Kandungan Air di Dalam Kayu


Air memiliki peranan dan pengaruh besar terhadap kayu. Walaupun kekerasan kayu dan umur kayu juga yang akan memberikan hasil berbeda pada setiap jenis kayu. Sebagaimana kayu bisa berubah bentuk karena besar-kecilnya kandungan air. Akan tetapi di mana letak air yang mempengaruhi kualitas kayu tersebut berada?


Air terletak di dua bagian besar pori-pori kayu sebagai berikut:
1. Free Water (air tidak terikat), terletak di dalam pori-pori kayu. Seperti yang sudah di jelaskan pada posting sebelumnya bahwa pori-pori kayu adalah seperti pipa-pipa yang tersusun searah. Free water ini sangat mudah menguap, ini karena Free Water tidak mengandung banyak zat dan sel-sel pohon.

2. Bound Water (air terikat), mengandung lebih banyak selulosa dan kimia lain. Terletak di antara pori-pori, sekaligus memperkuat ikatan antar pori. Apabila Bound Water ini menguap maka kayu akan mengalami penyusutan.

Free water pada beberapa jenis kayu lunak bisa menguap melalui proses Air Drying, sedangkan untuk beberapa kayu keras hanya bisa melalui proses Kiln Dry.

credit: wikipedia, woodweb

4 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    ReplyDelete
  3. Tapi kalo di desa-desa... agar kayu kuat malah direndam dalam kolam dalam waktu yang lama. Kaitan dengan kadar air itu bagiamana ? mohon penjelasan

    ReplyDelete