IKEA Mengeksplorasi Furniture Multifungsi Untuk Ruang Kecil

Lebih dari separuh populasi dunia tinggal di daerah perkotaan saat ini – bagian yang diperkirakan akan tumbuh menjadi dua pertiga pada tahun 2050. Bagi banyak orang yang tinggal di kota besar, ruang yang dapat mereka gunakan sendiri sangat terbatas. IKEA sedang menjajaki berbagai solusi untuk membantu orang memaksimalkan ruang mereka di rumah, dengan merencakan berbagai furniture multifungsi menjadi salah satu solusinya.

Yasushi Kusume, pemimpin eksplorasi dan manajer pengembangan inovasi di IKEA, menceritakan saat dirinya kembali ke Jepang untuk berkunjung, dia menyewa apartemen di Tokyo dengan lokasi yang strategis, berukuran hanya 20-25 meter persegi. Ukuran ini menunjukkan rata-rata luas rumah per orang yang tinggal di kota besar yang sangat padat. Yasushi bersama timnya melakukan survey di kota-kota besar seperti London, New York, dan Tokyo dan mewawancarai beberapa orang yang sebagian besar tinggal di rumah dengan luas 15 - 75 meter persegi.


Konsep furniture multifungsi IKEA

Mengenai furniture, IKEA sudah tidak asing lagi dalam memecahkan tantangan yang berkaitan dengan ruang di rumah dengan solusi penyimpanan cerdas dan tepat, yang sangat membantu dalam membuat ruang terasa lebih besar. Furnitur multifungsi yang saat ini sedang dieksplorasi di IKEA berupaya menambah fleksibilitas, juga memungkinkan berbagai aktivitas dalam ruang yang sama, dan sentuhan lebih pribadi. Sambil membuatnya lebih mudah diakses oleh lebih banyak orang.

“Konsep rumah tidak lagi konstan. Banyak orang yang tinggal di perkotaan menganggap rumah sebagai tempat tinggal sementara daripada permanen, terutama mereka yang tinggal di ruang kecil. Kami telah belajar bahwa mereka cenderung penyewa dan sering berpindah tempat dibandingkan lainnya”, kata Yasushi, sembari menjelaskan wawasan yang mengarahkan desain pada solusi yang tidak memerlukan furniture multifungsi untuk ditempelkan ke dinding.

Kaidah lain dari wawasan hidup di ruang kecil – serta proyek lain yang sedang dieksplorasi – adalah tentang perakitan. Masalah klasik IKEA yang dapat menimbulkan perasaan bangga sekaligus frustrasi, penting untuk diingat selama proses pengembangan produk. Ini juga sedang diselidiki lebih lanjut untuk memfasilitasi pembongkaran dan pemasangan kembali, sehingga furniture lebih mudah dipindahkan saat situasi kehidupan berubah, jika harus merpindah tempat misalnya.

Source: About IKEA
---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama