Kayu Meranti (Shorea Spp)

Kayu Meranti merupakan salah satu jenis kayu lapis yang berasal dari kelompok kayu keras tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, yaitu Malaysia, Brunei, Indonesia, Filipina dan Thailand.

Bahan ini dikenal karena daya tahan dan kekuatannya yang luar biasa, menjadikannya bahan yang sangat dicari untuk berbagai aplikasi, termasuk furnitur, lantai, penghiasan, dan pembuatan kapal.

Biasanya warnanya coklat kemerahan atau ungu tua, dengan garis-garis resin putih. Seratnya bisa lurus atau sedikit bergelombang, dan teksturnya agak kasar dan kilau alami rendah.

Warna bagian kayu teras merah tua hingga merah coklat muda, sebagian besar pedagang kayu juga menyebutnya Meranti Merah. Jenis pohon Meranti dan daerah asalnya cukup beragam, namun pada jenis Meranti Merah Shorea akan selalu terdapat perbedaan corak dan kepadatannya. Kayu gubal Meranti berwarna merah muda keabu-abuan.

Kayu Meranti termasuk kayu dengan kelas awet tinggi, itu karena kandungan minyak dan resin alaminya. Kayu Meranti tahan terhadap pembusukan, sehingga cukup ideal untuk penggunaan produk luar ruangan seperti furniture outdoor, decking, flooring dan pembuatan kapal.
Selain itu, kayu Meranti sangat kuat dan stabil, sehingga tahan terhadap lengkungan dan perubahan bentuk lainnya.

Kepadatan kayu Meranti antara 450 hingga 880 kg/m3, cukup keras dan berat. Pengerjaannya cukup mudah dan halus, walaupun kadang membuat peralatan tumpul lebih cepat karena kandungan kadar silika di dalamnya, walaupn dalam skala yang cukup kecil.

Di dalam famili Shorea kayu Meranti, selain Meranti Merah terdapat jenis lainnya seperti Meranti Putih dan Meranti Kuning.

---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama