Inovasi Industri Perkayuan di tahun 2024

Setiap lini produk mengalami evolusi dan perbaikan di berbagai fitur maupun performanya, tidak ketinggalan pula pada peralatan dan perlengkapan pada industri kayu. Seperti yang kami kutip dari majalah kayu 'wood magazine' yang merilis daftar inovasi terbaru pada awal tahun ini, kami merangkumnya di sini untuk anda dan berharap produk-produk tersebut bisa diperoleh di Indonesia.

Inovasi yang dilakukan tentunya untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik, akurasi lebih tinggi, bekerja lebih efisien dan lebih aman bagi pekerja kayu.


Pisau router dengan pelat garis tengah dari Microjig



Pisau router revolusioner yang dirancang untuk meningkatkan proyek pengerjaan kayu pada sambungan sudut verstek atau miter. pisau router ini memungkinkan membuat sambungan sudut kayu yang rumit dengan hasil presisi yang tinggi.

Pisau profil tradisional memerlukan pengaturan posisi yang rumit dan harus melakukan trial & error untuk mendapatkan hasil yang tepat. Dengan pisau router FitFinder ini cukup dengan mengatur posisi 'pelat garis tengah' pada pisau router dan memposisikannya tepat pada bagian tengah tebal kayu.

Untuk pengaturan yang lebih akurat dan tepat, alat bantu FitFinder 1/2 Gauge menjadi alat tambahan yang ideal.


Jig mesin router untuk membuat dobel dowel-pen



Kabarnya alat ini dikembangkan oleh penemunya setelah kembali dari benua Afrika, di mana usahanya untuk membuat kursi dan meja gagal karena bahan kayu yang terbatas untuk membuat produk sesuai desain yang diinginkan.

Jig tersebut akan menghasilkan bagian konstruksi dengan dua pen berbentuk dowel dengan diameter 10 hingga 25 milimeter. Dan menggunakan pisau router lurus berdiameter 20 milimeter.

Pengoperasiannya terlihat cukup sederhana, yakni dengan menjepit batang kayu secara vertikal pada jig, lalu mendorongnya pada mata pisau pada mesin router. Kemudian pada titik pemberhentian pada jig, putar benda kerja satu putaran mengikuti posisi jig. Balikkan posisi benda kerja, lalu ulangi proses yang sama.


Penghantar ripsaw otomatis dari Rip-It



Peralatan ini berupa penghantar benda kerja yang disematkan pada mesin ripsaw dan memiliki motor yang secara otomatis bergerak ke posisi sesuai ukuran yang ditentukan melalui layar sentuh.

Para pekerja kayu diperkirakan akan menyukai Rip-it karena sangat menghemat waktu. Menurut riset yang mereka lakukan, menunjukkan bahwa pekerjaan penggergajian berjalan lebih cepat enam kali lipat jika menggunakan Rip-it. Dan kesalahan pengukuran atau potong juga berkurang.

Alat baru ini masih dalam proses produksi dan hanya tersedia di pasar mulai musim semi 2024.


Pelat penghantar dan debu, Rockler


Tidak ada lagi debu atau tatal kayu yang beterbangan saat bekerja dengan mesin router tangan. Plat penghantar dan penahan debu dari Rockler ini dirancang untuk mengurangi loncatan debu dan tatal terutama pada saat membuat profil samping yang biasanya menghasilkan lemparan debu yang banyak.

Rockler merupakan produsen ternama urusan peralatan bantu untuk pekerjaan kayu, dan pelat penghantar ini dilengkapi dengan pipa penghisap debu (terpisah) yang sangat mudah dipasang secara bersamaan.


Table saw bertenaga baterai



Gergaji lingkaran ini berukuran cukup kompak sesuai fungsinya yang portabel. Table saw dari Festool ini dilengkapi baterai berkapasitas 18 volt dengan ukuran sekitar 51 x 40 x 30 sentimeter (panjang x lebar x tinggi), dengan berat hanya 15 kilogram.

Walaupun ukurannya terbilang kecil, table saw ini mampu mengolah benda kerja dengan lebar hingga 45 cm, dan untuk benda kerja tebal hingga 48 milimeter. Melihat harga jualnya di AS mencapai 24 juta rupiah (sekitar 1500 dolar AS), termasuk cukup mahal untuk industri kecil dan menengah, namun keserbagunaan dan mobilitas alat ini cukup tinggi.

---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama