Memasang Kaca pada Pintu Rangka Kayu

Pekerjaan ini tidak semudah yang kita lihat atau bayangkan. Dengan sifat kaca yang sangat mudah pecah dan membutuhkan ekstra hati-hati dalam penanganannya, sebaiknya kita perhatikan beberapa hal yang penting pada saat memasang kaca pada pintu rangka kayu. Konstruksi pemasangan kaca pada rangka kayu bisa bermacam-macam tergantung ukuran kayu, material rangka kayu, fungsi dan ketebalan kaca.
Apabila kaca dengan tebal kurang dari 4mm sebaiknya gunakan sistem rangka tempel, papan belakang yang sekaligus daun pintu berfungsi sebagai penahan kaca agar stabil dan tidak pecah, kemudian ditambahkan lis tempel di sekeliling kaca untuk menahan kaca tetap pada posisinya.

Tebal kaca lebih dari 5mm bisa digunakan rangka kayu solid bagian dalam rangka perlu dibuat satu lajur takikan untuk penempatan kaca. Kemudian kaca ditahan dengan lis kecil di sekeliling rangka kayu.

Cara aman memasang kaca pada rangka pintu:
  1. Letakkan rangka kayu dengan posisi alur terletak pada bagian atas. Usahakan letakkan pada meja yang luasnya minimal sama dengan luas daun pintu. Atau letakkan pada lantai yang datar.
  2. Haluskan seluruh sisi kaca agar tidak tajam.
  3. Pasangkan lembaran kaca dengan hati-hati, gunakan selembar karton atau kain untuk memegang kaca.
  4. Pasang paku pada list kayu sebelum dipasang pada (4 sisi) pada rangka pintu.
  5. Setelah lis terpasang, perlahan masukkan paku dengan martil.
  6. Sebaiknya letakkan selembar kain di atas permukaan kaca yang sedang dipasang lis kayu. Ini untuk menghindari goresan pada permukaan kaca karena gerakan martil.
  7. Masukkan paku dengan menggunakan drip paku.


Apabila anda ingin menutup lubang tersebut bisa dengan wood filler. Sebaiknya lakukan sebelum anda memasang kaca, rangka pintu harus selesai disetel dengan rangka almari atau kusen dan harus difinishing sebelumnya.

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama