04 September 2021

Periksa Ini Sebelum Membeli Mainan Kayu Untuk Anak Anda


Banyak mainan kayu untuk anak-anak yang tersedia di pasaran dan mudah ditemukan saat ini. Ini mempermudah anda untuk menemukan mainan anak anda tanpa banyak usaha. Namun, alangkah baiknya jika anda mempertimbangkan beberapa faktor sebelum membeli suatu produk, karena ini akan membantu anda membuat keputusan pembelian yang lebih baik dan bijak. Terutama apabila anda membeli mainan anak anda yang berumur di bawah 3 tahun, faktor keselamatan dan kesehatan harus menjadi prioritas.

Jenis Kayu
Produsen kebanyakan memilih kayu keras untuk membuat mainan anak-anak. Jenis kayu seperti Maple, Birch, Walnut, Ash, Oak, dan Poplar cocok untuk mainan anak-anak. Jenis kayu Poplar juga biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat pensil. Jenis kayu tersebut tidak tumbuh di Indonesia, produsen harus impor bahan baku kayu dari negara yang memiliki 4 musim. Kayu-kayu keras tersebut lebih tahan lama, lebih padat, dan lebih kecil kemungkinannya untuk pecah, penyok, atau aus.
Di Asia juga cukup lazim menggunakan kayu karet untuk membuat mainan anak-anak.


Warna
Kebanyakan produsen mainan kayu menggunakan bahan finishing yang aman melalui beberapa prosedur. Dan mainan kayu harus dipoles dengan bahan finishing supaya lebih awet, menarik, dan aman untuk kesehatan anak-anak. Mainan anak dengan warna-warni cenderung lebih menarik akan tetapi apabila melihat dari segi resiko kesehatan, bahan finishing berwarna biasanya mengandung lebih banyak bahan kimia daripada finishing tanpa warna (bening).

Bentuk dan Ukuran
Mainan harus cukup besar — setidaknya berdiameter 3 sentimeter (atau diagonal) dan panjang 6 sentimeter — sehingga tidak dapat tertelan atau tersangkut di tenggorokan. Hal ini sangat penting untuk mainan balita atau anak pra-sekolah. Ada sebuah alat penguji khusus yang dapat membantu menentukan apakah komponen mainan terlalu kecil. Tabung ini dirancang dengan diameter yang sama dengan batang tenggorokan anak-anak. Jika sebuah benda muat di dalam tabung, maka itu terlalu kecil untuk anak kecil. Jika Anda tidak dapat menemukan tabung tersedak, mintalah bantuan penjual atau gunakan tabung gulungan kertas toilet.



Sudut yang terlalu tajam atau benda tajam lainnya
Perhatikan apabila terdapat bagian/sudut yang tajam pada mainan yang akan anda beli atau benda tajam lainnya seperti paku, sekrup, atau logam lainnya yang menonjol. Bagian tersebut bisa berbahaya melukai kulit anak-anak yang sensitif.


Tidak ada salahnya juga apabila anda periksa tentang garansi produk mainan tersebut. Ini akan memberikan jaminan keawetan mainan dan jaminan pelayanan purna jual yang lebih baik, karena mainan kayu dengan desain tertentu akan lebih mudah rusak.


Material Selain Kayu
Sebaiknya mainan hanya dari bahan kayu, tidak ada tambahan atau campuran bahan lainnya seperti karet, plastik, besi atau bahan lainnya yang kurang ramah lingkungan. Bisa saja terjadi kombinasi karena struktur mainan, tapi sebaiknya 100% dari bahan kayu.

0 komentar:

Posting Komentar

Most read this week