Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mesin Perkayuan

Saat Anda ingin membeli mesin perkayuan untuk memulai bisnis Anda atau untuk menambah investasi peralatan produksi, Anda pasti menginginkan investasi terbaik untuk uang yang akan dibelanjakan. Untuk mencapai hal itu, pastikan untuk selalu mempertimbangkan berbagai jenis mesin perkayuan sebelum mengambil keputusan yang berisiko.

Kejelasan tentang jenis bahan baku, jenis kayu yang akan digunakan, serta jenis produk yang diproduksi sangat membantu menentukan peralatan yang paling cocok untuk lini produksi yang diperlukan. Artinya, jika produk furniture akan lebih banyak menggunakan kayu lapis, maka pilihan mesin akan sedikit berbeda dibandingkan jika anda akan lebih banyak menggunakan kayu solid.


Sebuah mesin otomatis yang ditampilkan pada pameran mesin perkayuan BIFA

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mesin kayu.

1. FUNGSI

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah apakah mesin yang dipilih telah memenuhi kebutuhan untuk produksi? Atau hanya karena menyukai fitur-fiturnya yang beragam, atau bahkan lebih menyukai karena mereknya, meskipun alat tersebut tidak memenuhi kebutuhan?

Misalnya, jika bisnis Anda baru mulai untuk menjalankan proyek kecil, sebaiknya berinvestasi pada mesin kombinasi atau mesin dasar seperti mesin bor, gergaji lingkaran untuk memotong/membelah, dan mesin serut yang berskala kecil. Dan sebagai alternatif, jika kapasitas produksi telah menjadi lebih besar, bisa dikembangkan untuk berinvestasi pada mesin yang bertenaga lebih besar.

Jadi Anda perlu memulainya dengan memutuskan jenis mesin apa yang akan dibeli sesuai fungsi mesin, dan daftar mesin dasar berikut ini bisa anda gunakan sebagai referensi, serta telah disusun sesuai prioritas untuk mengolah kayu.

1. Table Saw - Mesin gergaji lingkaran untuk membelah atau memotong kayu
2. Band Saw - Mesin gergaji pita untuk membelah/memotong papan kayu dalam bentuk lengkung
3. Planer - Mesin serut untuk menghaluskan permukaan kayu
4. Vertical Drill - Mesin bor dengan posisi vertikal
5. Jointer/Spindle - Atau mesin frais samping - untuk membuat alur, pen sambungan, dan lainnya.


2. RUANG BENGKEL

Jika jenis mesin sesuai fungsinya telah ditentukan, pertimbangkan luas area yang tersedia ruang produksi. Faktor paling penting adalah risiko keselamatan operator mesin dan pekerja di sekitarnya. Untuk itulah pilih ukuran fisik mesin perkayuan - yang nantinya berkaitan dengan energi yang diperlukan dan kapasitas produksi - yang masih bisa menyisakan ruang gerak dan tempat untuk meletakkan benda kerja dengan rapi, tidak terlalu berdekatan dengan peralatan lainnya.

Di samping itu ketersediaan energi listrik atau sumber energi lainnya yang memadai untuk kebutuhan mesin harus dipertimbangkan juga agar Anda tidak harus membuat investasi tambahan meningkatkan daya listrik atau pasokan energi lainnya. Tidak kalah pentingnya integrasi ruang mesin baru dengan proses produksi lainnya agar jalur produksi tetap efisien.


3. ANGGARAN BIAYA

Bujet atau anggaran biaya adalah salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin kayu. Meskipun memilih mesin baru atau bekas, tetap saja harga mesin perkayuan tidaklah murah, terutama dengan nilai konversi mata uang asing yang cenderung meningkat. Tidak jauh berbeda dengan faktor lainnya, mesin kombinasi akan lebih hemat pada saat mulai berinvestasi, namun produktivitasnya lebih rendah dari mesin terpisah, dan bisa jadi biaya perawatannya lebih tinggi daripada mesin standar biasa.

Namun jika Anda menggunakan single-machine, kualitas hasil pengerjaannya akan lebih baik, yang artinya juga akan berpengaruh pada kualitas produk yang dihasilkan. Produk berkualitas tinggi secara otomatis akan meningkatkan efisiensi produksi dan akhirnya bisa meningkatkan profit dari penjualan produk yang lebih baik.

Merek terkemuka yang banyak dikenal oleh para pelaku industri kayu biasanya akan selalu lebih mahal, tetapi untuk kadang-kadang mereka yang spesialis pada tipe mesin tertentu akan memiliki harga lebih baik. Sangat penting bahwa membeli mesin perkayuan bukan sekedar karena harganya paling rendah, tetapi harga terbaik yang sesuai dengan nilai mesin.


4. OPERASIONAL & PERAWATAN

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah bahwa mesin mustinya mudah dioperasikan dan perawatannya tidak terlalu rumit. Carilah penjual mesin yang memiliki sarana pelatihan untuk setiap operator baru dan memiliki fasilitas pelayanan untuk pemeriksaan mesin secara berkala.

Layanan purna jual tidak boleh dilupakan, carilah partner penjual mesin yang memiliki pelayanan purna jual, dan akan sangat baik apabila mereka juga bisa menyediakan stock spare part mesin dengan cepat di saat anda akan membutuhkannya.


5. FITUR KEAMANAN

Bagian ini dilihat paling akhir, tetapi menjadi bagian paling penting selain empat hal yang telah disebutkan sebelumnya. Pada langkah ini pilihan jenis mesin, ukuran fisik dan tenaga mesin, dan bahkan mungkin harga telah mengarah pada tipe dan merek tertentu. Saatnya melihat lebih detil dan cermat mengenai fitur keamanan yang dimiliki oleh mesin.

Anda harus memastikan bahwa mesin kayu memiliki fitur keamanan yang benar-benar bisa bekerja dengan baik dan tersedia lengkap di dalam paket pembelian. Lakukan percobaan operasional pada mesin tersebut dengan hati-hati, dan harus dibantu oleh operator profesional yang telah mengerti dengan baik seluruh langkah operasional mesin tersebut.


Pada akhirnya bahwa investasi mesin kayu harus bisa memberikan keuntungan bagi pemilik mesin, jadi lakukan dengan hati-hati seluruh perhitungan biaya dan keuntungan balik pada investasi tersebut. Jika perlu, tambahkan beberapa 'checklist' mengikuti 5 hal pokok di atas, dan berikan penilaian antara 1 - 10 poin pada setiap checklist. Jenis mesin dan merek yang memiliki nilai tertinggi bisa menjadi prioritas pertama untuk memulai investasi.


Table saw dengan pelindung bilah gergaji dengan saluran penghisap debu

---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama