RAPEX: Penarikan Kembali Mainan Baby Gym Dari Sebra

Dengan pemberlakuan secara langsung dan segera, pada akhir November 2021, Sebra Interiør ApS yang berbasis di Denmark menarik kembali salah satu produk mereka Baby Gym dari konsumen karena tali yang digunakan untuk menggantung mainan sensorik dapat terlepas, sehingga bagian kayu dapat jatuh dan menyebabkan bagian/bola kecil dan berisiko bahaya tersedak yang serius bagi anak kecil.

Nomor batch atau kode produksi dapat ditemukan di sambungan yang menghubungkan dua lengkungan kayu (berbentuk busur) sebagai penyangga mainan.

Photo: Baby Gym/SEBRA

Produk tersebut telah dipasarkan sejak April 2018 dan dijual melalui toko-toko Sebra dan toko online, terutama di Eropa.

Konsumen yang pernah membeli produk ini disarankan segera mengambilnya dari anak-anak dan menghubungi toko tempat mereka membelinya.

Sebra telah menghubungi pengecer yang menjual produk tersebut dan penjualan produk telah dihentikan. Produksi - yang menurut Rapex dibuat di Denmark - juga telah dihentikan.

Dikutip dari situs resminya Sebra mengungkapkan, "Kualitas dan keamanan produk adalah yang paling penting, itulah sebabnya kami menerapkan penarikan sukarela".

Pada bulan November, Sebra menerima pertanyaan dari orang tua yang penuh perhatian yang melaporkan bahwa tali tempat mainan digantung mulai terlepas, menyebabkan beberapa bagian kayu terlepas dari dua struktur kayu berbentuk seperti busur. Dalam kasus tersebut, Baby Gym telah digunakan oleh satu anak tanpa masalah, tetapi kemudian ketika mainan diwariskan dan digunakan oleh adiknya, di saat itulah orang tua mengetahui masalah tersebut.

Terlepas dari kenyataan bahwa Baby Gym telah lulus uji tarik dan sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku di Eropa (Toy Safety Directive dan European standard EN 71) untuk mainan anak di bawah usia 3 tahun, Sebra memutuskan untuk melakukan investigasi atas insiden tersebut.

"Ternyata tali yang kami pilih untuk produk, dibuat dari bahan kuat yang juga digunakan untuk peralatan mendaki gunung, dan perlu diganti setiap 3 tahun sekali untuk menjaga daya tahan dan kekuatannya. Paparan sinar matahari dapat memperpendek umur pemakaiannya. Oleh karena itu, Baby Gym seharusnya tidak mengalami masalah ini saat masih baru, tetapi setelah beberapa tahun – atau jika terjadi paparan sinar matahari yang berlebihan – hal ini dapat menimbulkan masalah keamanan".

Terlepas dari masalah kualitas bahan tali, kita perlu kembali melihat risiko lain pada bahan mainan yang dibuat dari kayu, bahwa ukuran komponen sebaiknya tidak terlalu kecil. Atau harus sama sekali bebas dari risiko terpecah menjadi bagian-bagian yang terlalu kecil.

Baca juga: Periksa Ini Sebelum Membeli Mainan Kayu Untuk Anak Anda

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama