Pabrik Kursi Perlu Memiliki Mesin Ini Jika…

Konstruksi kursi, terutama yang terbuat dari kayu solid menggunakan banyak sekali sambungan tipe pen & lubang atau tenon & mortiser. Konstruksi ini paling ideal untuk posisi sambungan slats sandaran dan dudukan kursi.

Jika produksi hanya untuk beberapa kursi, mungkin akan mudah dilakukan dengan mesin pen/lubang manual atau mesin manual lainnya. Akan tetapi untuk produksi massal yang berjumlah ribuan atau bahkan puluhan ribu kursi, mesin manual tidak bisa diandalkan dalam hal kapasitas produksi.


Bentuk pen yang diproses dengan mesin CNC tenoner

Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, sebuah pabrik kayu perlu memiliki minimal mesin CNC Double End Tenoner dan CNC Mortiser jika bermaksud untuk membuat produksi massal kursi kayu dengan skala yang besar.
Keberadaan mesin-mesin tersebut juga menjadi salah satu hal yang dinilai pada saat pembeli melakukan kunjungan pabrik bersama auditor. Dengan memiliki mesin-mesin ini, paling tidak buyer akan lebih percaya bahwa perusahaan akan memproduksi seluruh komponen kursi di dalam pabrik, sehingga kontrol kualitas bisa lebih terjaga.


Apa itu mesin CNC?

Mesin CNC (Computer Numerical Control) adalah mesin otomatis yang dapat memproses komponen dengan minimal pekerjaan yang dilakukan oleh manusia sebagai operator. Mesin CNC menggunakan instruksi dengan kode tertentu melalui jaringan komputer, yang memungkinkan proses bisa dilakukan secara akurat dan cepat.

Ada banyak jenis mesin CNC untuk pekerjaan kayu, mulai dari mesin bubut (lathe), mesin frais samping atau milling, hingga router (frais atas). Dengan menggunakan mesin CNC, pabrik bisa menghasilkan pola yang bervariasi dan kompleks pada lembaran papan MDF atau kayu solid.


Keuntungan menggunakan mesin CNC

  • Pengoperasian mudah & cepat dengan data teknis lengkap yang tersedia pada monitor mesin
  • Efisiensi dan produktivitas tinggi karena kedua motor spindle bekerja bersamaan secara simultan
  • Ukuran benda kerja sangat fleksibel, dengan panjang komponen antara 20 cm hingga 200 cm pada beberapa merek mesin tertentu
  • Hasil kerja konsisten dan presisi sehingga konstruksi pen & lubang bisa terhubung dengan sempurna

Dari sekian banyak merek mesin CNC yang tersedia, beberapa tipe khusus dibuat dengan kap mesin untuk menjaga keamanan operator dan kebersihan ruang produksi.


Mesin CNC Double End Tenoner

Mesin ini memiliki minimal 2 poros pisau (spindle) yang bergerak otomatis membuat bentuk pen pada kedua ujung komponen.
Poros pisau tersebut bekerja secara simultan dan bersamaan saat komponen bergerak otomatis melalui penghantar khusus. Oleh karena itulah mesin seperti ini bisa menghasilkan output yang tinggi dengan hasil yang akurat.

Pada beberapa mesin mutakhir cukup dengan memasukkan data ukuran benda kerja, ukuran tenon, dan sudutnya, maka mesin akan secara otomatis menyesuaikan setupnya dan operator cukup menyusun benda kerja pada posisinya. Bahkan mesin CNC tenoner bisa menyesuaikan ukuran pen dengan mudah & menyesuaikan bentuk benda kerja yang tidak lurus/melengkung.

Kecepatan produksi atau jumlah komponen biasanya dihitung dalam satuan unit per menit atau per jam. Tergantung pada ukuran komponen dan model pen. Dengan komponen kayu yang lebih tebal tentunya akan lebih lambat dibandingkan dengan komponen yang berukuran lebih kecil.


Mesin CNC Tenoner dengan 2 poros


Mesin CNC Mortiser

Mesin CNC Mortiser menggunakan prinsip kerja mesin frais atas manual, bedanya adalah mesin CNC Mortiser memiliki beberapa mata pisau (bit router) yang tersusun dan bekerja bersamaan. Beberapa poros bit router tersebut bekerja sesuai program yang telah dimasukkan ke dalam komputer dengan ukuran yang telah ditentukan.

Dengan kecepatan putaran mesin yang cukup tinggi hingga di atas 15.000 rpm (revolutions per minute), mesin CNC Mortiser sangat efektif untuk produksi massal.

Benda kerja diletakkan pada meja kerja dan secara otomatis poros-poros pisau akan bergerak sesuai pola yang telah direncanakan segera setelah penjepit benda kerja bergerak pada posisinya. Mesin ini menjadi efektif karena bisa langsung memproses beberapa komponen sekali jalan.


Mesin CNC Mortiser dengan 5 poros

Proses pembuatan konstruksi pen pada komponen slat dan lubang pada komponen kaki kursi merupakan salah satu 'bottleneck' di dalam produksi kursi kayu. Bottleneck merupakan suatu kondisi yang terjadi pada sebuah proses operasional yang lebih lambat daripada operasional lainnya sehingga menimbulkan semacam 'kemacetan' yang mengakibatkan lambatnya produksi.

Dengan tersedianya dua mesin CNC tersebut, minimal akan mempercepat proses pembuatan konstruksi sehingga lebih lancar dan tidak lagi menjadi sebuah bottleneck.


Tentang KAYU

Karena Kayu Lebih Ramah Lingkungan.

Post a Comment

Previous Post Next Post