Inspirasi: 5 Desain Furniture Terbaik Berbasis Kayu

Setiap hari, desainer muda maupun desainer profesional selalu menghasilkan produk baru yang sangat menarik. Sebagian dari mereka bahkan telah memenangkan lomba desain, dan yang lainnya adalah produk dari desainer ternama yang hasil kreatifitas intelektual-nya telah dipatentkan.

Menurut sudut pandang kami, desain-desain tersebut sangat baik karena tidak hanya mengutamakan segi estetika desain, tetapi pada setiap detail pengerjaannya juga menggunakan teknis perkayuan berkualitas tinggi, dan tetap mempertimbangkan efektifitas bahan kayu solid.

Table + Chair Set

Ide utama di balik konsep set ini adalah untuk tetap siap digunakan oleh siapa saja. Meja berbentuk lingkaran memungkinkan anak-anak menggunakan meja dengan nyaman, tanpa bagian sudut tajam.

Bentuk kursi mengikuti desain meja. Sandarannya yang membulat mengacu pada bentuk meja yang bundar, dan kursi berlapis busa yang dilapisi bahan kain atau fabrik sesuai dengan kantong kain pada bagian bawah meja.
Menurut desainernya, ketinggian kedua meja tersebut telah disesuaikan agar bisa digunakan untuk penyandang disabilitas pada meja yang lebih rendah.


Desainer: Patrycja Badura
Ukuran: -
URL: Wooden Story, Afilii
$ads={1}

Cross Table 120

Meja ini mewakili bentuk yang sederhana namun tetap elegan serta konstruksi praktis. Format yang sangat baik sebagai meja makan untuk 4 - 6 orang atau sebagai meja kerja di rumah.

Bagian papan atas meja dibuat dalam tiga variasi warna pelapis HPL yang mudah dibersihkan dan kayu lapis dari vinir kayu Oak.



Desainer: Pearson Lloyd
Ukuran: 120 cm x 75 cm x 74 cm (PxLxT)
Jenis Kayu: Oak
URL: Pearson Lloyd


Roundwood Chair

Nama Roundwood chair mungkin tidak sepenuhnya mencerminkan bentuk kursi ini, tetapi menurut desainernya bagian pasak bundar yang menghubungkan kaki dan tanganan kursi, dan diikat dengan sebuah pasak kecil di tengahnya menjadi inisial nama kursi tersebut.

Roundwood chair/photo: Wood Awards



Struktur kursi ini tergantung pada satu buah sandaran punggung yang berbentuk melengkung, dengan kedua bagian sampingnya memanjang terhubung pada kaki depan dan kaki belakang sebagai sandaran tangan.
Teknik ini sangat sulit dan membutuhkan presisi tinggi, serta harus dilakukan dengan mesin laminasi khusus untuk melapiskan beberapa lembar vinir.

Menurut Ben Fowler, desainer yang merupakan pecinta kapal, mendapatkan inspirasi bentuk bodi kapal yang melengkung membentuk kesatuan bentuk. Kursi ini masuk shortlisted pada Wood Awards 2022 kategori furniture yang akan diumumkan pada 23 November 2022.

Desainer: Ben Fowler
Ukuran: -
Jenis Kayu: Vinir kayu Ash
URL: Wood Awards 2022


Floating Top Table

Koleksi desain yang terdiri dari bangku, meja dan 3 buah kursi ini dibuat oleh desainer dari Korea Selatan. Terdapat celah di antara top meja dengan rail dan kakinya, sehingga papan atas meja terlihat seperti melayang atau floating.


Perancangnya memanfaatkan celah antara bagian atas meja, dudukan kursi dan bangku dengan kakinya untuk menciptakan ilusi optik dari elemen-elemen ini yang tampak melayang di udara.

Efek ini bisa dibuat dengan cara menempatkan rail meja ataupun rail penahan dudukan kursi agak ke bagian dalam, sehingga hanya terlihat dari bagian bawahnya, tapi tidak bisa terlihat langsung dari bagian samping meja dan bangku.

Desainer: Kobeomsuk
Ukuran: Meja - 240 X 85 X 73 cm (T)
Bangku - 180 X 36 X 44 cm (T)
Kursi - 48 X 52 X 80 cm (T)
Jenis Kayu: White Oak
URL: Kobeomsuk Furniture


Miro bedside table

Dengan sudut mejad samping yang dibentuk setengah lingkaran dan kaki bulat, keseluruhan garis lembut pada Miro Bedside Table menambah keanggunan yang tenang ke kamar tidur (atau ruang tamu).

Dalam mendesain produk ini, desainer Gabriel Tan memikirkan fungsionalitas dan keindahan. Dua laci yang lebar menjaga barang-barang penting agar tetap teratur, sementara rel laci type soft-closing mencegah isi laci bergeser atau berserakan.


Desainer: Gabriel Tan
Ukuran: 44 X 48 X 45 cm (T)
Jenis Kayu: White Oak
URL: Design Within Reach

---

Tentang KAYU

Karena Kayu Lebih Ramah Lingkungan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama