Recalls: Baby Walker, Karena Ring Roda Terlepas

Wonder and Kids harus menarik kembali produk Baby Walker dari toko mereka karena risiko bahaya tercekik untuk anak-anak.
Terdapat gelang karet pada keempat rodanya, dan karet pada roda belakang bisa terlepas, sehingga bisa membahayakan anak-anak karena ukuran diameter gelang karet tersebut sepertinya cukup besar untuk dikaitkan ke leher.



Rangkuman Singkat

Tanggal Penarikan:
2 Juni 2022

Nama Produk:
Wonder & Wise Activity Walkers

Unit yang terjual:
Sekitar 13.300 buah

Risiko Bahaya:
Karet yang melingkar pada roda belakang bisa terlepas, sehingga menimbulkan risiko bahaya tercekik bagi anak-anak.

Deskripsi Penarikan:
Baby walker atau mainan untuk anak-anak belajar berjalan, terdapat panel interaktif di bagian depannya untuk aktifitas bayi berwarna putih dan aksen warna lainnya.
Terdapat beberapa buah bentuk yang berbeda dan balok kayu dengan angka untuk anak belajar berhitung. Pada bagian depannya terdapat semacam penggilingan berisi 5 bola kayu yang akan menimbulkan suara saat Baby Walker berjalan.

Tindakan selanjutnya:
Konsumen disarankan untuk segera mengambil mainan yang ditarik (recalled) dari anak-anak, berhenti menggunakannya, dan menghubungi Asweets (produser) untuk menerima penggantian roda belakang beserta instruksinya.

Laporan atau Cedera:
Tidak ada cedera yang dilaporkan.

Penjualan:
Mainan ini dijual di Albee Baby, Bloomingdales, Crate & Barrel, Nordstrom, The Tot dan butik produk anak di seluruh Amerika Serikat, dan secara online sejak bulan Oktober 2020 hingga Maret 2022 dengan harga antara 90 - 120 dolar AS.

Diproduksi di:
Tiongkok


Analisa Tentang Kayu:

Sebuah produk gagal atau mengalami masalah kualitas saat sudah sampai ke tangan konsumen terkadang bukan karena pengujian di laboratoium, tetapi karena disebabkan oleh usia produk tersebut yang mengakibatkan kekuatan atau konstruksi menjadi tidak sekuat saat baru dibuat atau saat pengujian di laboratorium.

Hampir sama dengan produk ini, jika sudah terjual sebanyak 13.300 unit, artinya pada dasarnya produk tersebut tidak bermasalah. Namun setelah pemakaian beberapa lama, dan karena penyusutan kayu atau bahan karet misalnya, maka hubungan antara gelang karet dengan roda kayu menjadi lebih longgar mengakibatkan gelang karet terlepas dari rodanya. Dari sinilah pentingnya sebuah penilain risiko atau 'risk assessment' sejak saat pertama produk dibuat atau didesain. Risk assessment akan mampu mendeteksi potensi bahaya, bahkan potensi perubahan bentuk sebuah produk setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu.


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post