Kayu Eucalyptus Grandis (Myrtaceae)

Kayu Eucalyptus memiliki cukup banyak variasi spesies,, dari jenis yang memiliki kepadatan mulai 400 kg/m3 hingga dengan kepadatan tinggi mencapai 900 kg/m3. Kayu Eucalyptus Grandis merupakan jenis medium dengan kepadatan antara 450-650 kg/m3.
Kayu Eucalytpus Grandis kebanyakan digunakan untuk bahan baku furniture outdoor, plumber, flooring, kabinet dapur atau kayu lapis.

Spesies kayu ini tidak termasuk di dalam list CITES appendices, sebuah daftar nama kayu yang dilindungi dan dilarang untuk ditebang.


Pohon Eucalyptus bisa tumbuh hingga ketinggian 30 meter, dengan diameter 1 - 1,2 meter. Namun saat ini beberapa pengelola hutan telah mulai menebang saat pohon memiliki diamater 80 cm. Bentuk kayu log Eucalyptus cukup silindris, sehingga mudah untuk diproses di dalam penggergajian. Selain itu juga yield (rendemen) cukup tinggi, sehingga volume kayu yang bisa digunakan bisa lebih optimal.
Namun karena kurang padat, kayu Eucalyptus Grandis harus dikeringkan dengan proses yang benar agar tidak mudah pecah sebelum diproses di dalam produksi furniture.

Botanical Name:
Eucalyptus Grandis

Family Name:
Myrtaceae

Pohon
Banyak ditanam di dalam hutan yang dikelola di Amerika Selatan (Brazil, Uruguay). Pohon Eucalyptus Grandis Walnut bisa tumbuh hingga ketinggian 20 - 30 meter dengan diameter batang pohon antara 100 - 120 sentimeter.

Warna Kayu
Warna kayu mulai dari pink salmon hingga merah kecoklatan yang agak gelap. Warna kayu bisa menjadi lebih gelap saat terkena air atau bahan finishing yang meresap.

Kepadatan Kayu
Rata-rata 410 - 600 kg/m3.

Proses Mesin dan Konstruksi
Umumnya cukup mudah untuk dikerjakan dengan mesin walaupun mudah pecah. Cukup baik untuk bentuk komponen yang lurus.



Kayu gelondongan Eucalyptus Grandis sebelum penggergajian

---

Tentang KAYU

Karena Kayu Lebih Ramah Lingkungan.

5 Komentar

  1. Kami mencari kayu Eucalyptus grandis untuk wood working dengan pangsa pasar luar negeri. Mohon info dimana kami bisa mendapatkan info kayu tsb. Kami bisa dihubungi di nomor HP. 0811648084 (Goh J.H)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di semarang banyak kayu yg datang dari luar pulao jawa

      Hapus
  2. ada bosku di makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bolehkah saya minta nomor hp anda

      Hapus
  3. saya ada sekitar kurang lebih 100 batang..umur kayu suda mencapai 13 tahun

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama