Kayu Bangkirai (Shorea Lavefolia Endent)

Botanical Name:
Shorea lavefolia Endent
Family Name:
Dipterocarpaceae

Di dalam negeri lebih dikenal dengan nama kayu Bangkirai, sedangkan di luar Indonesia lebih dikenal dengan nama Yellow Balau atau kadang hanya disebutkan Balau, yang sebenarnya merupakan nama dari Malaysia. Kayu ini hanya ditemukan banyak di Indonesia, Malaysia & Filipina.

Pohon
Bangkirai bisa berdiameter hingga 120 cm dan tinggi pohon mencapai 40 meter. Diamater rata-rata adalah 70-90cm.

Warna Kayu
Kayu berwarna kuning dan kadang agak kecoklatan, oleh karena itulah disebut yellow balau. Perbedaan antara kayu gubal dan kayu teras cukup jelas, dengan warna gubal lebih terang. Pada saat baru saja dibelah/potong, bagian kayu teras kadang terlihat coklat kemerahan.

Densitas
Kekerasan kayu Bangkirai cukup tinggi, antara 880-990 kg/m3 pada kekeringan MC 12%. Bahkan bisa mencapai 1050 kg/m3.

Pengeringan
Proses pengeringan Bangkirai dengan suhu normal adalah 12-25 hari. Resiko paling besar adalah kayu melengkung atau bahkan retak pada saat masih di dalam ruang oven.

Proses Mesin
Jenis serat dengan ikatan kuat, proses mesin akan cukup mudah dan halus, namaun setelah beberapa jam berada di udara terbuka, Serat Bangkirai memiliki kecenderungan terbuka dan 'melintir' sehingga kurang cocok untuk konstruksi yang membutuhkan kestabilan tinggi.

Namun karena kekerasannya, bangkirai sangat cocok untuk produk decking, outdoor furniture, konstruksi jembatan, pergola dan konstruksi berat lainnya.

reference: Cabana, sabana

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

25 Komentar

  1. Saya pernah cek di website kalau Bangkirai itu memang jenis bangkirai, tetapi kalu Kayu Balau itu adalah kayu Batu atau Red Balau. Yang benar yang mana ya? apa ada supplier Balau di Surabaya?
    Thank you.

    BalasHapus
  2. Di dalam istilah internasional, Balau merupakan nama keluarga dari Bangkirai. Ada beberapa supplier kayu Balau di Surabaya, walaupun mereka juga mendapat suplai dari kalimantan.

    BalasHapus
  3. Ya memang bangkirai itu ada 2 macam; yellow dan red. permintaan dari eropa yellow hampir 90%

    BalasHapus
  4. sya coba cari d internet, bangkirai itu balau, kayu batu mungkin karena bangkirai keras, red balau mungkin karena bangkirai luar merah, dalam kuning

    BalasHapus
  5. kalau di daerah jawa barat dimana yah bisa didapat? dan kalau untuk dipakai didalam air apakah mudah lapuk? thx

    BalasHapus
  6. bgmn bila bengkirai dipakai untuk kontruksi rangka atap? thanks

    BalasHapus
  7. dengan kekerasan kayu bengkirai yang cocok untuk outdoor, apakah masih cocok dengan suhu lembab seperti daerah puncak... Parket

    BalasHapus
  8. apa benar ada jenis kayu bangkirai merah ?

    BalasHapus
  9. apakah ada peraturan pemerintah yang melarang export outdoor furniture dari Kayu Bangkirai ?

    BalasHapus
  10. Sangat membantu sekali pak.. saya sedag belajar struktur kayu & tertarik menggunakan bangkirai sebagai bahan konstruksi saya..
    Oya pak, saya perlu sifat fisis, mekanis dan kimia dari kayu bangkirai, Apa Bpk punya data lebih tentang material ini Pak?
    Kalau tidak, dimana saya bisa mendapatkan Pak? Terima kasih

    BalasHapus
  11. Setahu saya yang di maksud dengan bangkirai merah adalah red balau atau nama lokalnya adalah meranti batu.

    Untuk penggunaan bangkirai sebagai rangka atap yang perlu di perhatikan adalah MC dibawah 20%.

    BalasHapus
  12. sepengetahuan saya red balau = meranti batu
    nama lokal di sumatra bagian selatan meranti babi, tenam tanduk.
    harga pasaran kisaran 6jt.
    kayu yg paling tahan air kayu ulin, pilih kayu ulin kalimantan atau sumatra jangan salah pilih ulin sulawesi (kayu besi/kayu lara) karna ulin endemik asli kalimantan dan sumatra bagian selatan

    BalasHapus
  13. NUmpang nanya Gan, apakah kayu damar laut itu sama dengan kayu balau / meranti? Trims...

    BalasHapus
  14. Di dep.kehutanan kita balau adlh salah stu jenus kayu perdagangan bernilai ekonomi tinggi.balau sndiri ada yg d sebut balau saja ada jg balau merah yg tergolong kdlm famili dypterocarpace dgn spesies shorea(meranti2an).spesies shorea sndiri terdiri dari dktar 70an genus(nama individu kau).damar laut adlh sbutan dr sumatrauntuk kyu balau sdgkn balau merah adlh damar laut merah.mmg jenis meranti2an ini sgt mirip antara satu dgn lainnya shngga perlu pengidentifikasian yg lbh rinci untk menentukan jemis satu pohonnya.bangkirai sndiri adlh slah satu jenis dr meranti2an yg jg mirip dgn balau merah.bangkirai sndiri biasanya terasnya berwarna merah dan gubalnya wrna kuning atau agak kemerehan terganting umur kayu tsb.namun utk penggunaan konstrukai rumah betupa kusen dll biasanya bengkirailah yg dipakai krna lbh tahan kelembaban sedangkan jnis balau dan balau merah masih krg unggul d banding bangkirai.mmg penamaan jenis kayu d indonesia sgt d pengaruhi oleh penamaan daerah shgga penamaan ky tsb utk d daerah jawa yg mmg bkan habitatnya sering bercampur aduk apalagi kyu tsb mmg mirip krna masih satu spesies/marga.

    BalasHapus
  15. Sangat Informatif...
    Terima kasih

    BalasHapus
  16. Mohon bantuan informasinya. Apakah kayu bengkirai (yellow balau) untuk keperluan timberdeck outdoor (di area pantai)perlu untuk dilakukan proses oven oleh mesin?
    dan berapa kadar air kayu yang diperoleh dengan dilakukan oven oleh mesin?
    Jika tidak perlu dilakukan peng-oven-an mohon info alasan hal tersebut tidak perlu dilakukan.
    Terima kasih....

    BalasHapus
  17. Supplier kayu merbao dari Papua harga termurah dan full dokumen siap suplay dalam jumlah besar dan rutin dalam berbagai ukuran lokal dan export
    Utk penawaran terbaik Hub langsung kami
    081219712226 Suhaelly
    PT.Sariwana Unggul Mandiri. Sorong Papua Barat

    BalasHapus
  18. Jenis kayu ini -bangkirai memang sangat cocok dijadikan sebagai struktur rangka untuk perakitan Rumah Kayu!!

    BalasHapus
  19. berapa persentase kekeringan untuk kayu meh/suar ?

    BalasHapus
  20. Dijual mesin plywood, hot press, cold press, mesin log debarker, mesin glue spreader 5 feet dan 9 feet,

    BalasHapus
  21. Penjualan mesin plywood hub 081332020682, hot press 500ton, mesin cold press, mesin glue spreader, mesin debarker, mesin planner single dan double.

    BalasHapus
  22. Sy pusing dengan nama bangkirai/yellow balau vs balau vs balau merah. Apakah ini kayu yg sama atau berbeda pk??? Soalnya kami sdang bangun RTG kayu. Dan sisarankan bangkirai. Tapi d lapangan kami mnemukan ada yg kuning dan ada yg merah. Apa itu sama2 satu jenis yaitu bangkirai?

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama