Desain & Fungsi Produk Ini Menonjolkan Kayu Sebagai Material Serbaguna

Kayu telah digunakan untuk membuat furniture dan produk di dalam rumah lainnya selama ribuan tahun karena banyak tersedia dan mudah didapatkan di mana-mana, tahan lama, dan terbukti serbaguna.

Sebagai bahan yang ramah lingkungan dan bisa diperbarui, kayu merupakan pilihan bahan berkelanjutan yang sangat populer di kalangan desainer, terutama produk furniture. Kayu memiliki karakteristik alami yang sangat menarik dan bervariasi sesuai jenis dan spesies pohon, serta sangat mudah dilapisi dengan bahan finishing seperti cat atau pernis/vernis.

Dari produk kursi hingga dekorasi interior, kami merangkum 10 desain & fungsi produk kayu yang membuktikan bahwa material kayu sangat serbaguna dan memiliki banyak fungsi karena sifat fisik dan karakter yang unik. Contoh produk-produk ini terbuat dari berbagai jenis kayu seperti Cheri, Oak, Walnut, Beech, Maple, dan kayu Akasia.


1. Meja marmer BRONTE

Warna kayu memberi kesan hangat dan suasana yang nyaman. Kombinasi bahan kayu sangat cocok dipasangkan dengan batu marmer yang berwarna terang dan terkesan gagah. Berat jenis batu jauh lebih tinggi daripada kayu, tetapi material kayu memungkinkan untuk dibuat struktur yang kuat untuk menahan beban berat dengan tetap menjaga kesan lembut dan alami.

Pada penggunaan lainnya yang menunjukkan kayu sebagai material struktural, kayu bahkan menjadi bahan pilihan utama untuk membangun rumah dan jembatan.

Meja makan dengan top marmer yang berat/loungelover


2. Bangku kayu MODEL 5

Bangku kayu yang indah ini tidak hanya serbaguna untuk digunakan, tetapi juga merupakan tambahan yang bagus untuk interior. Bangku setinggi 50 cm ini terbuat dari batang pohon besar yang tersisa dari pohon setelah ditebang. Dari batang yang sama tanpa sambungan, kayu diukir sedemikian rupa berbentuk seperti spiral. Hal ini menunjukkan bahwa kepadatan kayu, beserta ikatan partikelnya sangat kuat tetapi mudah diolah menjadi bentuk yang diinginkan.


Stool Model 5/xyleia.eu


3. Bangku BARLOVENTO

Berawal dari sebuah inspirasi untuk membuat furniture berkesan ringan, bangku ini dibuat dari kayu solid jenis Oak dari Amerika. Desainernya menggunakan teknik pembengkokan kayu dengan pemanasan uap (steam wood bending) yang biasa digunakan untuk membuat kapal. Perhatikan bagian kakinya yang berasal dari balok utuh yang panjang dan tipis dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi bagian kaki samping yang utuh tanpa sambungan.

Steam bending adalah teknik pengerjaan kayu di mana kayu akan menjadi lentur saat terpapar uap. Panas dan uap air yang cukup dapat melunakkan serat kayu sehingga dapat ditekuk dan dibengkokkan, dan ketika didinginkan, kayu akan mempertahankan bentuknya yang baru.


Bangku Barlovento dibuat dari kayu Oak/core77


4. Kursi malas 4PM

Kursi malas bernama 4PM (Jam 4 sore) ini memiliki bagian melengkung dan datar, dirancang untuk mendapatkan kenyamanan terbaik tanpa harus menggunakan busa pelapis. Dibuat dari bahan kayu solid pada struktur kakinya, dan kayu lapis pada dudukan hingga sandaran kaki.

Produk ini memperlihatkan bahwa material kayu bisa diolah seperti lembaran lebar namun tipis, dan berlapis dengan bentuk sesuai kebutuhan tanpa mengorbankan aspek keindahan dan kekuatannya.


4PM Chaise Lounge/Massproductions


5. Kursi ELSIE

Kursi ini dibuat dari kayu jenis Oak, dengan mempertimbangkan bentuk yang lembut dan bulat. Kursi ini memiliki tempat duduk setengah lingkaran yang luas dengan komponen kayu berbentuk bulat yang membentuk sandaran melengkung sehingga nyaman untuk punggung.

Dari konstruksi dan bentuk komponennya, terlihat bahwa kayu bisa diolah dalam bentuk yang sulit dan tetap memiliki kekuatan dan keindahan yang menakjubkan.


Kursi Elsie dari studio Appareil Atelier


6. Jam digital KARLSSON TUBE

Kelihatannya seperti sebuah balok kayu biasa, tetapi jika diperhatikan lebih dekat, penunjuk waktu digital adalah merupakan lampu di dalam balok tersebut yang cahayanya terpancar menembus vinir kayu yang sangat tipis.

Produk ini menunjukkan walaupun kayu memiliki kepadatan yang cukup tinggi, namun serat vinir kayu yang sangat tipis masih kuat dan terikat dengan baik dan rongga halus di antara serat kayu memberi ruang yang cukup untuk cahaya bisa menembus pori-pori kayu.

Jam alarm digital dibuat dari vinir kayu/KarlssonTube



7. Kursi ROUNDWOOD

Struktur kursi ini tergantung pada satu buah sandaran punggung yang berbentuk melengkung, dengan kedua bagian sampingnya memanjang terhubung pada kaki depan dan kaki belakang sebagai sandaran tangan. Teknik ini sangat sulit dan membutuhkan presisi tinggi, serta harus dilakukan dengan mesin laminasi khusus untuk melapiskan beberapa lembar vinir.

Kayu bisa disayat menjadi lembaran tipis berupa vinir dan beberapa lapis vinir bisa direkatkan menjadi papan kayu yang tebal (plywood). Tidak hanya berbentuk standar persegi panjang, lapisan-lapisan tersebut juga bisa dibuat berbentuk lengkung atau kurva pada saat pengeleman, dan saat mengering, kayu akan berada dalam bentuknya yang baru.


Kursi Roundwood/img: Wood Awards


8. Tong kayu untuk ANGGUR

Bahan kayu menjadi salah satu kunci dalam suksesnya proses pembuatan minuman anggur atau wine di dalam tong kayu. Kayu memberi senyawa rasa - termasuk aroma vanila, cengkeh dan kelapa. Selain itu bahan kayu memungkinkan masuknya oksigen secara perlahan ke dalam cairan anggur - sebuah proses yang membuat anggur lebih halus dan tidak terasa sepat.

Dan yang paling penting bahwa kayu menyediakan lingkungan yang cocok untuk terjadinya reaksi metabolisme tertentu (khususnya Fermentasi Malolaktik) yang membuat anggur terasa lebih lembut.


Wood barrel atau tong kayu terbuat dari kayu Oak


9. Kotak SPEAKER

Kayu secara alami bersifat akustik, merupakan salah satu bahan terbaik untuk kotak speaker bagi penggemar audio. Kayu memberi energi, beresonansi, dan membawa getaran suara dengan penuh semangat. Kotak speaker yang terbuat dari kayu akan terdengar bagus, bahkan dalam banyak hal, terdengar lebih baik daripada bahan alternatif.

Bahan yang lain akan membuat gelombang suara menjadi 'mati', memblokir suara yang dinamis. Sedangkan bahan kayu solid, MDF, atau plywood akan memantulkan suara dan membuat aspek music dan lagu menjadi lebih hangat.


Kotak speaker terbuat dari kayu solid/Iwistao

Baca juga:
Bahan Kayu Terbaik Untuk Kotak Speaker


10. Mainan kayu TEKOR

Kepadatan yang cukup tinggi membuat kayu lebih kuat, lebih tahan lama, dan tidak mudah patah atau penyok. Beberapa benda kayu tidak akan pernah penyok saat berbenturan dengan benda kayu lainnya atau saat jatuh ke lantai. Kayu memberi ruang untuk membuat bentuk figur yang halus, dan juga bisa menyerap dan menjaga warna dengan baik.

Material kayu bisa dibentuk apapun dengan berbagai cara mengikuti detail figur mainan yang dibuat. Beberapa potongan bisa berbentuk seperti bola, kubus, balok, prisma, silinder atau bentuk kombinasi lainnya sangat mudah diciptakan menggunakan bahan kayu.


Set mainan koleksi binatang yang bisa ditekuk/Amazon

Tentang KAYU

Karena Kayu Lebih Ramah Lingkungan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama