Industri 4.0: Sejauh Mana Inovasi Mesin Perkayuan di Tahun 2023?

Dunia pertukangan kayu, terutama perkembangan teknologi peralatannya saat ini menjadi semakin menyenangkan. Mohon dimengerti bahwa pernyataan tersebut khusus bagi penggemar pertukangan kayu dan pelaku industri pekerjaan kayu.

Paling tidak setiap tahun selalu ada teknologi baru dan alat bantu yang diciptakan untuk membuat pekerjaan pertukangan menjadi lebuh mudah, lebih cepat, dan lebih berkualitas. Mari kita lihat bersama, apa saja teknologi dan inovasi di dalam pekerjaan kayu beserta peralatannya yang telah diterapkan - atau segera diaplikasikan - hingga tahun 2023 ini.


Mesin perkayuan dengan perangkat yang dilengkapi CNC


Otomatisasi dan Robotik

Kemajuan teknologi berkembang begitu pesat dan telah membuat banyak perubahan di berbagai jenis industri, termasuk industri perkayuan. Otomatisasi dan sistem Robotik berperan besar dalam revolusi industri perkayuan dengan meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan presisi pekerjaan kayu. Robotik artinya perangkat elektronik yang diprogram untuk melakukan tugas secara otomatis.
Apa saja perubahan-perubahan tersebut?

1. Kemajuan Mesin CNC
Mesin CNC (Computer Numerical Control) telah menjadi 'game-changer' dalam mesin perkayuan. Mesin ini menggunakan program komputer untuk menggerakkan alat-alat potong dan memberikan hasil potongan yang presisi dan akurat. Di tahun ini mulai terlihat beberapa peningkatan fitur misalnya:

Kecepatan kerja mesin lebih tinggi:
Proses pengerjaan komponen lebih cepat selesai karena workflow mesin yang lebih cepat dan efisien;

Lebih presisi:
Produsen mesin kayu selalu meningkatkan akurasi mesin untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna;

Kemampuan mesin lebih luas:
Mesin menjadi lebih serba guna dengan berbagai tambahan fungsi, tidak hanya satu jenis tugas saja;

Peningkatan perangkat lunak:
Sebagaimana perangkat lunak pada setiap gadget saat ini yang selalu diperbarui, software mesin CNC menjadi lebih mudah digunakan dan intuitif untuk mengerjakan tugas yang lebih rumit;


2. Lengan Robot untuk Akurasi dan Efisiensi
Lengan robot sudah semakin menjadi hal biasa dalam mesin perkayuan. Lengan-lengan tersebut diprogram untuk menjalankan tugas khusus seperti penyemprotan bahan finishing, pengamplasan, atau perakitan.

Lebih tangkas:
Lengan robot akan dirancang untuk menangani tugas pengerjaan kayu yang rumit namun tetap presisi, dan hasil akhir yang berkualitas tinggi;

Robot kolaboratif:
Robot kolaboratif akan menjadi lebih umum di pabrik perkayuan. Robot-robot ini dapat bekerja berdampingan dengan manusia sebagai operator, sehingga meningkatkan produktivitas dan mengurangi tenaga kerja manual;

Sistem Penglihatan:
Lengan robot dengan sistem penglihatan terintegrasi akan mampu mengidentifikasi dan menyesuaikan variasi butiran kayu, sehingga memastikan hasil yang konsisten;

Integrasi dengan AI (Artificial Intelligence):
Lengan robot akan mampu belajar dan beradaptasi dengan tugas-tugas pengerjaan kayu baru, menjadikannya lebih fleksibel dan efisien;



Perangkat Cerdas dan IoT

Peralatan dan mesin pengerjaan kayu menjadi semakin cerdas dan terhubung satu sama lainnya. Hubungan antara peralatan cerdas dan technology Internet of Things (IoT) membuat banyak pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah, cepat, akurat, dan efisien.

Baca juga
Industri 4.0: Otomatisasi pada Industri Perkayuan

1. Perangkat yang Terhubung
Perangkat dan peralatan cerdas saling 'berkomunikasi' dan bertukar data serta masukan yang seluruh informasi tersebut bisa diakses di pusat data secara online melalui jaringan internet.

Integrasi tersebut memungkinkan kita untuk memantau kinerja mesin dan produksi dari jarak jauh, meskipun sedang tidak berada di dalam pabrik atau bengkel, asalkan terhubung dengan jaringan internet.
Dengan data yang tersedia, misalnya durasi pemakaian alat potong, statistik hasil pekerjaan, atau masalah yang mungkin terjadi saat mesin bekerja, bisa digunakan untuk menganalisa kinerja produksi dan bisa digunakan untuk membuat proses produksi lebih optimal.

Peralatan yang terhubung juga bisa mendeteksi atau memprediksi kapan mereka harus mendapat perawatan atau jika mata pisau harus diganti. Pendekatan yang sangat pro-aktif pada teknologi perkayuan.


2. Aplikasi Seluler
Aplikasi seluler sudah menjadi bagian penting dari keseharian kita, tidak terkecuali industri perkayuan. Para produsen mesin kayu juga membuat aplikasi seluler yang terintegrasi dengan peralatan produksi untuk melakukan beberapa tugas dan fungsi tertentu.

Desain dan perencanaan kerja salah satunya, melalui tablet atau telepon seluler kita bisa merancang bangun sebuah produk, bahkan dilengkapi dengan simulasi model 3D dan VR (Virtual Reality). Manajemen inventori atau kontrol stok barang juga bisa dilakukan melalui aplikasi seluler. Sistem barcode dan QR menjadi bagian penting di dalam sistem management stok.

Tidak ketinggalan mengenai organisasi atau manajemen pabrik, jalur produksi, dan rute distribusi komponen bisa diatur dan diawasi juga melalui aplikasi seluler.


Peningkatan Fitur Keamanan

Keamanan kerja selalu menjadi fitur utama dalam industri perkayuan, dan inovasi yang telah dilakukan terkait keamanan saat bekerja dengan mesin perkayuan telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

1. Sistem Penghisap Debu
Debu tidak bisa dihindari dalam proses produksi kayu yang menjadi salah satu hal yang bisa membahayakan pekerja atau lingkungan. Kemajuan teknologi dalam sistem dust-collector sekarang menawarkan solusi yang efisien dan bekerja lebih otomatis.

Peralatan penghisap debu kini dilengkapi dengan filter built-in, sensor untuk partikel tertentu, atau indikator khusus jika sistem harus mendapatkan perawatan termasuk bagian dari peningkatan teknologi pada sistem penghisap debu.

2. Perbaikan Pengaman Pisau & Sensor Keamanan
Kecelakaan kerja yang melibatkan mata pisau termasuk yang paling banyak menyebabkan cedera dalam aktivitas pekerjaan kayu. Untuk alasan tersebut, produsen mesin senantiasa membuat perbaikan dan peningkatan sistem keamanan pada peralatan perkayuan. Bahkan pada teknologi terbaru, pada mesin gergaji belah (table saw) telah dilengkapi sensor yang akan secara cepat dan otomatis bereaksi jika bilah gergaji sangat dekat dengan bagian tubuh manusia, dan bilah gergaji akan segera berhenti.


Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Dalam beberapa tahun terakhir kita sering mendengar kampanye kesadaran lingkungan dalam berbagai industri, tidak terkecuali industri perkayuan.

1. Bahan dan proses ramah lingkungan
Penggunaan bahan baku yang ramah lingkungan mulai lebih banyak digunakan, misalnya kayu reklamasi yang digunakan tanpa menebang pohon baru, atau penggunaan bahan bambu yang tumbuh lebih cepat dan bisa ditebang tanpa merusak tanaman aslinya.
Kini tipe finishing berbahan dasar air (waterbased) lebih banyak digunakan, karena bahan finishing berbahan dasar minyak merusak lingkungan dan kesehatan dalam jangka panjang.

2. Mesin hemat energi
Setiap mesin perkayuan saat ini fokus pada penggunaan motor penggerak yang bisa diatur kecepatannya untuk menghemat penggunaan energi listrik. Sistem pencahayaan juga beralih ke lampu LED, yang jauh lebih terang tetapi konsumsi energi jauh lebih rendah.
Mirip juga dengan peralatan lainnya, mesin perkayuan juga sekarang dilengkapi 'power-saving mode' yang secara otomatis menghemat energi saat mesin tidak digunakan dalam waktu tertentu.


Augmented Reality dan Virtual Reality dalam...

Page 1 | Page 2

tentangkayu

Mari Belajar dan Berkembang Bersama Kami

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama