Jenis Kayu Ini Paling Populer Untuk Membuat Pensil

Kebanyakan orang tidak memikirkan secara detail jenis bahan untuk membuat pensil. yang umum diketahui adalah bahwa sebagian besar pensil terbuat dari kayu solid dan bagian intinya dibuat dari bahan karbon. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai jenis kayu apa yang dipakai untuk membuat pensil?

Jenis kayu yang digunakan untuk membuat pensil dapat mempengaruhi kinerjanya. Pada artikel kali ini, kita akan melihat beberapa jenis kayu yang paling umum dan popular digunakan untuk membuat pensil.

Walaupun saat ini beberapa pabrikan mulai menggunakan bahan alternatif seperti plastik dan campuran sintetis serbuk kayu, penggunaan jenis kayu solid masih yang paling populer. Bahan - bahan buatan tersebut membantu memudahkan pembuatan pensil yang lebih panjang.


Pensil dari bahan kayu Red Cedar/img: Enlegendstationery


Material Apa Saja Yang Dipakai?

1. Grafit
Merupakan sebuah bahan mineral buram berwarna abu-abu kehitaman yang cukup lembut untuk bisa meninggalkan bekas hitam pada media tulis seperti kertas. Bahan grafit ini digunakan pada inti pensil sebagai alat tulis.

2. Kayu
Sebagian besar pembuat pensil menggunakan jenis kayu lunak (softwoods), jenis kayu yang memiliki daun jarum. Kayu ini menjadi 'pembungkus' grafit, sehingga pensil akan mudah dipegang dan grafit tidak mudah patah.

3. Cat kayu
Jika anda melihat berbagai warna dan motif pada badan luar pensil, adalah bahan cat yang dioleskan di sekeliling pensil sebagai lapisan pelindung dan dekoratif. Biasanya bahan cat pensil harus memenuhi persyaratan bebas dari bahan beracun.

4. Karet
Terpasang pada bagian ujung belakang pensil dan digunakan sebagai penghapus tulisan pensil. Bahan karet untuk penghapus ini berasal dari pohon karet dan tentunya bersifat elastis agar mudah digunakan untuk menghapus.

5. Logam
Bahan logam aluminium digunakan untuk membuat ring logam yang berfungsi untuk menahan karet penghapus di ujung pensl. Aluminium termasuk bahan logam tingan yang jumlahnya sangat melimpah.


Bagian pensil dan bahan pembuatnya


Jenis Kayu untuk Pensil

1. Kayu Cedar Incense
Jenis kayu yang paling umum digunakan untuk membuat pensil adalah kayu cedar incense, yang merupakan golongan jenis kayu lunak dan berasal dari Amerika Utara Bagian Barat dan Asia.

Kayu ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan jenis kayu lainnya. Kayu Cedar incense sangat ringan, sehingga tidak menambah beban pada pensil. Karena sifatnya yang lunak, pensil dari kayu Cedar incense mudah diserut tanpa menimbulkan serpihan debu. Selain itu aromanya juga cukup menyenangkan.

2. Kayu Pinus Karibia
Warna kayu ini cukup terang dan tidak berbau menyengat. Kepadatannya cukup tinggi, berkisar antara kayu lunak dan kayu keras, sehingga cukup awet untuk dibuat badan pensil. Merek pensil terkenal Faber-Castle bahkan memiliki hutan tanaman sendiri khusus untuk kayu Pinus Karibia.

3. Kayu Poplar
Mungkin jenis kayu ini cukup sering didengar di dalam industri perkayuan. Banyak yang menggunakan kayu ini untuk membuat rangka furniture sofa yang berlapis bahan upholstery atau untuk membuat palet. Selain karena kayunya lunak, harga kayu Poplar lebih ekonomis.

Memang bukan jenis kayu yang ideal untuk membuat pensil, tetapi karena nilai ekonomisnya, kayu Poplar banyak digunakan untuk membuat pensil.

4. Kayu Cedar Merah
Warna kayu ini agak coklat kemerahan, dan sebenarnya merupakan jenis kayu paling klasik digunakan untuk bahan pensil, tetapi karena harganya yang agak mahal, perlahan mulai digantikan dengan jenis layu lainnya. Arah serat kayunya cenderung lurus, dan agak beraroma yang kurang menyenangkan.

5. Kayu Basswood
Pensil yang dibuat dari kayu Basswood cenderung sulit diserut saat menajamkan pensil, dan warna kayunya putih pucat, hampir tanpa serat kayu. Untuk hal tersebut beberapa orang kurang senang menggunakan pensil yang dibuat dari kayu Basswood.

Kayu Basswood adalah jenis kayu yang umum digunakan oleh produsen pensil di Tiongkok. Dan kayu ini tidak memiliki reputasi yang baik dalam pembuatan pensil karena lebih keras dan pensil menjadi lebih sulit diserut dibandingkan jenis kayu lainnya.

---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama