RAPEX: Slovakia Menarik Produk Mainan Kayu Karena Bahaya Tersedak

The Rapid Exchange of Information System atau RAPEX adalah pertukaran cepat sistem informasi di Eropa sebagai bagian dari perlindungan konsumen untuk memperingatkan konsumen produk yang tidak aman atau beresiko membahayakan kesehatan dan keamanan konsumen.
RAPEX tidak mencakup makanan, produk farmasi dan obat-obatan.


Photo: Europeancommission

Akhir minggu ini RAPEX merilis peringatan bahaya sebuah produk mainan anak-anak berupa puzzle kayu yang memiliki bagian-bagian kecil yang longgar atau lepasan sehingga membahayakan anak kecil yang bermain dengan resiko memasukkannya ke dalam mulut dan tersedak.

Produk tersebut dinyatakan tidak memenuhi persyaratan Petunjuk Keselamatan Mainan (the Toy Safety Directive) dan Standard Eropa EN71-1.

Mainan tersebut terbuat dari 18 bagian kayu yang berbeda warna dengan bentuk geometris, yang diletakkan di atas kayu lapis berbentuk persegi dan dibungkus dengan plastik transparan.Mainan tersebut terbuat dari 18 bagian kayu yang berbeda warna dengan bentuk geometris, yang diletakkan di atas kayu lapis berbentuk persegi.

Sesuai yang dilansir dari website RAPEX, mainan ini dijual di Slovakia dan diproduksi di Tiongkok. Peringatan tersebut baru dirilis pada akhir November 2021, akan tetapi penarikan produk efektif berlaku sejak 14 Oktober 2021.

Produsen atau distributor diharuskan melakukan beberapa langkah seperti:
- Memperingatkan konsumen akan resiko bahayanya
- Menarik produk dari pasar
- Menarik produk dari konsumen

Photo: Europeancommission

Baca juga:
Periksa Ini Sebelum Membeli Mainan Kayu Untuk Anak Anda


0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama