Mengapa Nampan Putar Ini Disebut Lazy Susan?

Lazy Susan adalah nampan bundar yang bisa berputar, yang berada di atas meja (kebanyakan meja bundar) untuk memungkinkan setiap orang yang di meja yang sama bisa mengambil langsung makanan, bumbu, dan hidangan lainnya tanpa harus membagikannya.

Ada juga yang menggunakannya sebagai titik pusat perhatian yang pada satu meja dengan meletakkan lilin atau menghiasinya dengan pot bunga yang indah.

Banyak pula yang membuat teori bahwa 'Susan' hanyalah nama pembantu biasa dan bahwa istilah 'Lazy Susan' yang diterapkan hanyalah sindiran yang diberikan untuk pelayan rumah tangga yang malas.


Sejarah terciptanya nama 'Lazy Susan'

Tidak jelas dari mana nama Susan yang malas berasal. Jika Anda pernah makan di restoran Cina, kemungkinan besar Anda pernah menggunakannya di sana. Smithsonian, sebuah institusi musium, pendidikan, dan penelitina terbesar di dunia mencatat bahwa meja berputar pertama kali digunakan di Cina pada abad ke-13.


Lazy Susan dari kayu Jati/theteakcompany

$ads={1}
Sejarawan lainnya menyebutkan bahwa pada abad ke-18 nampan putar ini di Inggris lebih dikenal dengan nama 'dumbwaiter'. Yang lainnya memberi kredit kepada presiden saat itu, Thomas Jefferson sebagai orang yang 'menemukan' nama Lazy Susan. Dikatakan bahwa pemberian nama ini karena putrinya mengeluh bahwa makanan dia selalu disajikan terakhir, dan sebagai akibatnya, tidak pernah merasa kenyang saat meninggalkan meja.

Banyak pula yang membuat teori bahwa 'Susan' hanyalah nama pembantu biasa dan bahwa istilah 'Lazy Susan' yang diterapkan hanyalah sindiran yang diberikan untuk pelayan rumah tangga yang malas.


Berapa ukuran Lazy Susan?

Setiap kursi membutuhkan ruang untuk piring, gelas dan lainnya, jadi jarak sisi luar lazy susan dengan sisi luar meja makan setidaknya 35 - 40 sentimeter.
Ø Lazy Susan (cm) Meja Bundar (Ø)
35 cm <100 cm
35 - 60 cm 100 - 135 cm
60 - 90 cm 135 - 160 cm
80 - 140 cm 160 - 210 cm

Untuk meja makan berbentuk persegi panjang, biasanya lebar meja tidak lebih dari 120 cm. Sedangkan untuk meja berbentuk bujursangkar, bisa menggunakan referensi meja bundar untuk menentukan ukuran Ø lazy susan.

Nampan bundar ini bisa diletakkan di atas meja, tanpa harus membuat konstruksi khusus. Terdapat banyak pilihan hardware atau swivel untuk lazy susan, mulai dari bahan aluminium, besi baja atau bahkan plastik. Jika ingin permukaan meja makan tetap rata, perlu dibuat sebuah konstruksi rangka sederhana di bawahnya untuk menahan swivel.


Swivel

Lazy susan bisa dibuat dari bahan kayu, kaca, besi, atau plastik. Bahan tersebut ikut menentukan jenis swivel mana yang dipakai.
Untuk ukuran lazy susan yang berdiameter besar, swivel dari aluminium dengan ball bearing merupakan pilihan paling tepat. Model swivel ini memiliki bantalan kaki pada beberapa titik untuk posisi di atas meja, dan bagian lainnya disekrup pada nampan bundar.

Swivel yang berbentuk kotak memiliki daya tahan lebih kuat untuk menahan beban, sehingga lebih cocok untuk lazy susan yang terbuat dari besi atau batu granit. Swivel direkatkan menggunakan perekat silicon di bawahnya.

Kadang swivel plastik digunakan sebagai landasan lazy susan dari batu granit atau marmer untuk menekan ongkos produksi, namun sebenarnya hardware tersebut dibuat untuk meletakkan pot bunga atau benda berat lainnya di lantai.


Model swivel yang biasa digunakan untuk lazy susan

---

Tentang KAYU

Karena Kayu Lebih Ramah Lingkungan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama