8 Karakteristik Kabinet Dapur Yang Berkualitas Tinggi

Kabinet dapur yang berkualitas tinggi seharusnya terlihat sangat memukau, menyediakan tempat penyimpanan yang sangat fungsional, mudah digunakan, dan setidaknya bisa dipakai hingga 20 tahun atau bahkan lebih.

Harga menjadi salah satu penilaian, tetapi bukan satu-satunya tolak ukur untuk menilai kabinet dapur yang berkualitas karena beberapa produsen juga menambahkan margin yang lebih tinggi walaupun konstruksi dan struktur kabinet berkualitas lebih rendah. Beberapa masalah yang seringkali terjadi pada kabinet dapur yang berusia singkat adalah masalah pintu yang melengkung, kabinet yang rapuh, laci yang tidak lagi lancar, engsel longgar, permukaan kabinet yang terkoyak atau sobek, atau masalah pintu yang tidak lagi sejajar.

Biasanya masalah tersebut terjadi karena konstruksi kabinet yang berkualitas rendah sehingga membuat fungsinya tidak optimal. Dan konsekuensinya kita harus mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan atau pembelian perangkat yang baru.


Untuk mencegah situasi tersebut, periksa beberapa karakter berikut ini pada kabinet dapur agar Anda yakin dengan kualitasnya.

1. Bahan Utama dari Plywood

Terdapat beberapa alternatif bahan baku seperti MDF, blockboard atau bahkan particle board. Namun bahan yang paling kuat di antara seluruh jenis papan buatan adalah plywood atau multipleks. Jika perlu bisa ditambahkan kayu solid pada beberapa bagian kecil, tetapi seharusnya tidak terdapat MDF atau particle board.

Kabinet dapur yang keseluruhan konstruksinya dibuat dari plywood akan memiliki daya cengkram yang lebih baik pada sekrup, paku, dan lem kayu dibandingkan papan buatan lainnya. Selain itu plywood memiliki toleransi yang lebih baik terhadap kelembaban udara sehingga lebih tahan air.

Terutama karena kabinet dapur senantiasa mudah basah karena kran air, bak cuci dan makanan basah lainnya, plywood akan bisa menahan beban lebih baik dan bertahan lebih lama dari potensi kerusakan.


Ambalan plywood setengah jadi/KuduKitchens


2. Dinding belakang full-panel

Biasanya untuk tujuan menekan biaya produksi yang lebih murah, kabinet dapur hanya menggunakan papan full pada dinding samping (kanan & kiri) dan dinding bawah, lalu untuk bagian top meja dan belakang menggunakan sistem rangka untuk memasang panel dari triplek tipis (3-6 cm) untuk dinding belakang dengan paku atau sekrup. Panel tipis tersebut hanya berfungsi sebagai penutup bagian belakang, bukan konstruksi penahan/penguat bodi kabinet.
Terutama pada kabinet dapur bagian atas/dinding, biasanya hanya dipasang bingkai tambahan yang melintang pada bagian belakang untuk memasang braket penggantung lemari kabinet.

Untuk keperluan struktur kabinet dan daya tahan menahan beban, kabinet dapur yang berkualitas tinggi akan menggunakan lembaran plywood setebal minimal 12 mm untuk papan belakang. Konstruksi ini selain menambah kekuatan struktur kabinet, juga mempermudah pemasangan kabinet dinding ketika titik bracket penggantung harus menyesuaikan kondisi dinding dapur.

Perhatian!
Untuk memasang penggantung kabinet atas ke dinding Anda harus mengetahui dengan baik dan akurat posisi pipa air, kabel listrik atau saluran lainnya yang terpasang tersembunyi di belakang dinding dapur.



3. Pre-assembled di pabrik

Pre-assembled artinya bahwa kabinet telah dirakit di dalam pabrik sebelum dikemas, dan perakitan akhir dilakukan di lokasi dengan cara menghubungkan beberapa kotak kabinet sesuai layoutnya.
Kabinet yang dirakit di dalam pabrik tentunya lebih kuat karena prosesnya menggunakan peralatan khusus dengan tenaga ahli serta kontrol yang ketat. Dan pada setiap sambungan akan diaplikasikan lem kayu untuk memperkuat konstruksinya.

Kabinet dapur dikemas dengan pintu dan laci sudah terpasang dengan sempurna, anda tinggal menyusun beberapa kabinet dengan sekrup khusus. Sistem ini biasa disebut dengan sistem modular, dan pada bagian kabinet yang terhubung akan terdapat dua lapis dinding samping.


Kabinet dapur sistem modular dan full knockdown

Berbeda dengan kabinet dapur yang menggunakan sistem full knockdown (KD) yang mana setiap panel harus dirakit satu-persatu menggunakan baut, termasuk penyetelan engsel, daun pintu, dan kotak laci. Selain proses perakitan ini akan memakan waktu lebih banyak di ruang dapur anda, kualitas sambungan tidak bisa sebaik perakitan di dalam pabrik. Perakitan panel hanya akan mengandalkan kekuatan sekrup dan baut penyambung, tanpa tambahan lem.


4. Lis sisi tebal dari kayu solid

Sisi tebal plywood menjadi bagian paling rentan terhadap kelembaban, oleh karena itulah harus ditutup agar air tidak mudah meresap melalui sisi tebal plywood. Banyak alternatif bahan untuk menutup sisi tebal, yaitu bahan vinir, bahan sintetis PVC dan plastik lainnya, namun kayu solid merupakan bahan terbaik untuk menutupi sisi tebal.

Kebanyakan kabinet dilapis dengan bahan sintetis pada sisi tebalnya karena lebih murah dan lebih cepat dilakukan dengan mesin, namun tetap saja lapisan tersebut mudah lepas atau terkelupas. Pemasangan lis samping dengan kayu solid memang perlu proses lebih hati-hati, dan biaya yang lebih tinggi, tetapi memberikan hasil yang jauh lebih baik.



Baca juga: Lis Samping Papan Buatan


5. Klos Sudut

Klos sudut ini berfungsi untuk mempertahankan bentuk kabinet agar tetap siku dan stabil, terutama pada kabinet bawah. Selain itu juga menambah kekuatan kabinet saat pengiriman barang dari pabrik atau gudang penyimpanan ke rumah konsumen. Paling baik dibuat dari kayu solid yang agak keras (kepadatan sekitar 500-600 kg/m3) atau juga dari bahan besi.

Terutama kabinet yang berukuran agak lebar (lebih dari 50 cm), karena dimensi tersebut lebih mudah bergeser atau bergerak. Dengan menggunakan tambahan klos sudut ini bisa juga digunakan untuk membuat lubang sekrup untuk mengikat kabinet pada top meja dapur.






6. Kotak laci dengan konstruksi ekor burung

Mungkin tidak banyak orang yang terlalu memperdulikan bagaimana kotak laci dibuat, karena posisinya tersembunyi dan tidak terlihat. Masalah umum yang biasanya terjadi pada kotak laci berkualitas rendah adalah ketika posisinya tidak lagi seperti semula, atau saat salah satu papannya terbuka atau sambungan retak. Ketika hal tersebut terjadi berarti bahan yang digunakan untuk membuat kotak laci berkualitas rendah.

Bahan untuk membuat kotak laci yang terbaik adalah dari kayu solid, namun di samping itu, konstruksi yang digunakan jauh lebih penting. Konstruksi ekow burung merupakan model terbaik untuk membuat kotak laci. Anda bisa memeriksanya dengan melihat bagian samping laci pada posisi terbuka, bentuk konstruksi ekor burung akan terlihat dari sisi kanan dan kiri. Konstruksi ekor burung akan bereaksi 'lebih mengikat' bersamaan dengan gaya saat laci ditarik ke luar.

Dan satu hal yang tak kalah pentingnya, bahwa sambungan ekor burung menambah aspek keindahan pada kotak laci anda.



7. Rel di bawah kotak laci

Hal pertama yang dilihat saat memeriksa laci adalah kelancaran saat laci dibuka dan ditutup. Laci yang sangat sederhana biasanya hanya menggunakan klos kayu pada sisi sampingnya. Atau rel laci biasa yang terpasang di antara dinding kabinet dan kotak laci. Sistem ini cenderung mudah aus, kendur atau bahkan macet.

Rel laci yang paling baik adalah yang terpasang pada bagian bawah kotak laci. Sistem dan teknologi yang digunakan memungkinkan laci bisa ditarik sepenuhnya hingga 100% kedalaman kotak laci dan hampir tanpa suara berisik. Selain itu dengan pemasangan rel laci di bawah akan menambah kekuatan untuk menahan beban laci lebih berat.

Keuntungan lainnya bahwa dengan rel laci di bawah berarti memberikan ruang lebih luas pada kotak laci untuk menyimpan peralatan dapur lainnya.


Rel laci Hafele


8. Engsel sendok soft-close

Engsel sendok menjadi bagian paling penting untuk kabinet dapur, tersedia banyak sekali pilihan dari berbagai model, tetapi hanya beberapa tipe yang sangat penting untuk menjaga kualitas dan daya tahan pintu kabinet.

Baca juga: Ciri-ciri Engsel Sendok Yang Berkualitas Tinggi

Pilihlah, atau periksalah apakah engsel sendok yang digunakan untuk kabinet dapur memiliki sistem soft-close atau terdapat pegas built-in yang bisa menahan pintu tidak terbanting. Engsel sendok standar biasanya memiliki 4 arah pengaturan, dan yang memiliki sistem pengaturan 6 arah adalah yang terbaik, karena berarti anda akan jauh dimudahkan saat harus mengatur posisi pintu.


Engsel sendok Blum/Rockler

Tentang KAYU

Karena Kayu Lebih Ramah Lingkungan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama