Peraturan Anti-deforestasi Baru Akan Menggantikan EUTR



European Union Timber Regulation (EUTR) telah berlaku selama hampir satu dekade. Sekarang Uni Eropa akan menggantinya dengan peraturan baru yang tidak hanya menargetkan kayu, tetapi juga komoditas lainnya seperti kedelai, kakao, minyak sawit, dan daging sapi yang terkait dengan deforestasi atau penggundulan hutan.

Peraturan baru European Union Deforestasi Regulation (EUDR), menetapkan kewajiban uji yang lengkap dan wajib bagi operator dan pedagang besar di bagian bawah rantai pasokan.

Apa bedanya EUDR dan EUTR?

Persyaratan EUDR berbeda dari EUTR dalam beberapa hal:

1. EUTR hanya berfokus pada legalitas kayu, peraturan baru EUDR mencakup komoditas yang lebih luas.

2. Persyaratan baru untuk data geolokasi di mana material berasal. Persyaratan ini memungkinkan pihak berwenang untuk melacak produk atau asal bahan baku produk pada lokasi yang akurat.



Pengawasan dan kontrol

Meskipun tidak ada negara atau komoditas yang akan dilarang masuk ke pasar Eropa, perusahaan yang memasarkan produk di negara-negara Uni Eropa wajib melakukan pengawasan lengkap untuk mengevaluasi risiko di dalam rantai pasokan mereka. Misalnya, menggunakan alat pemantauan satelit, audit lapangan, peningkatan kapasitas pemasok atau pengujian khusus untuk memeriksa dari mana produk atau bahan baku produk berasal. Otoritas Uni Eropa akan memiliki akses ke informasi yang relevan, seperti koordinat geografis.

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama