9 Produk Kayu Ini Ikut Meramaikan Olimpiade Paris 2024

Menjelang olimpiade yang akan diselenggarakan di Paris akhir bulan Juli mendatang, berbagai produk yang terbuat dari kayu bertemakan Olimpiade Paris 2024 telah banyak beredar dan sepertinya bisa diperoleh melalui belanja online.

Kami merangkum beberapa produk kayu menarik untuk menjadi referensi yang sebagian besar diproduksi secara lokal di Prancis. Kami belum yakin apakah produk-produk tersebut bisa dibeli sebelum olimpiade berlangsung, akan tetapi item-item tersebut telah dipajang secara online.


MOBIL BALAP PARIS

Mobil balap terbuat dari kayu ini diklaim 100% Prancis. Sebagai hasil kolaborasi VILAC dan Komite Paris 2024, mobil balap cantik ini terbuat dari bahan kayu solid jenis Jura dan difinishing dengan pernis.

Mainan ini diperkirakan akan menjadi salah satu model kenang-kenangan terindah yang bisa dimiliki seumur hidup.

Dengan warna bendera nasional Prancis yaitu Biru, Putih dan Merah, ditambah karakter khusus dengan logo Olimpiade Paris 2024. Mainan kayu ini sangat indah dan sepertinya tidak hanya anak-anak yang akan menyukainya, tetapi orang dewasa juga akan tertarik untuk memilikinya.

Harga jual yang dibandrol untuk mainan ini di histoiresfrancaises.com lumayan mahal, yaitu 29,90 Euro atau sekitar Rp. 525.000,- dengan kurs saat ini (1 EUR = Rp. 17.540)


KAPAL LAYAR

Produk yang juga dikembangkan oleh VILAC, dan mainan ini diklaim memiliki lisensi Paris 2024.

Banyak acara tentang pelayaran yang akan berlangsung di pantai Prancis dan Untuk memberikan penghormatan kepada para pelaut dan atlit yang berkompetisi, mereka menciptakan perahu layar kecil ini untuk para para juara di masa depan.

Perahu layar kayu yang unik ini akan sangat disenangi oleh anak-anak. Dan mainan kayu ini diperkirakan akan bisa bertahan cukup lama.

Mainan ini berukuran 25 x 7 x 25 sentimeter (PxLxT), dan diproduksi di Tiongkok.

Sayangnya hanya direkomendasikan untuk anak-anak berusia 2 tahun ke atas. Saat ini terlihat di etalase online boutiquesdemusees.fr dengan harga yang lumayan mahal, yaitu 19,90 Euro, sekitar Rp. 349.000,-


TALENAN KAYU

Kali ini bukan produk mainan, tetapi talenan kayu berbentuk ikan dengan ukiran Paris 2024 di atasnya yang bisa berfungsi sebagai landasan saat memotong bahan makanan di dapur.

Talenan kecil ini dapat digunakan untuk memotong dan sebagai piring untuk menyajikan potongan sosis, keju, atau makanan pembuka lainnya. Sebuah lubang di bagian atas papan memungkinkan menggantungnya di dinding dapur.

Produk tersebut dibuat di Prancis dari kayu jenis Beech yang kuat dan keras. Hasil penjualan produk dengan edisi spesial berlisensi ini sebagian akan digunakan untuk penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024 dan Paralimpiade.

Terlihat di toko online bringfrancehome.com dijual seharga 19,00 Euro, sekitar Rp. 333.000,-. Tidak terdapat informasi dimensi talenan, namun kami perkirakan sekitar 14 x 26 sentimeter.


YOYO KAYU

Masih sebuah produk mainan 'made-in France' dengan ukiran nama dan api olimpiade Paris 2024. Memiliki dua permukaan dengan warna finishing yang berbeda. Satu permukaan dengan warna putih, sedangkan sisi lainnya dengan warna alami kayu Beech.

100% diproduksi di Prancis, dan sebagian hasil penjualannya akan digunakan untuk penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024.

Dipastikan mainan kayu ini bisa bertahan lama karena kualitas jenis kayu yang digunakan cukup keras. Di toko online bringfrancehome.com, yoyo ini dijual seharga 10,00 Euro, sekitar Rp. 175.400,-


PISTOL KAYU

Yang pernah bermain pistol kayu dengan karet gelang sebagai pelurunya, pasti akan menyukai produk ini. Permainan ini biasanya dilakukan oleh anak-anak di tahun 80-90an.

Vilac bekerjasama dengan Paris 2024 membuat pistol mainan ini untuk Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024. Di dalam paketnya termasuk 10 gelang karet dan 5 papan sasaran.

Mainan kayu ini terlihat di website olympics.com dengan harga 20,00 Euro, atau sekitar Rp. 351.000,-


FIGUR ATLET SUSUN

Dalam satu set yang dikemas dalam satu kardus terdapat 12 figur atlet yang berukuran tinggi rata-rata 8 sentimeter dan bisa disusun dalam berbagai macam posisi.

Produk yang juga dikembangkan oleh VILAC ini terdapat figur atlet angkat besi, karate, renang, tenis meja, sepakbola, tinju, dan lainnya. Dijual secara online dengan harga 24,90 Euro, atau sekitar Rp. 437.000,-

Mainan ini dibuat di Tiongkok dan telah diuji di laboratorium sesuai standar 2009/48/EC dan hanya diijinkan untuk dipakai anak berusia 3 tahun ke atas karena terdapat komponen kecil yang berisiko tersedak.


BOLA PETANQUE

Permainan bola Pétanque aslinya dari Prancis dan biasanya dimainkan oleh orang dewasa. Terdiri dari beberapa bola besar yang seharusnya terbuat dari bahan logam, tetapi kosong di dalamnya berdiameter sekitar 80 milimeter, dan berat antara 650 - 800 gram. Dan terdapat satu bola kecil terbuat dari kayu berdiameter sekitar 30 milimeter.

Dan khusus untuk olimpiade Paris 2024, Vilac membuat varian dari bahan kayu yang aman untuk dimainkan oleh anak-anak di atas 5 tahun.

Mainan yang diproduksi di Prancis ini sengaja dibuat lebih kecil dengan diameter 60 milimeter, untuk anak-anak.

Di dalam paketnya termasuk 5 buah bola kayu dan 1 buah bola kecil, berikut dengan tas penyimpan yang terbuat dari bahan katun. Pada halaman Musée du Luxembourg, paket bola Pétanque ini dijual dengan harga 29,90 Euro atau sekitar Rp. 524.500,-


BOWLING

Produk mainan kayu yang ini paling mahal di antara produk mainan kayu lainnya. Harga yang disebutkan di toko online mencapai 50.00 Euro, atau sekitar Rp. 877.000,-

Dalam satu paketnya terdapat 6 pin bowling kayu yang masing-masing terdapat angka cetakan dari 1 hingga 6, dan 2 bola kayu dengan cetakan logo Paris 2024. Sangat menarik dan hanya bisa dimainkan untuk anak di atas 5 tahun.



RAKET PANTAI

Raket terbuat dari kayu biasanya dipakai untuk permainan 'frescobol' atau bola padel pantai. Asal permainan ini dari Brasil dan biasanya dilakukan di pinggir pantai.


Harga raket kayu ini lumayan mahal, dengan sepasang raket kayu termasuk bola karet dan tas katun yang bermotif lisensi Paris 2024 dijual dengan harga 40,0 Euro di Olympicshop.




Melihat beberapa produk mainan kayu di atas, walaupun untuk bisa memilikinya mungkin harus menyaksikan acara olimpiade secara langsung di Prancis dan hanya bisa dibeli pada saat acara berlangsung. Akan tetapi model dan ide dasarnya sangat menarik, jika anda memiliki kemampuan untuk membuat produk yang serupa di Indonesia, kemungkinan besar akan sangat digemari.

Dan tentunya karena di produksi di Indonesia, maka bahan baku dan tenaga kerjanya akan lebih murah, sehingga harga jualnya tidak seharusnya semahal ulasan di atas.


---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama