13 Oktober 2021

12 Peralatan Manual Yang Harus Dimiliki Setiap Tukang Kayu Furnitur


Terutama buat anda yang berencana untuk memulai pekerjaan sebagai tukang kayu, atau ingin menekuni bidang pertukangan sebagai pengalaman baru atau hobi baru, berikut ini daftar peralatan penting untuk membantu persiapan anda. Dalam artikel ini hanya peralatan manual sebagai permulaan, peralatan elektrik lainnya yang juga penting dan bermanfaat akan kami bahas pada artikel berikutnya.

1. Kotak Peralatan
Bisa berbentuk hanya sebuah kotak terbuka dengan pegangan kayu, atau bisa berupa sebuah peti kecil yang terbuat dari papan kayu atau plywood dengan posisi peralatan tersusun rapi di dalamnya sehingga bisa terjaga kebersihan dan kelaikan peralatan. Ujung tajam atau bagian logam antar alat yang tidak saling bersentuhan langsung sangat penting untuk menghindari resiko berkarat.
Pengamanan bagian ujung tajam di dalam kotak alat diperlukan agar tangan tidak terluka saat mengambil alat. Menurut pengamatan kami, di Indonesia sepertinya belum banyak tersedia peti kayu khusus untuk peralatan tukang kayu yang diproduksi secara masal. Photo berikut adalah beberapa contoh kotak peralatan yang dibuat khusus (customized) untuk menjadi inspirasi anda.


2. Alat ukur meteran
Untuk pertukangan kayu, minimal rol meter harus tersedia dan gunakan ukuran 2 atau 3 meter. Pilih rol meter dengan ukuran sentimeter dan inch, instrumen angka atau kode lain tidak diperlukan. Cara penggunaan dan memilih rol meter bisa dilihat pada artikel Menggunakan Meteran Untuk Kayu.
Jika perlu, bisa ditambahkan alat ukur lainnya berupa penggaris panjang dari logam/kayu sepanjang 50 cm dan kaliper.

3. Ketam Kayu
Alat ini berfungsi untuk menghaluskan permukaan kayu yang kasar setelah proses penggergajian. Ketam kayu ukuran standar (panjang 35-40 cm) bakal paling sering digunakan. Dan untuk melengkapinya, anda bisa juga menambahkan ketam halus (kecil), berukuran panjang sekitar 10 cm yang akan sering dipakai untuk menghaluskan bagian kasar permukaan kayu yang disebabkan oleh arah serat berlawanan.


Baca juga: Ketam Kayu

4. Penggaris Siku
Lebih baik pilih penggaris siku yang terbuat dari logam agar terjaga sudut siku (90°) dalam jangka waktu lebih lama. Alat ini sangat penting untuk membantu tukang kayu membuat garis potong atau mengukur ketepatan sudut sambungan konstruksi saat perakitan. Ukuran panjang yang paling ideal adalah 30 cm.


5. Pahat Kayu
Pahat kayu banyak sekali fungsinya selain untuk membuat lubang pen, membuat takikan, membersihkan bagian ujung kayu atau untuk membentuk alur sambungan. Ada berbagai jenis dan ukuran pahat kayu, akan tetapi yang paling banyak digunakan adalah jenis pahat dengan penampang lebar. Empat ukuran lebar pahat kayu yang akan banyak dipergunakan adalah 10, 12, 16, dan 25mm.
Gunakan pahat yang gagangnya terbuat dari kayu, karena kayu lebih tahan lama daripada plastik, dan kayu lebih tahan benturan saat penggunaan pahat. Sebaiknya gunakan palu kayu saat memahat.




6. Palu Kayu
Palu kayu diperlukan untuk proses memahat atau merapatkan sambungan saat perakitan. Perhatikan kekerasan jenis bahan palu kayu, seharusnya berbahan kayu keras dan agak berat agar lebih awet. Ukuran kepala palu kayu tidak perlu terlalu besar, sekitar 15 x 8 x 5 cm sudah bisa berfungsi sesuai yang diperlukan.


7. Palu Besi
Palu besi paling cocok untuk pekerjaan tukang kayu furniture adalah model palu kambing (palu ungkit), bentuk bagian belakangnya menyerupai tanduk. Bagian ini berfungsi untuk menarik paku yang sudah terlanjur terbenam ke dalam kayu karena salah posisi atau bengkok. Selain untuk memukul paku, palu besi akan anda perlukan saat penyetelan bilah pisau ketam kayu atau saat membuat lubang arahan sekrup.


8. Gergaji Belah
Sesuai dengan namanya, jenis gergaji ini untuk membelah kayu. Bentuk mata gergaji dan ukuran gergaji berbeda dengan gergaji yang khusus dipakai untuk memotong. Bukan berarti anda hanya akan menggunakannya untuk membelah kayu lebar, gergaji ini akan diperlukan juga untuk membuat konstruksi pen.


9. Gergaji Potong
Gergaji potong memiliki gigi gergaji lebih tegak, bentuk dan ukuran juga lebih kecil daripada gergaji belah. Dibanding gergaji belah, anda akan perlu menggunakan gergaji potong lebih sering, karena dengan gergaji potong juga bisa dipakai untuk membelah plywood. Susunan vinir di dalam plywood yang saling melintang lebih mudah dibelah dengan gergaji potong, dan hasilnya bisa lebih baik.


10. Perusut
Kebanyakan tukang kayu menggunakan alat ini untuk membuat garis sebelum membuat alur sepanjang kayu atau untuk membuat garis ukuran pen dan lubang. Biasanya alat ini bekerja dengan baik untuk garis searah serat kayu. Ujung paku atau pointernya akan menusuk ke dalam kayu dan membuat goresan agak dalam sebagai penanda ukuran pen dan lubang.


11. Klem
Klem paling efektif untuk pertukangan furnitur adalah jenis klem jepit F, atau disebut juga catok penjepit F. Minimal anda memiliki satu klem dengan panjang 30 cm sudah sangat berguna untuk berbagai macam pekerjaan tukang kayu. Alat ini sudah banyak tersedia dengan harga terjangkau di berbagai toko online seperti Tokopedia. Lazada, Bukalapak, Shopee dan lainnya.


12. Bangku kerja
Model bangku kerja tradisional ini sebenarnya sangat efektif dan berguna untuk pertukangan manual, sayangnya tidak ada yang memproduksinya secara masal, atau sesuai pengamatan kami belum ada produsen yang khusus membuat bangku ini untuk dijual. Sebagai gantinya terdapat beberapa alternatif meja kerja yang terbuat dari metal dengan top dari kayu.

0 komentar:

Posting Komentar

Most read this week