Kenali Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Kitchen Set Anda

Ruang dapur menjadi salah satu tempat menghabiskan waktu paling lama bagi seorang ibu rumah tangga yang harus menyiapkan hidangan makan untuk keluarga atau bagi Anda yang memiliki hobi memasak. Untuk itulah ruang dapur sebaiknya memiliki desain yang sederhana tapi bisa efektif untuk menyimpan semua perlengkapan memasak sekaligus termasuk kualitas kabinet kitchen set yang mudah dibersihkan dan tahan lama.

Bahan baku yang biasa digunakan untuk membuat kabinet kitchen set bermacam-macam, dan menyesuaikan kondisi ruang dapur, desain kitchen set, atau tipe finishing yang diinginkan. Banyak tersedia beberapa macam bahan dengan kelebihan dan kekurangannya untuk membantu Anda menentukan tipe kitchen set mana yang sesuai dengan kebutuhan.


Kabinet berbahan dasar plywood/Khan Vy Home


Bahan Dasar Kabinet Kitchen Set

1. Kayu Solid
Kayu solid adalah pilihan utama untuk bahan kabinet kitchen set karena kekuatan dan daya tahannya terhadap kelembaban, terutama di dalam ruang dapur yang cenderung lebih basah dan lembab dibandingkan ruang lainnya. Kayu Jati tentu saja menjadi pilihan pertama yang direkomendasikan karena juga daya tahan kayu Jati terhadap serangan rayap dan serangga pemakan kayu lainnya.

Penggunaan kayu solid, khususnya kayu Jati tidak lagi menjadi pilihan utama karena selain harga kayu Jati sudah mahal, biaya proses pengerjaan dan finishing pada kayu solid juga akan lebih tinggi. Hal ini tentunya tidak akan menjadi masalah bagi Anda yang mengutamakan kualitas dan tampilan kitchen set yang lebih elegan.

Jenis kayu solid lainnya yang bisa dijadikan bahan alternatif yang lebih ekonomis daripada kayu Jati adalah kayu Pinus, kayu Mahoni, atau kayu Oak jika memungkinkan.

2. Plywood
Bahan papan buatan yang biasa disebut multipleks ini tidak saja merupakan bahan alternatif, tetapi saat ini telah menjadi bahan pengganti kayu solid dan banyak digunakan untuk produksi massal kabinet kitchen set. Plywood memiliki kelebihan akan strukturnya yang kuat dan datar, sehingga sangat mudah untuk proses pembuatan kabinet. Harga bahan plywood juga relatif lebih murah daripada kayu solid.
Plywood termasuk salah satu tipe papan buatan yang paling kuat di antara jenis papan buatan lainnya.

Baca juga: Memahami Plywood Sebagai Bahan Alternatif





3. Blockboard
Bahan blockboard sejatinya hampir sama dengan multipleks, bedanya bahwa blockboard memiliki lapisan lebih sedikit daripada multipleks karena blockboard menggunakan bahan kayu solid yang lebih tebal pada bagian tengahnya. Jumlah lapisan vinir pada blockboard biasanya hanya 5 lapis, sedangkan pada multipleks lapisan vinir bisa berjumlah lebih dari 9 lapis vinir.

Harga papan blockboard lebih murah dibandingkan dengan plywood biasa, dan artinya kabinet kitchen set bisa dibangun dengan lebih ekonomis. Secara penampilan, tidak banyak perbedaan antara blockboard dan plywood. Mereka memiliki permukaan yang datar dan vinir kayu, sehingga jenis finishing apapun sangat cocok digunakan.

4. MDF (Medium Density Fibreboard)
MDF merupakan bahan baku terbaik untuk membuat kabinet kitchen set, baik pada bagian kabinet bawah maupun kabinet dinding yang digantung. Selain itu jika Anda ingin lebih kuat, terdapat jenis MDF yang lebih tahan terhadap kelembaban.
Harga bahan MDF pun lebih ekonomis dibandingkan dengan plywood dan kayu solid.

Bahan Baku Pro (+) Kontra (-)
Kayu Solid Daya tahan lama Mahal & berat
Plywood Mudah pengerjaan Finishing terbatas
Blockboard Lebih ringan Kurang tahan air
MDF Permukaan sangat halus Mudah lapuk jika lembab


Finishing Terbaik Untuk Kitchen Set

Untuk menambah daya tahan dan nilai estetika, kabinet kitchen set perlu dilapisi dengan bahan finishing yang tidak saja memberikan pilihan warna tetapi juga menambah aspek tekstur dan motif sesuai pilihan Anda. Kayu solid harus dilapisi bahan finishing politur atau pewarna jenis NC, sedangkan plywood, blockboard, MDF, dan partikel board perlu dilapisi bahan yang lebih tahan air atau bahan yang memiliki beragam warna dan corak untuk meningkatkan nilai estetikanya.

Stain Finish
Finishing stain lebih cocok untuk bahan kayu solid karena model finishing ini akan menonjolkan tekstur serat dan warna kayu. Jenis bahan finishing bisa menggunakan varnish atau pernis, politur, waterbased stain, NC, atau melamin. Pada dasarnya jenis finishing tersebut bersifat transparan atau walaupun berwarna gelap, tetapi masih bisa menampilkan tekstur serat kayu solid.

Cat Duco
Model finishing ini cocok untuk semua jenis bahan kabinet, tetapi dengan corak yang terbatas. Cat duco bersifat menutupi seluruh permukaan papan dengan warna atau pigmen, serta corak seperti marmer atau corak abstrak lainnya. Termasuk bahan finishing yang cukup mahal tapi sangat cocok bagi Anda yang menyukai permukaan halus dan keras yang glossy/matt.
Paling cocok untuk kabinet kitchen set yang menggunakan bahan kayu solid, plywood, atau blockboard.



HPL
HPL atau High Pressure Laminated merupakan bahan pelapis berbentuk lembaran yang digunakan sebagai penutup paling atas atau paling akhir. HPL dibuat di bawah tekanan yang sangat tinggi sehingga menjadi bahan yang sangat keras dan tahan terhadap air dan bahkan suhu panas. Pelapis HPL sangat praktis karena terdapat banyak sekali pilihan warna dan corak.
Dan karena bahannya yang sangat keras, kebanyakan top kabinet kitchen set menggunakan lapisan HPL untuk menahan goresan.

Karena bahannya yang sangat keras, tidak fleksibel, namun tipis, bahan HPL ini hanya bisa diaplikasikan pada permukaan datar dan rata. Bahan pelapis HPL memiliki jenis finishing permukaan dan motif yang sangat banyak.

Decosheet
Pelapis ini biasanya berbentuk lembaran panjang yang memiliki warna dan corak bermacam-macam. Beberapa orang menyebutnya sebagai taconsheet, yang biasanya dibuat dari bahan Pvc atau dari Polyester. Bahan pelapis decosheet memiliki ketebalan antara 0,1 hingga 1,0 milimeter, oleh karena itulah biasanya disimpan dalam bentuk roll.


Contoh Decosheet

Bahan ini memiliki kelebihan tahan gores dan tahan air. Bahkan beberapa pabrikan membuat versi yang tahan panas dengan suhu tertentu. Corak atau motifnya pun sangat bermacam-macam, bahkan hingga ribuan pola dan warna. Paling cocok digunakan untuk melapis kabinet kithen set yang terbuat dari MDF karena permukaan MDF yang halus & rata.

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture. Founder tentangkayu.com

Post a Comment

Previous Post Next Post