Vietnam: Ekspor Kayu dan Produk Kayu 2024 Ditargetkan Mencapai $16 Miliar

Pendapatan ekspor kayu dan produk kayu dari Vietnam pada bulan Januari 2024 telah mencapai $1,49 miliar, naik secara signifikan 72,5% dibandingkan Januari 2023.


Pekerja sedang mengeluarkan kayu kering dari oven

Vietnam menargetkan pendapatan $16 miliar dari ekspor kayu dan produk kayu tahun ini mengingat prospek yang sangat bagus, menurut Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan atau the Ministry of Agriculture and Rural Development (MARD) Vietnam.

Pendapatan ekspor pada bulan Januari 2024 saja telah mencapai $1,49 miliar, meningkat dari tahun ke tahun sebesar 72,5 persen, menurut angka MARD.

Pasar utama Vietnam meliputi Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, dan Uni Eropa.

Pada bulan pembukaan tahun ini, ekspor kayu dan produk kayu ke pasar Eropa mengalami pertumbuhan positif. Misalnya barang-barang yang dikirim ke Belanda bernilai $9,2 juta, naik 5,1% dibandingkan bulan Desember 2023 dan 93,8% dibandingkan bulan Januari 2023.


Eksportir kayu bulan lalu sempat khawatir akan kenaikan biaya transportasi karena ketegangan di Laut Merah yang memaksa perusahaan pelayaran mengalihkan kapal untuk menjamin keselamatan. Namun saat ini biaya transportasi ke Uni Eropa dan Amerika mulai menurun dalam beberapa minggu terakhir.

Ketua Vietnam Timber Forestry Products (VIFOREST), Mr. Do Xuan Lap mengatakan biaya transportasi untuk kontainer berukuran 40 feet dari Vietnam ke Uni Eropa telah turun menjadi $3,786 per kontainer.


---

tentangkayu

Mari Belajar dan Berkembang Bersama Kami

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama