Rapunzel World: Bangunan Dengan Tangga Spiral Kayu Yang Unik

Seperti namanya yang terinspirasi oleh dongeng dari Jerman, yaitu Rapunzel, gedung baru bernama Rapunzel Visitor Centre ini dibangun di Bavaria, Jerman bagian Tenggara dan didesain oleh haascookzemmrich STUDIO 2050.

Diperlukan 3 tahun untuk membangun gedung yang sebagian besar materialnya menggunakan bahan alami dan bahan lain yang bisa diperbarui seperti kayu dan tanah liat. Bahkan untuk sistem insulasi lantai yang diperlukan untuk membuat suhu udara tetap stabil di saat cuaca dingin, bangunan ini tidak menggunakan styrofoam, melainkan bahan kerikil kaca dan busa duar ulang.

Bagian yang paling menarik adalah tangga spiral kayu yang terletak di tengah bangunan. Tangga spiral yang seluruhnya terbuat dari kayu tersebut merupakan pusat dan bagian penghubung seluruh bagian Rapunzel World. Keseluruhan bagian tangga dengan berat sekitar 12 ton, setinggi 14,5 meter, menghubungkan lantai dasar hingga dua lantai di atasnya.

Bagian utama penahan beban dari tangga spiral kayu ini adalah sisi melingkar tangga yang terbuat dari vinir kayu laminasi berbentuk melengkung dengan ketebalan 15 cm dan diintegrasikan ke dalam balustrade, atau barisan tiang yang terpasang pada anak atau ibu tangga.


Tangga spiral dilihat dari lantai atas/photo by: Markus Guhl


Source: haascookzemmrich STUDIO 2050

---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama