9 Tipe Tempat Tidur Susun dari Kayu, Mana Yang Terbaik?

Jika anda sedang memikirkan untuk membeli sebuah tempat tidur susun dari kayu, mungkin penjelasan singkat dari beberapa tipe berikut ini bisa membantu anda membuat keputusan yang tepat.
Atau bagi anda yang sedang merencanakan membuat tempat tidur susun dari kayu, memahami berbagai tipenya bisa membantu anda menentukan jenis bahan dan konstruksi yang tepat.

Apa itu tempat tidur susun, dan bagaimana penggunaannya?

Tempat tidur susun adalah tempat tidur di mana satu dipan tempat tidur ditumpuk di atas dipan yang lain. Hal ini memungkinkan dua orang untuk tidur di ruang yang sama dengan satu tempat tidur susun.

Tempat tidur susun dibuat menggunakan berbagai bahan dan ukuran yang berbeda. Biasanya terbuat dari besi atau kayu yang merupakan bahan baku paling ideal. Tempat tidur susun biasanya digunakan di ruang tidur untuk anak-anak, di asrama, atau mereka yang menginginkan furnitur kompak untuk ruang tidur yang tidak terlalu luas.

Tempat tidur susun menjadi solusi hemat-ruang yang bagus untuk kamar tidur kecil, juga memudahkan anak-anak untuk berbagi kamar dengan saudaranya karena mereka dapat bermain, belajar dan tidur di ruang yang sama.




9 tipe tempat tidur susun dari kayu

1. Tipe double Twin-size
Ini termasuk jenis tempat tidur susun yang paling umum, dengan dua tempat tidur untuk kasur berukuran lebar 90 atau 100 cm, dengan posisi satu di atas yang lain. Karena ukurannya yang cenderung untuk anak kecil, maka detil konstruksi dan strukturnya perlu dilakukan secara teliti terutama untuk keselamatan penggunanya.

Tipe ini paling cocok untuk anak-anak berusia antara 6-11 tahun dan untuk ruang tidur yang tidak terlalu luas.

MYDAL/IKEA

Wahyu furniture Jepara

2. Tipe double Full-size
Tempat tidur ini juga bersusun dengan ukuran sama tetapi kasur lebih lebar yaitu 120 atau 140 cm. Biasanya ukuran ini digunakan untuk dewasa atau anak-anak yang lebih dewasa atau yang badannya lebih besar yang membutuhkan ruang lebih lebar.

Max and Lily Full size/Overstock


3. Tipe Twin/Full size
Tempat tidur ini memiliki kombinasi kasur berukuran twin-size di bagian atas dan kasur berukuran full-size di bagian bawah. Cocok untuk ruang tidur kakak beradik atau keluarga kecil yang masih memiliki satu anak kecil.

Cude Modern Twin/Full - Overstock


4. Tipe tempat tidur loteng
Tempat tidur yang hanya memiliki satu kasur di bagian atasnya, dan menyisakan ruang di bawahnya yang dapat digunakan untuk penyimpanan buku atau area aktivitas lainnya seperti meja belajar.

Celeste High Sleeper/AmazonUK


5. Tipe tempat tidur susun Futon
Tempat tidur susun futon merupakan tempat tidur susun yang di bawahnya difungsikan sebagai sofa untuk aktifitas membaca buku, atau bersantai di bagian bawah dan kasur di bagian atas.
Kadang juga sofa tersebut dialihfungsikan menjadi tempat tidur.

MAXKY/Alibaba


6. Tipe tempat tidur susun berbentuk L (sudut)
Konsep dasarnya mirip tempat tidur loteng, tetapi memiliki dua kasur twin-size yang terhubung sehingga membentuk seperti huruf L. Tipe ini biasanya ditempatkan di sudut kamar dan bagian bawahnya kosong, bisa digunakan untuk menyimpan beberapa barang atau aktifitas lainnya.
Jika anda memiliki ruang tidur yang agak luas, tipe ini sangat cocok karena ruang di bawahnya bisa digunakan untuk bermain dan belajar.

QingdaoGorange/Alibaba


7. Tipe Trundle
Tipe ini memiliki tempat tidur tambahan di bagian bawah tempat tidur utama (biasanya ukuran twin-size) yang dapat ditarik keluar. Sangat bermanfaat untuk digunakan pada saat saudara sepupu menginap.

LUCAbunkbed/Furniture123


8. Tipe dengan meja belajar/kerja
Konsepnya juga hampir sama dengan tipe loteng. Tipe ini memiliki meja atau rak yang terpasang di bagian bawah tempat tidur, menjadikannya solusi sempurna untuk kamar tidur/ruang belajar anak atau bahkan untuk ruang bekerja jika diperlukan.

Modern Luxe/Walmart


9. Tipe Triple bed
Memiliki tiga tempat tidur, biasanya semua kasurnya berukuran sama yaitu twin-size di bagian bawah, di tengah, dan di atas. Hanya saja jarak antar tempat tidur agak sempit dibandingkan tipe lainnya karena untuk memastikan kasur paling atas tidak terlalu tinggi.

Triple bunkbed/bculinarylab


Apa jenis kayu yang terbaik untuk membuat ranjang susun?

Kayu Jati
Sudah jelas bahwa kayu Jati menjadi pilihan terbaik untuk kebanyakan furnitur terutama yang ditempatkan di dalam ruangan. Akan tetapi harganya akan sangat mahal dan tidak cukup mudah menemukan tempat tidur susun dari kayu Jati pada toko-toko peritel. Anda harus membuat pesanan khusus dengan desain dan ukuran sesuai selera anda.

Kayu Pinus
Jenis kayu yang lazim digunakan untuk furniture indoor. Walaupun tergolong sebagai softwood, kayu Pinus dipilih karena ringan dan kekuatannya masih bisa diandalkan untuk pemakaian tempat tidur susun. Selain itu proses dan jenis finishing untuk kayu Pinus cukup mudah dilakukan.
Hanya saja perlu dipilih ukuran komponen yang lebih tebal dan lebih lebar agar lebih kuat menahan beban konstruksi.

Kayu Mahoni
Lebih keras dan lebih berat daripada kayu pinus, sehingga untuk konstruksi tempat tidur susun akan lebih stabil. Karena warna dan sifat fisiknya, kayu Mahoni biasanya difinishing dengan warna agak gelap.

Jenis kayu lain yang biasa digunakan adalah kayu Oak, Birch, Walnut atau kayu Cherry. Semua kayu tersebut termasuk golongan kayu keras (hardwood) dan biasanya hanya tumbuh di negara Eropa, Rusia atau Amerika Utara yang memiliki 4 musim. Artinya produsen atau peritel tempat tidur susun harus mendatangkan produk dan bahan bakunya dari luar negeri (impor).


Jenis ranjang susun mana yang terbaik?

Sangat tergantung pada beberapa faktor, di antaranya adalah ukuran ruang di mana anda akan menempatkan tempat tidur susun dan jenis furnitur lainnya yang sudah ada di dalamnya. Tentunya Anda ingin memastikan ukuran ranjang kayu akan cocok dan tidak membuat ruang tidur menjadi semakin sempit.

Yang kedua, ketinggian plafon ruang tidur. Ranjang susun membutuhkan ketinggian plafon yang agak tinggi agar kasur bagian atas memiliki ruang cukup untuk bergerak.

Yang ketiga, perlu dipertimbangkan siapa yang akan menggunakannya, apakah anak-anak atau orang dewasa?
Untuk anak berusia lebih muda (6-11 tahun), tipe double twin-size, atau tipe sudut (L) merupakan yang paling cocok.

Yang keempat, mengenai bujet pembelian, seberapa besar anda menyisihkan dana untuk membeli tempat tidur susun?
Jika anda punya dana berlebih, pilihan kayu Jati bisa menjadi prioritas. Dan juga tersedia banyak sekali model dengan harga yang berbeda.

Setelah keempatnya jelas, anda bisa memulai pencarian tipe tempat tidur susun melalui online atau berkunjung ke toko-toko khusus yang anda ketahui.



Tentang KAYU

Karena Kayu Lebih Ramah Lingkungan.

Post a Comment

Previous Post Next Post