Industri 4.0: Augmented Reality dan Virtual Reality dalam Industri Perkayuan

Page 1: Sejauh Mana Inovasi Mesin Perkayuan di Tahun 2023?

Pengerjaan kayu membutuhkan ketelitian dan perencanaan yang detail dan matang. Dalam situasi teknologi yang berkembang pesat, Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) mulai memasuki industri pengerjaan kayu. Alat-alat inovatif ini mengubah cara merancang produk kayu, membuat prototipe, dan saat memproduksinya.


img: Siemens

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang mampu menyisipkan informasi ke dalam dunia maya dan menampilkannya ke dunia nyata dengan bantuan seperti webcam komputer, kamera, bahkan kacamata khusus. Dalam perangkat sehari-hari mungkin anda sudah menggunakannya, contohnya sebuah game bernama Pokemon Go!.

Sedangkan Virtual Reality merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan dalam dunia maya, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

1. Desain Virtual dan Pembuatan Prototipe
Salah satu penerapan AR dan VR dalam perkayuan adalah proses desain dan pembuatan prototipe secara virtual atau kita mengenal dengan 3D. Dengan bantuan teknologi ini, pekerja kayu dapat membuat model secara virtual dan mengeksplorasi berbagai opsi desain sebelum mulai membuat sampel yang sebenarnya. Hal ini memungkinkan pengalaman kreativitas dan eksperimental yang tinggi.

Pembuatan prototipe virtual juga membantu pekerja kayu mengidentifikasi dan memperbaiki segala kekurangan atau masalah desain sebelum memulai proses konstruksi sebenarnya, yang artinya juga menghemat waktu dan biaya. Selain itu, gambar 3D tersebut dapat dengan mudah dibagikan kepada klien atau kolaborator untuk mendapatkan persetujuan, memastikan semua orang memiliki pemikiran yang sama sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.


2. AR/VR mendukung produksi kayu
Teknologi AR/VR meningkatkan proses produksi kayu dengan membantu melakukan hal-hal tertentu secara digital, misalnya pengukuran benda kerja, pengukuran sudut potong, atau pengaturan jarak pengeboran tanpa operator harus menyentuh benda kerja secara langsung, dan dengan hasil yang lebih akurat.

Teknologi ini masih dalam dalam tahap awal untuk industri kayu, tetapi dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi AR/VR, kita akan bisa melihat yang lebih canggih dan lebih mudah digunakan khusus untuk pekerjaan kayu.


Integrasi AI dalam industri kayu

Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah digunakan pada banyak aplikasi. Begitu juga dengan industri kayu, AI memiliki kemungkinan sangat besar untuk diaplikasikan pada mesin perkayuan.

Troubleshooting dan perawatan terukur
Kita telah melihat bagaimana teknologi bisa menggunakan data algoritma dari aktivitas mesin untuk memprediksi kemungkinan kerusakan atau waktu yang tepat untuk merawat mesin kayu. Pada akhirnya AI akan membantu menghemat biaya produksi jika karena masalah mesin yang secara tiba-tiba mengharuskan produksi harus berhenti dalam waktu tertentu.

Keuntungan integrasi AI dalam pekerjaan kayu
Banyak keuntungan yang diperoleh jika AI terintegrasi pada mesin dan proses pekerjaan kayu. Penghematan waktu dan biaya, peningkatan akurasi pekerjaan, pemanfaatan sumber daya yang jauh lebih optimal, dan meningkatkan keamanan dan keselamatan kerja.


Ringkasan Singkat
Banyak sekali teknologi terbaru yang telah diaplikasikan pada proses pengerjaan kayu dan akan segera diterapkan pada mesin terbaru. Selain itu, semenjak pandemi covid-19, melakukan diskusi dan berbagi layar, gambar dan semua jenis pekerjaan telah biasa dilakukan melalui meeting online dengan kualitas yang hampir sama saat setiap orang berdiskusi di dalam ruang yang sama.

Kemungkinan besar juga di dalam industri kayu hal tersebut akan diterapkan. Beberapa tim yang berada di ruang dan lokasi berbeda akan mampu berbagi informasi dan pekerjaan secara online, mengoperasikan dan mengawasi jalannya mesin secara virtual.

Hal paling penting yang harus kita ingat adalah bahwa setiap teknologi diciptakan untuk memudahkan kita melakukan pekerjaan, dan meningkatkan keahlian kita, bukan untuk menggantikannya.


Page 1 | Page 2
---

tentangkayu

Mari Belajar dan Berkembang Bersama Kami

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama