Berapa Tebal Pintu Kayu Yang Bisa Dipasang Engsel Sendok?

Engsel sendok standar memiliki ukuran yang kurang lebih sama, terutama pada Ø dan kedalaman lubang untuk rumah engsel. Bahan plywood atau MDF dengan ketebalan 18 mm menjadi ukuran standar untuk pintu, atau lebih tepat disebut sebagai tebal minimum jika Anda ingin memasang engsel sendok. Tebal 18mm dianggap aman untuk memastikan permukaan pintu bagian luar tetap utuh.

Kedalaman lubang bor untuk rumah engsel 12,5mm dan hanya tersisa sekitar 5 milimeter masih cukup kuat dan cukup tebal agar pintu tetap stabil dan tidak rusak, kecuali permukaan paling luar menggunakan bahan pelapis keras seperti formika atau HPL.


Ukuran dan posisi lubang engsel sendok tipe standar pada pintu

Baca juga:
Fleksibilitas Pintu dengan Engsel Sendok

Dengan daun pintu yang lebih tebal tidak berarti lebih baik, model engsel sendok standar hanya bisa dipakai pada tebal pintu hingga 20 mm. Atau pintu yang memiliki profil tambahan (lihat gambar di bawah) pada sudut luarnya. Ujung pintu bagian paling luar akan menghalangi sudut bukaan, sehingga pintu tidak bisa terbuka dengan penuh.


Ilustrasi yang memperlihatkan ujung luar akan menyentuh dinding kabinet jika pintu terlalu tebal


Tebal pintu hingga 32mm

Produsen engsel sendok membuat tipe khusus untuk daun pintu yang tebal, atau yang memiliki profil samping hingga ketebalan 32 milimeter, dan sudut standar bukaan pintu 95°. Hettich misalnya, memiliki tipe Sensys yang bisa dipakai untuk daun pintu dengan tebal hingga 32 mm.

Diameter lubang untuk rumah engsel sama dengan tipe engsel standar, namun kedalaman lubang harus minimal 12,8 mm. Sedangkan Hafele memiliki tipe Metalla, diameter lubang untuk rumah engsel lebih besar, yaitu 40 mm, dan kedalamannya 13,5 mm.

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama