12 Perabot Kayu & Mainan Anak Yang Sangat Intuitif

Sejak masa pandemi di awal 2020, banyak keluarga terpaksa berada di rumah atau bekerja dari rumah, dan anak-anak tidak bisa pergi ke sekolah. Dari masa sulit tersebut, para desainer terutama untuk perabot dan mainan anak telah membuat banyak sekali produk baru untuk menjaga aktivitas anak di rumah tetap sehat dan produktif sesuai dengan usia perkembangan mereka.

Kami merangkum 12 perabot kayu dan mainan anak-anak yang sangat intuitif dan bisa anda jadikan sebagai panduan untuk memilih saat membeli mainan kayu buat anak Anda atau untuk membuat produk baru dengan konsep yang identik sehingga bisa diproduksi di bengkel anda atau pabrik kayu di Indonesia.


1. Gajah Berjalan

Kalau mainan kuda-kudaan tradisional biasanya hanya bergoyang ke depan dan belakang, model berbentuk gajah ini bisa benar-benar berjalan!
Jadi selain akan memberikan semangat buat si kecil untuk lebih banyak bermain dengannya, mainan ini juga akan membantu keseimbangan, ketrampilan motorik, dan koordinasi bagian tubuh lainnya.

Yang lebih menarik adalah bahwa sebagian dari hasil penjualan mainan ini akan disumbangkan kepada sebuah yayasan di Thailand yang bertugas untuk melindungi gajah.
Dibuat dari kayu karet dan direkomendasikan untuk anak umur 2-5 tahun.


ThePlanToys

Ulasan teknis:
Mainan ini diproduksi dengan teknologi tinggi menggunakan beberapa lapisan vinir kayu yang dibentuk melengkung sesuai dengan desain. Untuk membentuk lengkungan khusus tersebut diperlukan cetakan dan diproses dengan mal dan mesin pres khusus.
Sistem mekanik di bagian dalamnya memungkinkan kaki depan dan belakang bergerak ke depan saat anak menggerakkan badan ke samping kiri atau kanan.



2. Full Set - Pemanjat Kayu

Mainan kayu ini dirancang oleh sekelompok ayah, yang memikirkan pentingnya bermain di masa kanak-kanak, dan ingin membuat sebuah mainan yang menyenangkan.

Dengan semua kombinasi komponen yang berbeda, anak Anda akan sibuk untuk memanjat, melompat, merangkak, membangun susunan mainan, meluncur dengan perosotan, atau bersenang-senang dengan sekedar melompat di atas unit mainan ini.
Terbuat dari papan buatan kayu Baltic Birch dengan bahan hardware dari stainless steel. Bahkan setelah selesai bermain, sangat mudah untuk dilipat dan disimpan di ruang penyimpanan.


TheTot

Ulasan teknis:
Bahan dan konstruksinya cukup sederhana menggunakan kayu solid dan plywood dengan komponen mirip furnitur berupa tangga, kotak, dan perosotan. Yang paling penting adalah konstruksi antar komponen harus menggunakan hardware yang kuat dan bebas dari sudut logam yang tajam.


Baca Juga: Periksa Ini Sebelum Membeli Mainan Kayu Untuk Anak Anda



3. Mengenal Laut Dalam

Mainan ini dirancang dengan indah dan artistik yang terinspirasi oleh makhluk hidup sebenarnya dan imajinatif yang berada di lautan dalam, seperti putri duyung, kepiting, cumi-cumi, ubur-ubur, kerang, batu karang, dan banyak jenis ikan.
Anak balita akan tertarik untuk mengeksplorasi dunia laut dalam dengan bentuk yang bermacam-macam dan warna-warni yang menarik.

Jika mainan ini tidak digunakan, bisa dijadikan sebagai hiasan atau dekorasi rumah.



Maisonette

Ulasan teknis:
Membuat mainan seperti ini sangatlah rumit dan harus ekstra hati-hati karena terdiri dari banyak sekali komponen kecil yang bisa berisiko membahayakan anak-anak. Selain proses pembuatannya memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi, detil pewarnaan dan artistiknya memerlukan sentuhan seni yang menarik.
Diperlukan sekitar 20-30 menit untuk merakit mainan ini.




4. Soccer Game

Mainan soccer biasanya berukuran besar, kali ini dibuat sebesar ukuran nampan sehingga mudah dipindahkan dan tidak terlalu berat. Sangat intuitif karena mainan ini bisa membantu perkembangan kontrol tangan selain juga menyenangkan untuk sesekali bermain bersama orang tua atau saudara.

Bagian dasar dibuat dari plywood melengkung dan gawang hanya berupa sebuah lubang di tengah yang pastinya akan lebih sulit untuk mencetak gol, tapi tetap menyenangkan. Bagian lainnya dibuat dari kayu solid dan besi.


LittleWonderandCo

Ulasan teknis:
Lapisan beberapa vinir tipis yang dibentuk sesuai model desain. Mainan ini diproduksi dengan teknologi dan akurasi yang tinggi.  


5. Montir Mobil

Mainan intuitif berbentuk bagian depan mobil Jeep yang unik dari PlanToys. Terbuat dari plywood dan kayu solid yang diwarna natural dan bagian-bagiannya menawarkan fitur realistis - roda kemudi/setir, perpindahan gigi, klakson, rem, kunci mobil yang dapat diputar, AC, radio, kaca spion, dan lainnya. bahkan bisa digunakan untuk mengganti roda!

Dan semua peralatan tersebut bisa disimpan di bagian kap depan mobil.

ThePlanToys

Ulasan teknis:
Proses pembuatan mainan ini sangat rumit. Tidak hanya tingkat kesulitan tinggi pada proses pembentukkan setiap komponennya, akan tetapi juga pemilihan bahan kayu dan vinir yang harus ekstra hati-hati. Anda akan membutuhkan skill pertukangan kayu yang cukup tinggi untuk bisa membuat mainan ini dengan kualitas yang cukup memuaskan.

Namun demikian, dengan detil yang sangat cermat pada desain mainan ini, akan terbayar dengan kesenangan bermain dan kepuasan tersendiri dalam proses pembuatannya. 


6. Menara Balita

Perabot ini untuk membantu balita yang ingin membantu orangtuanya bekerja di meja dapur atau tempat mencuci piring. Menara ini berukuran 91 (T) x 42 (L) x 50 (P) cm.

Menara ini memiliki platform atau pijakan kaki dengan ketinggian yang berbeda untuk menyesuaikan tinggi dan usia anak. Mereka pasti akan senang sekali bisa melakukan pekerjaan dapur bersama orang yang mereka sayangi.


Hart + Land

Ulasan teknis:
Secara konstruksi dan proses pengerjaan, perabot ini tidak termasuk yang sulit untuk dikerjakan, tetapi detil pemilihan jenis hardware dan detail ukurannya sangat mempengaruhi kualitas.
Jadi jika anda ingin membuat model serupa, perhatikan kualitas sekrup dan ukuran lubangnya dengan cermat.


7. Alat Music

Alat music ini diberi nama Lili Llama, sesuai dengan bentuknya yang mirip Llama, binatang yang mirip onta.
Mainan ini menjadi meraih penghargaan Platinum di Portofolio Mainan Oppenheim 2019, dan menjadi finalis Toys of the Year sebuah mainan kayu musical yang mengemas banyak aktivitas musik yang hebat, suara musik yang menyenangkan dan secara visual sangat menarik. Secara naluriah, anak-anak akan mulai melatih koordinasi tangan dan mata untuk menghasilkan bunyi. Set mainan alat musik ini termasuk gambang musik sebanyak 5 batang, 2 bilah di sampingnya yang mirip selimut pelana sebagai drum dan palu kayu yang tersimpan di kepalanya.

Mainan aktivitas kayu yang menyenangkan ini sangat bagus untuk memperkenalkan musik kepada si kecil dan untuk mendorong perkembangan motorik dan stimulasi pendengaran anak-anak.

Manhattan Toy

Ulasan teknis:
Model Llama ini salah satu bentuk atau ide hewan dari jenis mainan musik ini. Model lainnya ada ayam atau kuda, dan yang menarik adalah ide untuk menyatukan peralatan musik dalam bentuk hewan yang menarik.
Mainan ini berukuran 31 x 18.5 x 27 cm dan terbuat dari bahan baku utama plywood. Proses pembuatan rangkanya akan cukup mudah, namun agak sulit pada penambahan beberapa aksesorinya.


8. Bangku Kerja

Calon insinyur muda akan bangga dengan mainan bangku kerja dan alat dari kayu ini. Dilengkapi dengan semua aksesori yang mereka perlukan, setiap bagian terbuat dari kayu karet yang lestari dan dihiasi dengan cat non-toksik yang aman untuk anak-anak.

Didesain dengan indah dan dibangun untuk pemakaian agar bertahan cukup lama.
Yang menarik dari mainan ini adalah kelengkapannya dengan bangku kerja sehingga anak bisa berimaginasi menjadi seorang tukang kayu.


Amara

Ulasan teknis:
Seluruh bagian mainan ini dibuat dari kayu solid, tapi jika anda ingin membangun sendiri, beberap abagian bisa dibuat dari papan buatan. Seluruh detilnya sangat penting dan memerlukan pengerjaan yang teliti.
Ukuran: 40 x 27 x 51 cm




9. Set Dapur

Dengan oven, microwave dan rak piring yang terintegrasi, rangkaian mainan set dapur ini dibuat istimewa dengan banyak aksesori yang mirip aslinya. Dua keranjang anyaman rotan bisa menjadi ruang penyimpanan untuk mainan makanan, termasuk dua toples kayu, tiga rak herbal, tiga piring cantik, kotak sabun cair, handuk koki mini yang dicetak, dan tiga peralatan memasak.
Mainan makanan di sini berupa ikan dua bagian dengan hiasan di panci ikan berbentuk oval.

Maisonette

Ulasan teknis:
Perancang mainan set dapur ini benar-benar memikirkan seluruh detil untuk membantu anak bermain dengan seluruh imajinasi mereka. Banyak sekali bagian komponen kecil pada mainan ini yang terbuat dari kayu dan harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar komponen tidak mudah terlepas.
Pemilihan jenis kayu akan sangat penting dan perlu dipilih kayu dengan kepadatan agak tinggi di atas 450 kg/m3 agar tidak mudah pecah.


10. Kereta Dorong Boneka

Kereta Dorong Boneka ini mengajak anak-anak untuk berpartisipasi dalam permainan pura-pura dan mengembangkan keterampilan komunikasi dengan melakukan percakapan dengan teman boneka mereka. Posisi bermain saat mendorong, dengan menghadap ke kereta dorong membantu untuk membangun komunikasi tatap muka. Bagian kepala tempat boneka bisa diputar ke arah sebaliknya.


LittleWonderandCo

Ulasan teknis:
Model mainan ini adalah favorit tentang Kayu. Strukturnya sangat sederhana tapi desain dan modelnya sangat menarik dan cukup menantang untuk dibuat dari bahan kayu. Kombinasinya dengan bahan kain berwarna-warni membuatnya terlihat moderen dan sangat intuitif.


11. Pengeja Kata

Apa yang bisa lebih menarik daripada mengeja atau belajar mengenal huruf abjad? Pengeja Kata ini menjadi game seru yang bisa dimainkan dengan berbagai cara. Di dalam paketnya termasuk 64 buah huruf abjad yang berbentuk kotak kecil seperti ubin dan 30 lembar kartu ejaan kata-kata yang bergambar sangat menarik.

Beberapa cara bermaini bisa dengan mengidentifikasi kata pada kartu, menguraikan huruf-huruf pada kartu, dan mengejanya menyusun kotak huruf. Anak-anak bahkan dapat menggunakan kartu tanpa perlu mengeja atau menyusun ubin kayu berhuruf untuk mempelajari objek dan kata-kata. Semuanya hadir dalam kotak yang bagus dengan kompartemen untuk semua bagian. Terbuat dari kayu lapis, kayu solid jenis Beech, dan karton yang kuat, dan bahan finishing yang aman.
Terpaksa untuk mengeja!


WonderandWise

Ulasan teknis:
Keseluruhan mainan ini bisa dibuat sendiri dari kayu solid, misalnya kayu pinus atau kayu albasia. Tidak memerlukan konstruksi atau struktur yang sangat kuat, cukup dengan pengerjaan yang halus dan hati-hati agar tidak mudah pecah.


12. Meja Belajar Multifungsi

Perabot kayu berbentuk mirip rumah ini selain bisa digunakan sebagai meja belajar juga bisa dijadikan rak buku, atau rumah mainan dengan multifungsi.

Didesain dengan cerdas pada bagian atap rumah satu sisi merupaka papan tulis hitam untuk menulis dengan kapur, dan sisi [lainnya papan tulis putih untuk menulis dengan spidol atau untuk menempel kertas dengan magnet. Bagian cerobong asap bisa digunakan untuk menyimpan pensil atau alat tulis lainnya, dan bagian bawah setiap sisi atap terdapat kayu kecil untuk menahan pensil atau kertas agar tidak terjatuh.

Pada satu sisi rumah-rumahan ini terdapat rak buku dan sisi lainnya terdapat rongga besar untuk bermain atau bersembunyi di bawahnya.


LittleWonderandCo

Ulasan teknis:
Jika anda ingin menjadikan mainan ini sekaligus sebagai tempat tidur si kecil juga memungkinkan. Idenya sangat kreatif dan pengerjaan serta konstruksinya terbilang cukup sederhana namun harus kokoh.

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post