Kayu Black Walnut (Juglans Nigra)

Kayu Black Walnut, dikenal juga dengan nama kayu Kenari Hitam, termasuk golongan kayu keras (Hardwood) dan sebagian besar tumbuh di bagian Timur Amerika Serikat dan banyak dipakai untuk furniture, vinir, atau peralatan dapur.

Kualitas kayunya cukup keras, dengan warna coklat sangat cocok untuk membuat furnitur, ukiran, pembubutan, profil, dan perabotan lainnya. Selain itu, kayu Black Walnut juga dapat digunakan sebagai bahan lantai kayu, alat musik, atau dekorasi interior.


Inti kayu terasnya berwarna coklat muda atau coklat tua, dan memiliki garis-garis gelap. Gubalnya berwarna kuning pucat, dengan ketebalan sekitar 5-10 sentimeter dari kayu teras. Kayu Black Walnut memiliki tekstur sedang dan sangat tahan lama, namun demikian tetap dapat diserang oleh serangga kayu.


Jika serat kayunya teratur dan lurus, Black Walnut menjadi kayu yang sangat mudah dikerjakan, tidak perlu pewarnaan, bahkan sangat jarang diwarnai dan bisa difinishing dengan baik.

Botanical Name:
Juglans Nigra

Family Name:
-

Pohon
Pohon Black Walnut bisa tumbuh hingga ketinggian 30-37 meter dengan diameter batang pohon antara 60 - 100 sentimeter.

Warna Kayu
Warna kayu Black Walnut kecoklatan, kadang agak gelap dan semakin tua umur pohonnya, maka warna kayunya akan semakin gelap.

Kepadatan Kayu
Kayu Black Walnut memiliki kepadatan sekitar 610 kg/m3.

Proses Mesin dan Konstruksi
Sangat mudah untuk dikerjakan baik dengan mesin atau peralatan manual. Mudah dibentuk, dibalik, dibor atau diukir. Dan dengan kepadatannya, sangat kuat memegang paku dan sekrup.



Peralatan meja makan berbentuk piring dibuat dari kayu Black Walnut

---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama