26 Agustus 2021

Sambungan Sudut Rangka Kayu


Beberapa dasar jenis sambungan sudut dan garis potong yang ingin dihasilkan apabila anda sedang mencari jenis sambungan manakah yang paling cocok untuk desain furniture anda. Penggunaannya tergantung dengan posisi sambungan, fungsi komponen (sebagai struktur atau bukan), dan mesin yang tersedia di ruang produksi. Masing-masing jenis sambungan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sambungan Biasa (Butt joint)
Tampak luar akan terlihat berupa garis memotong bagian kayu di sudut yang lain. Konstruksi ini sangat baik apabila bagian bawah (bidang yang tidak terpotong) sebagai penopang konstruksi. Detail penyambung bagian dalam bisa berupa pen & lubang tersembunyi atau dowel kayu.
Dari sisi estetika, terutama produk indoor jenis sambungan ini kurang diminati.


Sambungan Verstek (Miter joint)
Dari luar hanya kelihatan garis potong yang membagi dua kayu pada sudut yang sama. Sangat tepat dan baik untuk konstruksi bidang persegi atau bujursangkar yang mengutamakan estetika tampak luar. Sering dugunakan pada frame, pintu atau top table.
Kesulitan yang akan timbul pada jenis sambungan ini adalah masalah presisi sudut pemotongan. Sedikit saja anda salah membuat garis sudut walaupun satu derajat akan mengakibatkan sambungan tampak kurang sempurna. Dari segi pengerjaannya-pun lebih sulit karena harus membuat lubang untuk dowel kayu (misalnya) sangat presisi.


Sambungan Ekor Burung (Dovetail joint)
Sangat tepat untuk konstruksi dengan resiko beban searah dengan serat kayu. Konstruksi ini dari segi estetika juga tergolong baik apabila dibuat dengan sangat hati-hati dan teliti. Memperluas bidang lem pada dasarnya dan menambah kekuatan tarik konstruksi. Paling tepat digunakan pada bidang persegiempat yang memiliki kemungkinan besar perubahan bidang ke arah samping.



Sambungan Pen & Lubang terbuka (Bridle joint)
Jenis sambungan ini lebih diperuntukkan menambah daya tahan terhadap tarikan dan putaran ke arah sisi lebar. Juga untuk memperluas bidang pengeleman. Beresiko pecah pada sisi paling luar karena sangat tipis dibandingkan kemungkinan besar beban yang akan diterima.




Sambungan Gerigi/Jari (Box joint)
Biasa digunakan untuk konstruksi box laci cocok untuk konstruksi sudut pada papan lebar dan kalaupun detail konstruksinya terlihat jelas, tidak halus, bagian laci akan tersembunyi. Beberapa produck menggunakan jenis sambungan ini untuk rak dinding.



Beberapa jenis sambungan tersebut saat ini sudah banyak tersedia mesin khusus sehingga ketepatan ukuran dan posisi bisa lebih diandalkan.

Edited (first published 30-Dec-2007)

2 komentar:

Most read this week