Mengolah Limbah Kayu Sisa Produksi

Apa yang bisa kita dilakukan dengan limbah gergajian atau serpihan kayu dari hasil kerja mesin di ruang produksi? Tidak mudah sebenarnya menjawab pertanyaan tersebut. Limbah serbuk gergaji dan potongan kayu mencakup lebih dari 50% dari total volume kayu yang masuk ke pabrik furniture. Sebagai contoh apabila sebuah pabrik setiap tahunnya membeli kayu log sebesar 3.000 M3, berarti serbuk gergaji yang dihasilkan setiap tahunnya adalah sekitar 780 M3!

Konsentrasi terhadap produksi membuat kebanyakan pabrik kurang peduli mencari jalan keluar pembuangan limbah tersebut.



Serpihan kayu dari limbah proses log menjadi kayu gergajian atau potongan-potongan kayu dari dalam produksi bisa di daur ulang menjadi produk-produk kecil yang bernilai dekoratif. Atau bagi pabrik yang memiliki Kiln Dryer bisa memanfaatkannya sebagai bahan bakar di ruang pembakaran mesin boiler. Artinya serpihan-serpihan kayu tersebut masih bisa menjadi komoditi perusahaan. masih bisa membantu mengurangi biaya produksi di departemen pembahanan.

Solusi paling sederhana dan paling mudah yang saya amati saat ini adalah dengan menjual atau menyerahkan pengaturan pembuangan serbuk dan tatal (serpihan dari mesin serut atau router) kepada masyarakat lokal. Pabrik yang pada umumnya terletak di daerah luar kota tidak sulit mendapatkan solusi ini karena penduduk di sekitar pabrik bisa menggunakannya sebagai bahan bakar untuk memasak.
Mereka bisa juga mengirimkan serbuk dan tatal tersebut ke pabrik kecil yang memproduksi batu bata, genteng, atau keramik sebagai bahan bakar.

Beberapa pabrik pembuat MDF dan papan buatan lainnya juga menerima tatal dengan kondisi tertentu. Wlaupun demikian biasanya mereka lebih cenderung memproduksi wood chips sendiri.

Bricket Kayu
Salah satu cara yang ekonomis dan produktif adalah membuat bricket kayu yang nantinya akan bisa digunakan sebagai bahan bakar. Serbuk dan tatal diberi tekanan tinggi di dalam satu bejana tertutup hingga padat. hasil tekanan padat tersebut kemudian dijadikan sebagai bahan bakar yang mirip bricket batubara. Saya pernah berkunjung ke sebuah pabrik yang mengolah limbah dengan cara seperti ini akan tetapi belum bisa memberikan penjelasan detail kepada anda tentang bagaimana dan peralatan seperti apa yang harus disiapkan.
Satu waktu akan diusahakan untuk mendapatkan informasi tersebut bagi anda lengkap dengan perkiraan biaya dan kemungkinan hasil yang bisa diperoleh.

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

18 Komentar

  1. minta informasi ya, untuk membuat serbuk kayu yang di press dan di keringkan tetapi tanpa diberi campuran lem, trimakasih.

    BalasHapus
  2. contoh hasil dan cara daur ulangnya gimana bos?? di rumah saya banyak dibuang,

    BalasHapus
  3. yang butuh serbuk kayu kunjungi link nya serbukgergajisawdust.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Potensi bisnis yang menguntungkan dari limbah kayu apa?

    BalasHapus
  5. mohon infonya cara mengolah serbuk kayu jadi bahan baku mebel... kalo ada tempat yang bisa saya kunjungi untuk belajar cara membuat bahan baku tsb tolong kirim infonya duatujuh81@yahoo.com

    BalasHapus
  6. mohon infonya cara mengolah serbuk kayu jadi bahan baku mebel... kalo ada tempat yang bisa saya kunjungi untuk belajar cara membuat bahan baku tsb tolong kirim infonya duatujuh81@yahoo.com

    BalasHapus
  7. Kami adalah sebuah produsen yang memproduksi serbuk sending/ serbuk kayu halus yg berguna untuk campuran dempul di sebuah pabrik kayu lapis atau paywood. Barang dari kami terjamin.halus dan juga kering. Kami jual dalam bentuk per karung.. Alamat produksi kami ada di candiroto.temanggung jawa tengah.
    Untuk para produsen barecore ataupun plywood di jika berminat dengan produk kami bisa menghubungi :
    Cp.     : 085713845444
    Email:  tomsofa07@gmail.com
      Atas kerja samanya kami ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  8. Perusahaan tempat kami bekerja saat ini di daerah maguwo sleman yogyakarta menjual sisa-sisa potongan kayu jati dan tripleks. Bagi anda yang berminat dapat menghubungi kami ARI di 087843171858

    BalasHapus
  9. Di tempat saya ( kalimantan tengah - muara teweh) banyak serbuk kayu..bagi yg berminat bisa hub di WA saya 0821 5069 5928

    BalasHapus
  10. Minta tolong info untuk tempat yang bisa menerima serbuk gergaji dari perusahaan furniture,

    BalasHapus
  11. kira kira produk apa yang cocok dibuat dari serbuk kayu, dan kalo bisa nanti dibahas bagaimana cara pebuatannya

    BalasHapus
  12. Kebetulan saya punya usaha panglong,dan ampas atau serbuk kayu itu terbuang sia2 karna saya tidak tahu cara mengolah nya,jika ada yang bisa bantu bisa hubungi WA 082287409906.

    BalasHapus
  13. Mohon infonya kalau ada yg produksi wood sawdust pressed ,bahan dari serbuk kayu sengon yg dipress jadi balok kotak persegi ,hubungi wa,082130085078

    BalasHapus
  14. kalau saya berniat kerjasama dimana saya sebagai pihak pensuplai bahan mentah (sisa kayu atau potongan2 kayu) untuk dijadikan papan bagaimana ?
    087782009727 Nano

    BalasHapus
  15. `Thank you for nice information. Please visit our web:

    syafiq
    syafiq

    BalasHapus
  16. Saya info jika ada yang mau ambil limbah furniture kayu, triplek, mdf, serbuk kayu, dll silahkan hub.0817-4818-159 lokasi kami di Gunung Sindur-Parung, Kab.Bogor, Jawa barat.

    BalasHapus
  17. Tempat saya bekerja di inderalaya utara, sumatera selatan sangat banyak limbah kayu yang sangat memungkinkan untuk dijadikan woodchip atau pun wood pellet, jika ada yang bisa mengelola bisa hub saya habib 082180498904, limbah kayu yang keluar perhari bisa 150ton, terimakasih

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama