaker atau pengisi baterai telepon genggam, atau sofa yang terintegrasi dengan pengontrol suhu udara ruangan.


8. Zen dan elemen rumah sehat


Photo: Getty

Setelah 2 tahun hidup di masa pandemi, pemilik rumah memprioritaskan kebutuhan kesehatan ke rumah mereka. Selain perbaikan rumah untuk kondisi lebih sehat dengan mengganti beberapa peralatan yang sudah rusak atau usang, mereka menciptakan ruang Zen, sebuah gaya hidup simpel yang mengutamakan keharmonisan antara tubuh dengan pikiran.
Misalnya tanaman di dalam ruangan, mempunyai sifat pemurni udara dan efek menenangkan.


9. Desain interior yang meluas ke konsep luar ruangan


Photo: PicnicImports Esme Crisscross Rattan Sofa

Pada tahun 2021, banyak orang berinvestasi untuk membeli produk luar ruangan dan tren ini sepertinya akan terus berlanjut tahun ini. Tendensi untuk melakukan aktifitas rumah di luar ruangan semakin meningkat, karena itulah diperkirakan furniture luar ruangan atau teras rumah akan lebih diminati. Kita harapkan meja kursi dari rotan atau sofa dengan bahan yang tahan air untuk teras atau kebun akan lebih bervariasi.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama