GLOSSARY

Daftar kata-kata khusus dalam perkayuan beserta artinya, termasuk istilah dalam bahasa Inggris yang sudah biasa digunakan oleh pelaku industri perkayuan di Indonesia.


A
Amplas
Kadang juga disebut kertas pasir, sejenis kertas yang digunakan untuk membuat permukaan benda-benda menjadi lebih halus dengan cara menggosokkan salah satu permukaan amplas yang telah ditambahkan bahan yang kasar kepada permukaan benda tersebut.

Alur & Lidah
Varian panjang dari sambungan pen & lubang yang dibentuk pada sisi panjang tepi papan.

Apron
Rel pada bagian bawah meja yang menghubungkan kaki meja.


B
Balok kayu
Kayu gergajian yang berbentuk bujursangkar atau persegi empat dengan rasio ukuran tebal dan lebar yang bervariasi 1:1, 2:3, 3:4, 4:6, atau 5:7. Ketebalan balok antara 4-8 cm, dan lebar antara 6-12 cm.

Band Saw (Gergaji Pita)
Mesin dengan bilah gergaji berbentuk seperti lingkaran pita besi bergerigi yang diputar secara terus menerus dengan dua roda mesin.


Bevel
Bagian tepi kayu yang dimiringkan, atau sudut selain sudut siku-siku (bukan sudut 90° atau 45°) dan membentuk bidang datar.


Blockboard
Salah satu varian dari papan buatan, di mana lapisan vinir yang digunakan di bagian inti diganti dengan balok kayu dengan bentuk hampir bujursangkar, dengan arah serat kayu balok diletakkan tegak lurus dengan vinir yang melapisinya.


C
Chamfer
Bagian tepi/ujung kayu yang dimiringkan, biasanya dengan sudut 45°.

Chipboard
Lihat Particle Board.

Circular Saw (Gergaji Lingkaran)
Mesin gergaji dengan bilah pisau pemotong berbentuk lingkaran.


D
Dempul
Bahan penutup lubang pada kayu terbuat dari kapur dan minyak cat.

Density (Kepadatan Kayu)
Massa per satuan volume kayu yang diukur pada saat kayu basah dan kering. Kepadatan kayu diukur dalam kg per meter kubik.

Dowel/pen bulat
Sepotong kayu berbentuk silinder untuk dimasukkan ke dalam lubang yang sesuai untuk mengikat 2 bagian kayu bersama-sama. Diameter dowel bervariasi mulai dari 8mm, 10mm, 12mm.


E
Engsel Kupu-kupu
Engsel yang berbentuk seperti kupu-kupu ketika daunnya terbentang rata.

Engsel Sendok/engsel tersembunyi (concealed hinge)
Engsel yang diletakkan rata di dalam pintu lemari sehingga engsel tidak terlihat saat pintu tertutup. Di Indonesia lebih dikenal dengan nama engsel sendok karena salah satu bagiannya menyerupai bentuk kepala sendok.

Equilibrium Moisture Content (EMC)
EMC adalah titik di mana kayu berhenti menyerap uap air dari atau melepaskan uap air ke udara sekitarnya. Pada titik ini, material kayu dikatakan telah mencapai keseimbangan dengan atmosfer.


G
Gergaji Pita (Band Saw)
Mesin dengan bilah gergaji berbentuk seperti lingkaran pita besi bergerigi yang diputar secara terus menerus dengan dua roda mesin.

Gergaji Lingkaran (Circular Saw)
Mesin gergaji dengan bilah pisau pemotong berbentuk lingkaran.


H
HPL (High Pressure Laminate)
Salah satu produk papan buatan yang sangat keras, yang dibentuk dari beberapa lapisan yang dikompresi (dilaminasi) di bawah tekanan yang sangat tinggi. Proses ini menciptakan lembaran yang sangat padat dan keras. Dengan tambahan laminasi khusus, HPL bisa dipergunakan untuk produk luar ruangan.


I
Intarsia
Sebuah teknik yang digunakan untuk membuat pola dengan warna dan bahan kayu yang berbeda. Intarsia tampak sebagai pola yang berhubungan satu sama lain, menyatu seperti teka-teki gambar.


J
Jig
Disebut juga 'mal', adalah sebuah perangkat yang digunakan oleh pekerja kayu yang diletakkan di atas objek yang akan diproduksi sebagai alat panduan untuk membentuknya. Jig digunakan untuk menghasilkan bentuk dan ukuran yang identik dalam produksi massal.


K
Kaliper (Caliper)
Sebuah alat ukur yang sangat akurat untuk mengukur dimensi material/komponen. Kaliper memiliki dua kaki atau rahang yang bisa disesuaikan, dan bagian belakang terdapat tongkat kecil untuk mengukur kedalaman sebuah lubang bor atau alur.

Kayu Gubal
Area bagian luar batang pohon atau batang kayu, yang pada saat pohon tumbuh mengandung sel-sel hidup dan bahan cadangan seperti pati. Kayu gubal umumnya berwarna lebih terang daripada kayu teras yang terletak di bagian dalam, meskipun tidak semua jenis kayu menunjukkan perbedaan warna yang jelas antara keduanya. Kayu Gubal lebih rentan terhadap serangan organisme biologis (serangga, jamur) tetapi juga biasanya lebih berongga daripada kayu teras - ini membuatnya lebih mudah dirawat dengan bahan pengawet.

Kayu Teras
Area bagian tengah batang pohon atau batang kayu, sel-sel mati yang mengandung tanin atau zat lainnya. Kayu teras kuat secara mekanis, tahan terhadap pembusukan, dan lebih sulit ditembus oleh bahan kimia pengawet kayu dibandingkan kayu gubal.

Ketam/Serut
Alat atau mesin untuk menghilangkan permukaan kasar atau berlebih dari papan kayu.
- Ketam manual: alat untuk membentuk kayu dengan menggunakan tenaga otot (manual) untuk mendorong mata pisau di atas permukaan kayu.
- Ketam mesin: mesin bermotor yang digunakan untuk jenis tugas yang sama dan lebih besar dengan tenaga listrik.

Kiln Dry (Pengeringan Kayu)
Pengurangan kadar air dalam kayu dengan cara mengontrol panas, sirkulasi udara, dan kelembaban secara artifisial.


L
Lingkaran Tahun
Bentuk lingkaran cincin atau lapisan pada penampang kayu yang terbentuk pada permulaan dan akhir suatu musim. Melalui lingkaran tahun ini dapat diketahui umur pohon.

Lidah & Alur
Lihat Alur & Lidah.



M
Mal kayu
Lihat Jig.

Mata Kayu (Knots)
Cacat kayu yang terlihat pada serat kayu dengan bentuk yang melingkar dan lebih gelap dari area sekitarnya. Mata kayu yang terlihat menunjukkan posisi pangkal cabang pohon.

MC (Moisture Content)
Diukur dalam %, adalah ukuran banyaknya air yang ada dalam kayu dibandingkan dengan bahan kayu dalam keadaan kering.

MDF (Medium Density Fiber)
Salah satu produk papan buatan yang dibuat dengan memecah residu kayu keras atau kayu lunak menjadi serat kayu, menggabungkannya dengan lilin dan pengikat resin, dan membentuknya menjadi panel dengan menerapkan suhu dan tekanan tinggi. MDF umumnya lebih padat daripada kayu lapis dan dapat digunakan sebagai bahan bangunan yang serupa dengan aplikasi kayu lapis. MDF lebih kuat, dan lebih padat, daripada particle board.

Melaminto
Juga disebut triplek melaminto, salah satu varian papan buatan dengan ketebalan 2-3 mm yang salah satu permukaannya dilapisi melamin sehingga tampilannya lebih halus dan elegan. Lapisan melamin ini sangat keras dan permukaannya sangat halus dengan tipe glossy atau buram. 

Mlintir/Muntir
Perubahan bentuk kayu seperti spiral karena penyusutan.


P
Pahat Kayu
Alat yang memiliki bilah logam panjang dengan ujung yang tajam. Digunakan untuk membentuk dan memotong kayu.

Papan kayu
Kayu gergajian yang berbentuk persegi panjang dengan rasio ukuran lebar lebih dari 4x ukuran tebalnya. Ketebalan papan biasanya antara 2-5 cm, dan lebar papan antara 8-30 cm.

Parket (Parquet)
Penutup lantai yang terdiri dari kayu tipis berbentuk persegi panjang kecil yang disusun dalam pola khusus.

Particle Board
Juga dikenal sebagai chipboard, adalah produk papan kayu buatan yang dibuat dari serpihan kayu atau serpihan goni dan resin sintetis atau pengikat lain yang sesuai, yang ditekan.

Pecah
Terpisahnya serat kayu hingga menembus ketebalan kayu.

Pen & Lubang
Jenis sambungan yang terdiri dari dua bagian. Bagian pen berfungsi sebagai pasak, dan bagian lubang atau slot menjadi tempat untuk pen dimasukkan. Dua bagian tersebut kemudian direkatkan dengan lem selama perakitan.

Pernis/Vernis (Varnish)
Campuran minyak cat, damar dan sebagainya yang dilapiskan ke permukaan kayu untuk melindungi kayu menggunakan kuas. Saat mengering permukaan lapisan akan mengeras dan mengkilap dengan efek keemasan.

Pingul
Mirip chamfered tapi berbentuk bulat, bagian tepi/sudut kayu yang dibulatkan dengan diameter tertentu.

Plywood
Atau kayu lapis, adalah produk papan buatan yang terdiri dari beberapa lapisan vinir kayu tipis dan disusun secara melintang, yang direkatkan di bawah tekanan pada suhu tinggi untuk membentuk lembaran datar yang lebih tebal, lebih kuat dan lebih fleksibel. Jumlah vinir pada kayu lapis selalu ganjil, dan minimal 3 lapisan.

Politur/Plitur
Bahan finishing kayu yang terbuat dari oker. Pada aplikasinya politur menggunakan spiritus sebagai bahan pelarut dan kain katun sebagai alat aplikasi. Politur harus dioleskan secara berulang-ulang untuk mendapatkan lapisan yang tebal.


R
Radial
Arah potongan kayu melalui pusat log (kayu bulat) sehingga alur lingkaran tahun melintang atau sejajar dengan sisi tebal papan atau hampir tegak lurus degan sisi lebar papan.


Rendemen
Biasanya diukur dalam %, adalah perbandingan jumlah ekstrak atau hasil dari sebuah proses produksi dan pembahanan. Persentase dihitung dari jumlah ekstrak dibagi jumlah awal sebelum proses. Contoh: volume kayu sebelum proses adalah 1 meter kubik, dan volume setelah penggergajian, pengetamanan dan lainnya adalah 0.75 meter kubik, berarti hasil rendemen 75%.

Retak
Terpisahnya serat kayu sebagian, tidak menembus ketebalan kayu/vinir.


S
Serut/Ketam
Lihat ketam

Siku
Sudut 90°, seperti di sudut persegi atau di persimpangan dua garis lurus yang tegak lurus.


T
Tangensial
Arah potongan kayu yang hampir sejajar dengan arah lingkaran tahun. Potongan tangensial menghasilkan papan dengan arah serat yang lebih bervariasi.


Teakblock
Termasuk tipe blockboard, perbedaannya terletak pada satu sisi lapisan paling luar yang dilapisi vinir Jati tipis.


V
Vinir
Lapisan kayu tipis yang digunakan sebagai lapisan dekoratif untuk menutupi bahan lain agar meningkatkan penampilan.

Most read this week