06 September 2021

Bagaimana Memilih Dimensi Meja Makan Yang Tepat


Photo doc: Dining set/LINSY

Ada begitu banyak ukuran dan bentuk meja makan. Mana yang paling tepat untuk Anda? Apakah yang bentuk bundar, persegi panjang, bujursangkar, atau oval? Semuanya tergantung selera dan pengaturan ruang makan anda saat ini. Tapi selain estetika dan penampilan meja makan, satu hal yang cukup penting Anda perhatikan adalah kenyamanan saat menggunakan meja makan.

Meja makan seringkali menjadi pusat rumah. Meja makan memainkan peran penting dalam pertemuan keluarga, makan romantis atau perayaan dengan relasi dan teman-teman Anda, jadi penting sekali untuk memilih ukuran yang tepat untuk meja makan anda.
Ukuran meja makan tergantung pada berbagai faktor: berap jumlah orang yang biasanya makan bersama, berapa banyak tamu yang sering anda undang, dan ukuran ruang makan Anda.

Bentuk Apa yang Paling Ideal?
Untuk kenyamanan, setiap orang membutuhkan ruang minimal selebar 60 cm di atas meja makan, dan 40 cm di bagian depan. Dan jarak per orang di sisi kanan dan kiri masing-masing 10 cm. Dengan pertimbangan tersebut, berikut ini konfigurasi ukuran meja makan yang ideal dengan jumlah kursi yang anda butuhkan.
Ukuran ini adalah ukuran minimal, tentu saja jika anda menginginkan lebih nyaman dan tambahan area pada meja makan, anda bisa memilih ukuran meja yang sedikit lebih besar sesuai yang anda pilih di toko furniture favorit anda.

Meja persegipanjang merupakan bentuk yang paling populer dan paling efisien dalam hal penggunaan maupun produksi, terutama untuk jumlah orang yang banyak.
Bentuk meja oval bisa merujuk pada ukuran meja bentuk persegipanjang.

Konfigurasi Ukuran Meja Persegipanjang



Bentuk meja bundar atau oval memberi ruang gerak lebih banyak karena tidak terdapat sudut meja. Dan meja bundar membantu membentuk rasa lebih dekat, mendorong seluruh meja untuk berbincang lebih dekat.

Konfigurasi Ukuran Meja Bundar



Seberapa Besar Ruang Makan Anda?
Berikan ruang bebas antara meja makan dengan dinding atau kabinet terdekat lainnya. Anda perlu membuat jarak sebesar 100 cm untuk kenyamanan posisi duduk dan jalan di belakang kursi. Ingatlah bahwa kursi makan yang lebih besar akan membutuhkan lebih banyak ruang per orang, jadi jika Anda sudah memiliki kursi makan atau sedang memikirkannya, ukur seberapa lebarnya sehingga Anda tahu berapa banyak ruang yang diperlukan per orang.



Setelah anda menentukan ukuran dan bentuk meja makan, ada satu detil yang sangat bermanfaat untuk diperhatikan.
Tinggi meja makan biasanya antara 74-76 cm, dan ketinggian dudukan kursi meja makan antara 43-45 cm. Ukuran ini sangat penting untuk memberi kenyamanan dan posisi ergonomis dengan posisi makanan di depan anda. Ukuran detil lain yang tidak kalah pentingnya adalah ruang bebas antara dudukan kursi dengan bagian bawah meja (rail), untuk memberi ruang bebas pada kaki di saat duduk. Anda perlu memeriksa jarak antara dudukan kursi dengan bagian bawah meja sebesar 15-20 cm.

Biasanya produsen furniture sudah mempertimbangkan ukuran-ukuran tersebut, namun penting diperiksa apabila anda membeli meja dan kursi dari produsen yang berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar

Most read this week