03 Oktober 2021

Seperti Apa Set Meja Makan Berkualitas Yang Sesuai Bujet?

Kami membuat semacam analisa sederhana tentang produk set meja makan dan kursi untuk 4 orang dengan model dan ukuran yang tidak jauh berbeda dari beberapa toko furnitur online di Indonesia, berikut ini sekilas ulasan yang bisa kami bagi bersama anda.
Perlu diketahui bahwa ulasan ini murni pendapat pribadi dari penulis tanpa pengaruh dari pihak manapun.

Set Meja Makan Bernard 120 + 4 Kursi Megan (iFurnholic)
Keseluruhan perabot ini dicat duco warna Ivory sehingga menonjolkan kesederhanaan design dan mudah untuk pengaturan ruang makan karena warna Ivory tergolong warna netral yang bisa dengan mudah dikombinasikan dengan warna lainnya. Ukuran meja 120 x 75 cm, terbuat dari kayu solid jenis Mahony dengan bagian top table dari MDF. Sedangkan keempat kursinya juga dicat duco warna Ivory. Kayu Mahony cukup keras dan berkualitas baik sepanjang untuk penggunaan indoor. Namun karena warnanya agak kemerahan, maka cat duco sepertinya pilihan yang paling cocok.
Pengerjaanya terlihat cukup rapi, walaupun sebenarnya agak sulit jika hanya melihat melalui imej di website, tapi secara keseluruhan terlihat halus.
Harga jual yang dicantumkan di website iFurnholic untuk set ini Rp. 3.900.000.


Photo dok: Meja Makan Bernard/iFurnaholic

Meja Makan NIWA + 4 Kursi (Dekoruma)
Ukuran meja makan 120 x 75 cm, dan material kaki meja dan top meja disebutkan terbuat dari particle board. Top meja sepertinya difinishing tanpa warna sehingga jelas terlihat warna natural dari bahan particle board. Namun jika melihat detail photo pada kaki meja, sepertinya terbuat dari kayu solid, hanya saja tidak disebutkan jenis kayunya. Dan seharusnya kaki meja terbuat dari kayu solid agar lebih kuat menahan beban.
Harga yang dicantumkan untuk meja makan adalah Rp. 1.999.000.
Kursinya juga dicat putih, dan terbuat dari kayu, namun tidak disebutkan jenis kayunya. Kelebihan kursi ini adalah dudukannya yang dilapisi busa sehingga lebih nyaman diduduki. Untuk 4 buah kursi( Rp. 749.000) + satu meja makan, anda perlu membelanjakan total Rp. 4.999.000.
Dari segi desain model NIWA ini juga menarik dan simple dengan warna yang dipilih dan kombinasinya.

Photo dok: NIWA set/Dekoruma



Set Meja Makan LERHAMN (IKEA)
Terdiri dari 1 meja makan ukuran 118 x 74 cm dengan 4 kursi makan. Keseluruhan bahan bakunya terbuat dari kayu solid, namun tidak disebutkan jenis kayunya. Melihat dari detail presentasi pada website, struktur serat kayunya mengindikasikan kayu pinus. Hanya bagian kaki meja saja yang dicat berwarna putih, selebihnya dicat warna natural sehingga serat kayu dan mata kayu jelas sekali terlihat.
Untuk beberapa konsumen mata kayu merupakan dekorasi tersendiri. Uniknya, disebutkan bahwa dudukan kursi bisa dicuci.
Total harga set meja makan ini Rp. 3.999.000, sebuah harga yang cukup menarik jika menilik dari reputasi IKEA sebagai peritel perabot rumah.

Photo dok: LERHAMN set/IKEA Indonesia


Set Meja Makan Medford (Informa/Ruparupa)
Set meja makan ini dari Informa, disebutkan terbuat dari MDF (mungkin hanya top meja). Tapi menilik foto detail di website, dari tipe serat kayunya, kaki meja dan kursi sepertinya terbuat dari kayu solid jenis Sungkai. Untuk diketahui bahwa kayu Sungkai juga cukup bagus untuk digunakan sebagai bahan baku furnitur walaupun dari sisi kembang susut kurang baik untuk luar ruangan. Strukturnya kelihatan kokoh karena kaki meja berbentuk trapesium yang memberikan kestabilan lebih baik
Dengan satu meja termasuk 4 buah kursi, harga yang disebutkan Rp. 4.499.000.
Desain meja agak terkesan keras dan kaku, tetapi dengan dibungkus kain pada hampir keseluruhan kursinya, menimbulkan kesan lebih lembut dan nyaman.Ukuran meja makannya sedikit lebih besar, 140 x 80 cm memberikan ruang sedikit lebih lebar dari model lainnya.


Photo dok: Medford/Informa

Empat model set meja makan di atas bisa menjadi pilihan untuk menambah kehangatan suasana makan malam di rumah. Dari segi harga dan spesifikasi pada produk tersebut, menurut kami harga jualnya cukup rasional untuk kualitas yang akan diperoleh. Tentu saja ada produk yang sama dengan harga yang lebih terjangkau atau lebih mahal, tetapi sekali lagi hal tersebut akan tergantung pada selera masing-masing konsumen.

Part 1, Part 2

0 komentar:

Posting Komentar

Most read this week