Apa Itu Mesin CNC Multi Spindle Mortiser?

Mesin CNC multi-spindle mortiser adalah mesin router yang memiliki beberapa poros pisau yang bisa melakukan pekerjaan membuat lubang untuk konstruksi pen & lubang. Mesin ini terutama digunakan untuk membuat lubang pen berbentuk lurus atau berbentuk lengkung seperti busur, dengan cara pengeboran dan pelebaran lubang untuk konstruksi meja makan dan kursi.


Mesin CNC multi-spindle mortiser tipe horisontal sedang bekerja membuat lubang konstruksi

Selain itu mesin CNC seperti ini juga dipakai untuk membuat beberapa lubang bor pada satu batang kayu atau selembar papan secara bersamaan dengan ukuran dan kedalaman lubang bor yang bisa diatur dari panel pengontrol mesin. Bisa juga untuk membuat alur dengan pola khusus dan model alur sesuai dengan pisau router yang terpasang.

Mesin CNC multi-spindle mortiser digunakan dalam produksi massal karena efisiensi yang tinggi selama operasi dan mesin-mesin ini juga menghemat banyak waktu di mana banyak lubang yang perlu dibor sekaligus. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan produktivitas di pabrik.


Kepala Bor

Kepala bor mesin CNC multi-spindle biasanya terdiri dari sejumlah poros (2/3/4/5) yang dipasang pada bantalan yang digerakkan oleh roda gigi. Pemilihan bantalan yang akan digunakan pada kepala bor tergantung pada jarak antar poros.

Mesin multi-spindle dapat memiliki dua jenis kompartemen kepala bor, fixed (tetap) atau adjustable (dapat disesuaikan). Pada kepala bor yang dapat disesuaikan, variasi jarak antar poros bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, sedangkan pada kepala bor yang fixed, jarak antar poros tidak dapat diubah.

Jenis mata bor berbeda memiliki kemampuan khusus untuk berbagai jenis operasi yang meliputi lubang pen, pembubutan, membuang sudut tajam atau chamfer, membuat alur atau groove serta pengeboran. Bahkan proses ini bisa dilakukan dengan memindahkan posisi benda kerja antara 6-8 posisi di atas meja kerja mesin.


Meja Kerja (Workbench)

Posisi benda kerja diletakkan di atas konfigurasi klem yang digerakkan dengan sistem phneumatik atau tenaga udara bertekanan. Benda kerja tidak perlu bergerak, hanya kompartemen mata bor yang bergerak dengan cepat sesuai program atau perintah komputer.

Sistem phneumatik sangat efisien dan aman bagi operator mesin dan pekerja yang berada di area mesin. Dengan meletakkan benda kerja pada satu posisi, mesin bisa bekerja untuk membuat lubang bor atau mortise pada 2 sisi atau 2 proses tanpa harus merubah posisi benda kerja.

Bentuk kayu lurus atau lengkung bisa diikat dengan baik dan kuat di atas meja kerja, dan ukuran panjang benda kerja bisa mencapai 4 meter, tergantung model dan konfigurasi mesin. Bahkan pada model mesin dari merek tertentu, dalam satu proses pengeboran, bentuk dan ukuran benda kerja di atas workbench bisa berbeda.


CNC Controller

Setiap mesin CNC dilengkapi panel pengontrol di mana terdapat sebuah layar monitor yang menampilkan aktivitas mesin secara detil dan simultan. Biasanya dengan monitor ini bisa dilihat bagaimana mesin mengukur kecepatan operasional dari saat memuat benda kerja, waktu yang digunakan untuk pengeboran, termasuk kecepatan putaran per menit (rpm) mata bor/router, dan waktu untuk menurunkan benda kerja, serta waktu untuk pengaturan lainnya seperti penumpukan benda kerja di atas palet dan pengambilan benda kerja baru.

Kadang-kadang tergantung fitur yang tertanam pada mesin CNC multi-spindle mortiser, pada monitor pemantau akan melaporkan jumlah benda kerja yang telah diproses, baik jumlah keseluruhan sejak awal mesin digunakan, atau jumlah benda kerja secara periodik.


Keuntungan menggunakan mesin CNC multi-spindle

Produktivitas:
Karena mesin ini memiliki beberapa poros yang bekerja bersamaan, sehingga banyak pekerjaan yang dapat dilakukan sekaligus dengan hasil berkali lipat sesuai dengan jumlah poros yang aktif digunakan. Dibandingkan dengan mesin dengan poros tunggal yang harus menunggu proses awal selesai sebelum melakukan proses selanjutnya.

Efisiensi energi:
Jumlah mesin yang digunakan untuk mencapai hasil kerja yang sama semakin sedikit, otomatis semakin rendah biaya energi yang dikeluarkan.

Penghematan ruang:
Mesin multi spindle menggunakan ruang lebih sedikit dibandingkan dengan mesin berporos tunggal dan untuk pabrik yang berukuran terbatas, jenis mesin ini adalah pilihan terbaik.


---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama