Papan Beresiko Melengkung Lebih Besar

Membelah log menjadi beberapa bagian papan secara teknis pengerjaan lebih mudah dan lebih cepat. Dari segi kualitas sebenarnya cara pembelahan ini beresiko lebih tinggi menghasilkan limbah. Lembaran papan yang tidak tertata dengan baik di dalam Kiln Dry akan lebih banyak menyusut dan melengkung.

Oleh karena itu pada proses penggergajian kayu untuk papan sebaiknya dilakukan pemilihan lebih hati-hati. Untuk log yang berbentuk cenderung bundar akan lebih tahan terhadap gerakan penyusutan. Mengapa? Log silindris memiliki kekerasan dan kerapatan serat yang seimbang sehingga pada waktu pengeringan walaupun terjadi penyusutan akan tetapi tersebar hampir rata di seluruh permukaan kayu lembaran.
Metode pembelahan yang terbaik adalah metode quarter sawn. Ada keterbatasan akan lebar papan yang dihasilkan, tapi dengan melihat proses selanjutnya akan menghemat limbah dan meningkatkan kualitas kayu.

3 comments:

  1. maaf mas, bisa dijelaskan lebih lanjut maksud dari metode quarter sawn? semisal kayu jati umum itu untuk menghindari pelengkungan min. ukuran lebar atau tebal atau panjang itu berapa ya?

    makasih

    ReplyDelete
  2. limbah apa saja yang dihasilkan dari proses ini?

    ReplyDelete
  3. Untuk rekan Arimba, silahkan lihat pada artikel 'Metode Penggergajian Kayu' di link berikut: http://www.tentangkayu.com/2007/12/metode-penggergajian-kayu.html yang menjelaskan tentang metode quarter sawn.

    ReplyDelete