Mesin Penyerut Kayu (Wood Shaving Machine) untuk Industri Kecil dan Menengah

Limbah serutan kayu dengan bentuk seperti ini biasanya dihasilkan dari penyerutan dengan ketam manual. Tatal kayu berbentuk seperti pita tipis dan cenderung ikal atau keriting. Limbah serutan kayu ini sangat baik digunakan untuk sarang ternak dan binatang peliharaan seperti kandang ayam, hamster, kelinci, kucing, atau bahkan kandang kuda.

Berbeda dengan tatal kayu dari penyerutan secara masinal yang wujudnya lebih seperti butiran kecil tapi tebal. Hasil serutan manual ini tipis seperti vinir (bahkan lebih tipis), sehingga sangat cocok untuk sarang ternak karena mudah menyerap air.


Wood Shaving Machine/tcpel.com

Untuk memenuhi kebutuhan serutan kayu seperti itu, sekarang terdapat mesin yang bisa menyerut kayu dengan hasil proses manual, namanya Wood Shaving Machine. Mesin tersebut bahkan bisa mengolah berbagai macam bahan baku kayu, tidak hanya dalam bentuk papan atau balok, tetapi juga batang pohon kecil atau batang ranting yang berukuran sedang.

Mesin ini sangat cocok untuk industri skala kecil dan menengah, terutama untuk mereka yang memiliki peternakan, karena mesin wood shaving ini bisa menyerut kayu dengan ukuran yang seragam, tergantung penyetelan dan jenis poros pisau yang dipasang.

$ads={1}
Bagian Mesin dan Cara Kerjanya

Kami ambil contoh sebuah mesin dari pabrikan tcpel.com di Tiongkok, yang membuat beberapa model mesin penyerut kayu dengan kapasitas yang berbeda untuk menyesuaikan kebutuhan peternakan atau untuk Anda yang ingin membuat bisnis kecil sebagai pemasok serutan kayu.

Bucket Benda kerja
Terletak pada bagian atas mesin tempat memasukkan benda kerja. Bucket ini akan digerakkan oleh motor di belakangnya untuk menggerakkan benda kerja dengan kecepatan yang bisa diatur.
Pada bucket ini terdapat alat penekan pneumatic (udara bertekanan) untuk menahan benda kerja saat bucket bergerak maju-mundur.

Kompartemen Poros Pisau (shafts)
Berada di bawah meja kerja, dengan 2, 4, atau 6 poros pisau yang disusun sejajar.
Untuk membuat serutan kayu ukuran berbeda, terdapat dua jenis pisau: Pisau spiral untuk serutan ukuran kecil dan pisau rol lurus untuk pembuatan serutan ukuran besar.

Output Serutan
Serutan kayu akan keluar secara otomatis melalui bagian ini dan bisa langsung ditempatkan di kantong plastik atau bisa juga dipasang penghantar untuk mengirim hasil serutan ke lokasi lainnya.


Spesifikasi Penting

Jika Anda berencana membeli mesin ini, sebaiknya periksa beberapa spesifikasi penting yang paling berperan menentukan kualitas serutan kayu dan daya tahan mesin.

Bagian mesin Keterangan
Bucket benda kerja Bagian ini untuk meletakkan benda kerja.
Rata-rata berukuran 50 x 80cm, atau 80 x 140cm.
Ukuran panjang (bagian dalam) bucket mengindikasikan panjang maksimum benda kerja yang bisa diproses.
Jumlah poros pisau Bervariasi dari 2, 4, dan 6 silinder
Jumlah mata pisau/poros Biasanya 4 mata pisau per poros
Tebal serutan kayu Bisa diatur dari 0,2 mm hingga 1,0 mm
Instalasi Pada ukuran kecil, getaran mesin tidak begitu kuat, sehingga tidak perlu membuat beton atau jangkar di lantai. Mesin seperti ini cukup diletakkan di lantai yang keras dan datar.
Untuk mesin yang berukuran lebih besar mungkin sebaiknya dibuat baut pengikat di lantai.
Kapasitas mesin 500 kg/jam, 1000 kg/jam, atau 1500 kg/jam.
Ukuran ini untuk menyesuaikan kebutuhan, apakah untuk volume kecil, atau untuk skala besar menjadi pemasok serutan kayu untuk peternakan ayam atau sapi. Lebih tinggi kapasitas mesin, berarti lebih besar output dan kecepatan produksi.

Seperti proses pengerjaan kayu pada furniture atau produk lainnya, kayu yang akan diproses sebaiknya kayu yang telah dikeringkan sehingga pisau akan lebih mudah melakukan tugasnya dan hasil serutan bisa langsung digunakan tanpa proses lebih lanjut.

Jika kayu masih dalam bentuk batang pohon dengan kulitnya, sebaiknya dijemur dahulu untuk mengurangi kadar air. Sebagaimana tujuan utama memproduksi serutan kayu ini adalah sebagian besar untuk sarang ternak agar bisa menyerap air dan kelembaban, maka untuk mendapatkan hasil yang berkualitas tinggi, perlu menggunakan kayu yang sudah dikeringkan, dan paling ideal dari kayu lunak.


Serutan kayu dari mesin Wood Shaving


Beberapa kegunaan serutan kayu dari hasil mesin Wood Shaving/foto tcpel.com

---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama