Aturan Terbaru tentang Ambang Batas Formaldehyde di Eropa

Pada 17 Juli 2023, Uni Eropa (UE) mengeluarkan Peraturan terbaru mengenai formaldehyde dan produk pelepas formaldehyde yang bertajuk Commission Regulation (EU) 2023/1464 (Regulasi). Undang-undang baru akan diterapkan secara bertahap, mulai 6 Agustus 2026.


Papan kayu dengan konstruksi finger join

Resin yang berbasis formaldehyde umumnya digunakan dalam produksi bahan perekat untuk membuat panel kayu, atau kayu buatan lainnya seperti MDF, particle board, dan plywood. Resin formaldehyde juga dapat digunakan dalam produksi furniture kayu, lantai kayu, produk tekstil dan kulit, serta busa.

Peraturan ini membuat masukan baru ke REACH Annex XVII – entri 77 – yang akan membatasi emisi formaldehyde hingga maksimum 0,062 mg/m3 (miligram formaldehyde per meter kubik udara) untuk furniture dan produk kayu, dan 0,080 mg/m3 untuk artikel lainnya.

Ambang batas ini jauh lebih ketat dibandingkan dengan Grade E1 klasifikasi untuk papan buatan, yang saat ini memiliki ambang batas 0,124mg/m3. Perusahaan atau organisasi yang mungkin terdampak oleh peraturan baru ini memiliki waktu 3 tahun untuk mempersiapkan produk mereka agar bisa memenuhi persyaratan tersebut.

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama