AS Memulai Penyelidikan Anti-dumping dan Anti-subsidi pada Kabinet Kayu dari Vietnam

Departemen Perdagangan AS, atau disebut DOC (The US Department of Commerce) telah memulai penyelidikan terhadap kabinet kayu buatan Vietnam, termasuk lemari dapur dan kamar mandi, yang menggunakan sebagian komponennya dari Tiongkok, menurut sumber dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan.

Keputusan tersebut diambil sesuai dengan aturan pengenaan bea masuk antidumping dan antisubsidi AS terhadap produk asal Tiongkok.


Photo: Pekerja pabrik furniture di Vietnam

Menurut data awal dari Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat, pada tahun 2021, nilai ekspor produk Vietnam ke AS yang diselidiki akan mencapai sekitar 2,7 miliar dolar AS.

Kasus terhadap produk made-in-Vietnam ini diajukan oleh American Kitchen Cabinet Alliance, yang mewakili beberapa produsen kabinet kayu di AS. Aliansi tersebut telah meminta DOC untuk memperpanjang bea anti-dumping dan anti-subsidi untuk kabinet kayu yang dirakit di Vietnam dan diekspor ke AS.

Untuk membantu kontinuitas bisnis yang memproduksi/mengekspor kabinet kayu di Vietnam yang sedang diselidiki, Departemen Penanganan Perdagangan di bawah Kementerian Vietnam merekomendasikan agar para pemangku kepentingan secara aktif meninjau kegiatan ekspor mereka dan meneliti peraturan, pesanan, dan prosedur untuk investigasi kasus ini yang dilakukan oleh Amerika Serikat.

Kementerian menyarankan perusahaan Vietnam untuk secara aktif bekerja sama, memastikan koordinasi yang erat dengan badan investigasi selama proses kasus dan memberi dukungan tepat waktu, serta memastikan hak dan kepentingan yang sah dari pebisnis selama penyelidikan.

Sumber: Vietnamnews, VCCI, Woodworkingnetwork

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post