5 Keyboard Dengan Nuansa Kayu Yang Mengagumkan

Kayu selalu menjadi bahan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam fungsi atau peran dalam sebuah produk. Dari struktur utama hingga hanya sebagai bagian dari dekorasi saja.

Misalnya pada sebuah keyboard atau papan ketik, beragam desain dan model keyboard yang menggunakan elemen kayu sebagai bahan baku telah dibuat dan diminati banyak konsumen. Seperti pada beberapa keyboard ini yang kami rangkum dengan berbagai model memperlihatkan nuansa kayu yang mengagumkan saat menyatu dengan papan ketik komputer, yang berharga puluhan dolar hingga ratusan ribu dolar AS.


Keyboard Tray

Sebuah landasan papan ketik yang terbuat dari kayu American Black Walnut dan kayu Oak, yang dirancang khusus untuk ukuran Magic Keyboard dari Apple. Keyboard tray ini memiliki lembaran lembut di atasnya agar keyboard terlindung dan tidak mudah bergeser dari posisinya. Hasilnya terlihat sangat elegan walaupun hanya diamplas halus dan diolesi dengan bahan finishing oil tipis.


Landasan magic keyboard Apple dari Grovemade


Keyboard Skin

Papan ketik ini justru menonjolkan kayu pada tombol ketiknya, dan susunannya khusus untuk papan ketik Macbook. Terbuat dari vinir kayu Walnut yang sudah ada marking sesuai nama tombolnya dan direkatkan pada permukaan tombol ketik. Karena terbuat dari vinir kayu asli, tampilan serat pada setiap tombol tidak sama, yang memberikan kesan elegan, berkelas dan unik.

Bahkan ada beberapa model yang permukaannya tidak rata, sengaja dibuat bergelombang untuk menambah kenyamanan saat menekan tombol ketik.


Vinir kayu terlapis pada papan ketik Macbook/Woodweb


Tombol dari Kayu Solid

Jika pada model sebelumnya hanya berupa vinir tipis pada permukaan tombol keyboard, model ini justru memakai kayu solid untuk seluruh bagian tombolnya. Memang pada akhirnya berat keseluruhan papan ketik lebih besar, tetapi untuk para gamer atau kolektor papan ketik, model ini sangat nyaman digunakan dan sangat unik karena biasanya dibuat secara manual.

Bisa dilihat dari pola serat kayunya, keyboard yang dibuat handmade ini menunjukkan kelasnya dan sangat menawan walaupun terdapat beberapa goresan kecil. Buat gamer, keyboard ini akan memberikan tambahan sensasi saat menekan tombol dengan cepat. Pada bagian rangka dan perangkat mekanisnya masih menggunakan bahan kombinasi plastik dan logam untuk kelancaran fungsi alat ketik dan kestabilan papan ketik.


Papan ketik dengan tombol kayu solid


Keyboard Kayu

Sebagian besar permukaan keyboard ini tertutup kayu solid, dari rangka luar penyangga tombol hingga seluruh tombol keyboardnya. Kecuali bagian dalamnya yang masih menggunakan perangkat mekanis plastik dan bahan khusus elektronik, seperti colokkan USB untuk chargernya.

Seluruh tombol ketiknya telah dicetak laser dengan marking sesuai posisi dan namanya. Di dalamnya terdapat baterai berkapasitas 1.000mAh untuk pemakain selama 240 jam, dengan lama pengisian baterai selama 2 jam.


Keyboard kayu dari Hacoa

Finishing keyboard ini cukup sederhana agar tetap menonjolkan serat kayu dan warna alami kayu Walnut.

Bagian mekanisnya memang menggunakan sistem paling moderen dan ergonomis, sehingga keyboard kayu ini dibandrol dengan harga lumayan tinggi untuk ukuran sebuah keyboard, yaitu 750 dolar AS. Mungkin hanya para kolektor saja yang akan membeli keyboard ini untuk tambahan fasilitas saat bekerja dari rumah. Atau jika anda penggemar produk dekorasi dari kayu, mungkin keyboard kayu ini sangat cocok untuk tambahan koleksi anda.

Tidak ada informasi apakah keyboard kayu ini akan dijual di Indonesia, menurut produsennya saat ini hanya tersedia untuk pasar Jepang.




Keyboard Apple-1

Papan ketik dengan body kayu ini menjadi keyboard kayu yang paling mahal di dunia dengan harga lebih dari 500 ribu dolar AS (setara 7,6 milyar Rupiah pada kurs 14.500).

Kotak kayu yang 'membungkus' komputer ini - CPU dan keyboard menjadi satu bagian - terbuat dari kayu Koa (dari Hawai) yang berkualitas sangat baik. Pada saat itu (tahun 1970-an) kayu Koa masih sangat melimpah, namun karena banyaknya penebangan, saat ini pohon Koa menjadi spesies langka dan jauh lebih mahal.
Kotak keyboard ini didesain oleh Steven Wozniak dan dibuat oleh Steve Jobs di garasi tempat mereka memulai bisnis komputer Apple. Hanya diproduksi sebanyak 200 unit pada saat peluncuran produk komputer apple pertama bernama Apple-1. Oleh karena itulah keyboard ini bernilai sangat tinggi karena dibuat dari kayu yang sekarang sudah sangat langka dan memiliki nilai historis yang sangat tinggi.


Keyboard kayu dari komputer Apple-1 yang dijuluki "Chaffey College Apple-1"



---

tentangkayu

Mari Belajar dan Berkembang Bersama Kami

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama