IKEA Akan Menghilangkan Plastik Dari Kemasan Konsumen Pada Tahun 2028

Pada 23 Nopember 2021 yang lalu, secara resmi di website IKEA telah mengumumkan rencana mereka untuk menghapus plastik dari kemasan konsumennya pada tahun 2028.

Untuk memerangi limbah dan polusi plastik, raksasa furnitur dari Swedia tersebut telah secara signifikan mengurangi jumlah plastik yang digunakan dalam kemasan produknya. Saat ini, kurang dari 10% dari total volume bahan kemasan yang digunakan setiap tahun oleh IKEA terdiri dari plastik. Untuk menutup celah yang tersisa dengan menghilangkan plastik dari solusi pengemasan produck konsumen, IKEA akan melanjutkan gerakannya untuk mencapai target hanya menggunakan bahan terbarukan atau daur ulang.


Photo: Prototipe kemasan IKEA

“Menghapus plastik secara bertahap dalam kemasan konsumen adalah langkah besar berikutnya dalam perjalanan kami untuk membuat solusi pengemasan lebih berkelanjutan dan mendukung komitmen keseluruhan untuk mengurangi polusi plastik dan mengembangkan kemasan dari bahan terbarukan dan daur ulang,” kata Erik Olsen, manajer pengemasan dan identifikasi di IKEA of Sweden.
Pergeseran akan terjadi secara progresif selama beberapa tahun mendatang, dan terutama berfokus pada kertas karena dapat didaur ulang, terbarukan, dan didaur ulang secara luas di seluruh dunia.

Ikea menghabiskan lebih dari 1 miliar Euro per tahun untuk bahan kemasan, untuk sekitar 920 000 ton bahan kemasan. Perpindahan dari plastik dalam kemasan konsumen akan membutuhkan teknologi dan solusi baru, serta kerjasama erat antara tim pengembangan produk dan pemasok IKEA di seluruh dunia.

“Kecerdasan adalah bagian dari warisan Ikea, dan pengemasan produk (packaging) tidak terkecuali dalam hal itu,” kata Maja Kjellberg, pemimpin pengembangan pengemasan di IKEA of Sweden. “Beralih dari plastik, atau menghilangkan plastik dari dalam kemasan produk untuk konsumen kami pasti akan menjadi tugas yang menantang di tahun-tahun mendatang. Dengan gerakan ini, kami bertujuan untuk memacu inovasi pengemasan dan menggunakan ukuran dan jangkauan kami untuk memberikan dampak positif pada industri yang lebih luas di luar rantai pasokan kami.”

Sumber: IKEA newsroom

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama