Model Dudukan Speaker Berbahan Kayu Untuk Inspirasi 2024

Apakah anda seorang yang sangat tertarik pada reproduksi suara dengan kualitas tinggi dan sangat antusias untuk mendengarkannya dengan kualitas speaker terbaik?

Untuk bisa mendengarkan suara musik dengan kualitas terbaik, anda memerlukan seperangkat HiFi (High Fidelity) untuk reproduksi suara. Salah satu perangkat yang penting adalah sepasang speaker stereo yang berkualitas, model floorstanding atau bookshelf/standmount.

Di sini kami ingin berbagi beberapa model speaker stand untuk tipe bookshelf/standmount yang terbuat dari kayu sebagai inspirasi jika anda berencana untuk mengganti speaker stand dengan bahan kayu.


Ukuran kotak speaker tipe Bookshelf/Standmount

Kotak speaker tipe bookshelf tipe premium berukuran lebar sekitar 20-25 cm, ukuran dalam antara 23-30 cm, dengan tinggi bervariasi antara 30-40 cm. berat per kotak juga bervariasi, mulai 5 kilogram hingga 9 kilogram per kotak speaker. Artinya, konstruksi dudukan speaker harus kokoh dan kuat menahan berat kotak speaker dan stabil untuk menahan getaran yang ditimbulkan oleh driver speaker.


Ukuran kotak speaker bookshelf dari beberapa merek ternama


Sebagai contoh, model speaker HiFi dari Wharfedale tipe Diamond 12.2 merupakan salah satu speaker berkualitas tipe bookshelf dengan ukuran papan dasar 20 x 28,5 cm (Lebar x Dalam). Secara keseluruhan, kotak speaker ini memiliki berat 8,2 kilogram per kotak.

Produk yang setara dari merek KEF R3 Meta bahkan memiliki ukuran bagian dasar lebih besar, yaitu 42 x 20 cm, serta jauh lebih berat, mencapai 12.4 kilogram per kotaknya.

Dengan melihat spesifikasi kotak tersebut, sudah selayaknya speaker stand harus dibuat dengan struktur yang kuat dan kokoh tanpa mengorbankan sisi estetikanya.


100% Kayu Solid

Bahan terbaik untuk struktur speaker stand adalah kayu solid, dan gunakan jenis kayu yang memiliki kepadatan cukup tinggi. Jenis kayu dengan densitas di atas 500 kg/m3 merupakan pilihan terbaik, misalnya kayu Walnut, Maple, Ash untuk jenis kayu import. Dan beberapa jenis kayu lokal yang direkomendasikan adalah kayu Sawo, kayu Jati, kayu Sungkai, kayu Mahoni, dan kayu Merbau.


(img: Goldwoodart)

Dudukan speaker dari Gold Wood Art ini dirancang untuk melengkapi sistem akustik, memberikan pengaturan suara yang optimal karena posisi dudukannya yang miring ke belakang sehingga memberikan ruang akustik dan resonansi langsung untuk mendengarkan musik audiofil.

Speaker stand ini dibuat dari kayu Walnut yang kokoh dengan ukuran panjang papan dasar sekitar 30 cm dan lebar 20 cm, serta tinggi bagian depan 35,5 cm. Sangat cocok untuk dudukan speaker standmount berukuran agak besar karena posisinya tidak terlalu tinggi, dengan berat speaker di atas 10 kg.

Strukturnya dibuat dengan sistem knock-down atau lepasan untuk efisiensi pengemasan. Pilar bagian tengah yang menyangga papan dudukan terlihat kuat dan kokoh. Pada lembaran dasarnya dilapisi karet penahan geser untuk menyerap getaran speaker serta untuk menahan geseran. Papan atas speaker stand dibuat agak miring ke depan dengan tujuan untuk mengoptimalkan transmisi suara dari kotak speaker ke arah pendengar.




(img: Spacecraftfurniture)

Speaker stand dari Space Craft Furniture ini berukuran 44 x 44 x 68 cm (PxLxT) dan dibuat dari kayu Walnut (Kenari). Struktur segitiga menjamin kestabilan posisi speaker dan pada ketiga kakinya terpasang paku baja untuk menahan geseran dan mengurangi getaran yang berlebihan.

Hanya saja, model ini akan lebih cocok digunakan untuk speaker jenis bookshelf yang berukuran lebih kecil, misalnya Elac Debut B5.2 atau B&W 607 S3 karena luas papan penyangga yang tidak terlalu besar. Kedua model speaker tersebut 18 x 23 cm dan 16 x 21 cm. Dan berat kotak speaker tidak lebih dari 6 kg.


Kayu solid dan papan buatan

Model speaker stand yang satu ini dibuat dari kayu lapis jenis Birch, sebuah jenis plywood yang terkenal dengan kualitas akustik dan resonansi suara terbaik sehingga sebagian besar produsen speaker HiFi kelas atas memakai bahan ini untuk membuat kotak speaker.

Namun pemakaian bahan ini sama sekali tidak berpengaruh untuk struktur speaker stand karena sang produsen aslinya (Audel) dari Italia ingin membuatnya selaras dengan bahan kotak speakernya yang memperlihatkan garis lapisan kayu.

Tentunya anda bisa menggunakan jenis kayu lapis apapun, hanya saja perlu dipilih tipe yang berkualitas tinggi karena kelebihan model speaker stand ini adalah model terbuka yang memperlihatkan lapisan kayu untuk menambah nilai estetika.

Ukuran speaker stand yang kami tampilkan pada foto ilustrasi di atas dirancang untuk front speaker (speaker bagian depan) dengan lebar tiang 11 cm.

Dan jika anda ingin membuat versi untuk speaker surround yang lebih kecil, gunakan referensi ukuran berikut:
Top base: 16 x 26 cm
Lower base: 25 x 32 cm
Tinggi: 78 cm
Lebar tiang: 8 cm



Speaker stand Medium Z/img: Audio Craftsmen

Speaker stand ini sejatinya dibuat dari kayu solid karena produsen aslinya menginginkan speaker stand yang solid dan kokoh menahan berat hingga 45 kg!
Namun melihat strukturnya, bisa saja dibuat dengan menggunakan bahan kayu lapis biasa, yang justru jauh lebih mudah pada prosesnya. Papan atasnya berukuran 20 x 30 cm, sehingga cukup untuk menopang speaker tipe standmount. Papan dasarnya berukuran 30,5 x 38 cm yang cukup lebar untuk kestabilan kotak speaker.


Logam dan kayu


ynVISION speaker stand untuk speaker SONOS

Speaker stand ini sempat menyandang gelar terbaik dari majalah khusus 'What HiFi' karena model dan kualitasnya. Terbuat dari bahan logam yang dibentuk seperti huruf 'L' sebagai tiangnya, dan pelat besi untuk papan dasar dan papan atas tempat meletakkan kotak speaker. Dibuat khusus oleh ynVISION untuk speaker merek Sonos One, One SL, dan Play. Oleh karena itulah permukaan papan atas dibentuk menyesuaikan dasar kotak speaker tersebut.

Namun sebagai inspirasi jika anda ingin membuat speaker stand yang sama untuk perangkat yang sudah anda miliki, papan atasnya bisa dibuat dari pelat besi biasa yang rata.

Papan dasarnya berbentuk persegi-bulat dengan tambahan kaki-paku untuk kestabilan posisi speaker. Yang menarik adalah tambahan sebatang kayu pada bagian depannya, yang ditempel pada tiang besi. Warna kayu memberi kesan hangat dan lebih elegan pada speaker stand ini.



---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama