Memilih Kaca untuk Furniture

Ada berbagai macam kaca yang bisa dipakai untuk melengkapi desain furniture. Akan tetapi penting bagi kita untuk mengenal jenis kaca yang baik dan sesuai untuk furniture sehingga kaca akan berfungsi sesuai yang diharapkan.

Kaca Biasa
Bening dan tranparan, murni tanpa ada tambahan material lain sebagai pengaman atau peredam cahaya. kaca ini biasanya dipakai pada jendela atau pintu. Sesuai untuk bagian pintu-pintu kecil pada furniture atau bingkai foto.

Energy Efficient Glass
Terdapat lapisan tipis pada salah satu sisinya (bisa berupa sticker atau film) yang berfungsi untuk merefleksikan cahaya matahari dan meredam panas di sisi sebaliknya. Kaca ini biasanya digunakan pada gedung bertingkat. Untuk penggunaannya pada furniture dan interior masih sangat jarang, hanya beberapa orang menggunakannya untuk kaca pintu almari dapur.

Safety Glass (tempered glass)
Jenis kaca ini akan hancur berkeping-keping ketika pecah sehingga tidak membahayakan keselamatan pemakai di sekitarnya. Proses pembuatan kaca ini harus dipotong dahulu sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan dan dihaluskan. Lalu kaca tersebut akan dipanaskan pada suhu tinggi (kurang lebih 620 C) dan didinginkan seketika.
Safety glass sangat cocok untuk pintu dengan rangka yang cukup besar dan top table meja makan atau meja ruang tamu. Atau di tempat yang memiliki resiko pecah cukup tinggi yang tidak membahayakan.

Laminated Glass
Seperti namanya, kaca ini dibuat dengan cara melekatkan dua atau lebih lembaran kaca dengan lapisan film perekat di tengahnya. lapisan film ini (transparan) akan mengikat kaca tersebut apabila terjadi pecah sehingga kaca tidak langsung hancur berantakan namun akan tetap menjadi kesatuan. Ini sanagat baik untuk keamanan penggunaan.
Kaca yang digunakan untuk laminated glass bisa berupa kaca biasa atau safety glass.

Kaca Cermin
Biasanya terbuat dari kaca dengan ketebalan antara 4-6mm (tempered atau tidak tempered). Kemudian pada bagian belakangnya dilapisi cairan perak atau aluminium.
Cermin untuk pintu almari yang tidak di lengkapi dengan rangka sebaiknya menggunakan bahan safety glass dan diaplikasikan dengan lem khusus kaca terhadap dasar plywood sehingga aman bagi pemakai.

0 comments :

Tuliskan pendapat anda...