Tempat Tidur Anak Ditolak di Perbatasan Bulgaria

Sebuah produk ranjang bayi (baby crib) dari kayu ditolak di perbatasan Bulgaria karena produk dianggap tidak aman dan tidak memenuhi syarat keselamatan sesuai Standar Eropa EN 1130.

Peringatan tersebut dipublikasikan pada 31 Mei 2022 oleh RAPEX (The Rapid Exchange of Information System), sebuah sistem peringatan cepat di Eropa untuk mengawasi produk yang tidak aman atau yang membahayakan konsumen. RAPEX tidak mencakup produk makanan, produk farmasi dan obat-obatan.


Children's Crib/Rapex

Produk tersebut dibuat dari kayu dengan varian warna biru, merah jambu, dan krem. Produsen produk ini adalah dari Turki, dan disebutkan bahwa penolakan diberlakukan oleh pihak bea cukai di Bulgaria.

Jarak antar bilah vertikal (slats) terlalu besar sehingga bisa menyebabkan bagian tubuh anak terjebak, terutama bagian tubuh antara bahu dan lengan atau antara lutut dengan pergelangan kaki.

Ranjang bayi dinyatakan tidak terlalu stabil dan mudah terbalik. Terlihat struktur bagian bawah lebih kecil daripada bagian atasnya sehingga berisiko mudah terjungkal.
Selain itu, bagian ranjang bayi yang mudah dijangkau dan menonjol tidak dipingul dan memiliki ujung yang tajam sehingga bisa menyebabkan cedera atau luka pada anak.


Analisa Tentang Kayu:
Setiap produk furnitur yang diekspor ke Eropa harus melalui beberapa pengujian di laboratorium negara pengekspor sesuai standar Eropa. Dan saat produk terkirim di negara konsumen, mereka akan melakukan pengujian ulang secara acak untuk memastikan produk yang diimpor layak untuk dijual.

Jarak antar komponen, ketajaman sudut-sudut kayu dan perlengkapan lainnya yang terjangkau (accessible) harus dipastikan aman. Jadi sangatlah penting untuk memastikan pengujian dan pengawasan produksi dengan ketat di dalam pabrik.

Rapex

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post