FSC Menerbitkan Versi Terbaru FSC-STD-30-010 V(3-0)

Di awal tahun 2024, Forest Stewardship Council (FSC) menerbitkan versi terbaru standar pengelolaan hutan terkendali FSC-STD-30-010 V(3-0) dengan perubahan cukup besar pada struktur dan isi standar. Versi ini menggantikan standar versi sebelumnya V2-0.

Revisi ini dipicu oleh strategi mengenai sertifikasi FSC untuk produk campuran dan kayu terkendali. Strategi ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada semua bahan kayu yang terkontrol (Controlled Wood) dan memungkinkan pendekatan bertahap menuju sertifikasi pengelolaan hutan secara penuh.


Img: abcmanagedservicesuk

Standar versi terbaru ini menetapkan persyaratan dasar yang berlaku di tingkat pengelolaan hutan bagi organisasi untuk menunjukkan bahwa bahan yang diproduksi dan dipasok dari unit pengelolaan tersebut memenuhi persyaratan yang ditentukan dalam 5 kategori sebagai berikut:

  • Pengelolaan dan perdagangan hasil hutan yang menghormati dan menjunjung tinggi legalitas;
  • Pengelolaan hutan yang menghormati dan menjunjung tinggi hak adat setempat dan hak asasi manusia, termasuk hak-hak yang didefinisikan dalam Deklarasi ILO tentang Prinsip-Prinsip dan Hak-Hak Mendasar di Tempat Kerja;
  • Pengelolaan hutan yang menjaga atau meningkatkan nilai sosial, budaya, lingkungan, dan nilai konservasi tinggi atau High COnservation Values (HCV);
  • Pengelolaan hutan yang mencegah deforestasi dan degradasi;
  • Pengelolaan hutan yang bebas dari Genetically Modified Organism (GMO).


Standar tersebut akan mulai diberlakukan pada 1 Juli 2024. Lebih detail tentang dokumen standar dalam bahasa Inggris bisa diunduh di sini.

---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama