ASTM International Menerbitkan Standar Terbaru untuk Furnitur Penyimpanan Pakaian

ASTM International, pemimpin global dalam pengembangan standar konsensus sukarela internasional untuk keamanan produk khususnya di AS, telah menerbitkan pembaruan F2057, standar stabilitas sukarela untuk furniture penyimpanan pakaian.


Ilustrasi tip-over/ncoa

Standar dengan nama 'The F2057-23 Standard Safety Specification for Clothing Storage Units' ini bisa dibeli di website ASTM. Bagi produsen produk furniture untuk penyimpanan pakaian yang memiliki pasar ekspor ke Amerika Serikat, standar ini sangat penting untuk dipahami.

AHFA (American Home Furnishings Alliance) yang lebih dari 10 perusahaan anggotanya adalah bagian dari sub-komite keselamatan furnitur ASTM, F15.42, bekerja bersama para perwakilan orang tua, pelindung konsumen, dewan pembuat peraturan, dan perusahaan furniture yang bukan anggota AHFA untuk menyusun pembaruan standar F2057.

Sub-komite mengembangkan update 2023 ini dengan tujuan untuk memenuhi persyaratan performa teknis yang diuraikan dalam Undang-Undang 'Stop Tip-overs of Unstable, Risky Dressers on Youth Act' – dikenal sebagai STURDY, yang diberlakukan pada 29 Desember 2022, setelah disahkan oleh Kongres sebagai bagian RUU Pengeluaran Omnibus tahun 2023.

STURDY mewajibkan 'the U.S. Consumer Product Safety Commission (CPSC)' untuk mengumumkan standar keamanan wajib untuk furniture penyimpanan pakaian yang mencakup persyaratan antara lain:

  • Tes kinerja yang mensimulasikan penggunaan furniture dalam “dunia nyata”, termasuk tes yang memperhitungkan dampak lantai berkarpet terhadap stabilitas, tes yang memperhitungkan dampak laci yang “bermuatan” dan beberapa laci terbuka, serta tes yang mensimulasikan kekuatan dinamis seorang anak yang memanjat atau bermain di unit;
  • Tes kinerja yang mensimulasikan berat badan anak hingga 60 pon (27,2 kg); dan,
  • Tes kinerja yang berlaku untuk semua unit penyimpanan pakaian berukuran 27 inci (68,9 cm) dan lebih tinggi.

Setelah standar F2057 memenuhi persyaratan STURDY, standar tersebut dapat diadopsi oleh CPSC sebagai standar wajib yang baru. Namun saat STURDY hampir menyelesaikan bagiannya, CPSC bergerak lebih cepat untuk mengembangkan standar keamanan wajibnya sendiri untuk furniture penyimpanan pakaian.

Aturan CPSC, yang diterbitkan pada 25 November 2022, dengan tanggal efektif 24 Mei 2023, juga dirancang untuk mengatasi dampak skenario “dunia nyata” terhadap stabilitas unit penyimpanan pakaian. Namun dalam aturan terakhirnya, yang pertama kali dirilis pada Juli 2021, CPSC beralih dari tes kinerja yang menyimpulkan hasil pengujian lulus/gagal, ke pendekatan baru yang berfokus pada "peringkat stabilitas" komparatif untuk setiap unit individu.

Untuk menentukan peringkat stabilitas ini, CPSC mengharuskan pabrik menghitung "momen tip-over" setiap unit, yang kemudian dibandingkan dengan "ambang batas momen tip-over". Produsen telah menemukan petunjuk bahwa langkah-langkah ini menjadi tidak jelas, dan perhitungan tersebut menghasilkan nilai yang bervariasi.

AHFA berpendapat bahwa tanpa jalur yang jelas bagi produsen untuk mematuhi aturan tersebut, CPSC tidak akan memiliki arah yang jelas untuk penegakan hukum.

Untuk memastikan alternatif yang layak untuk aturan CPSC, AHFA bekerja dengan 'Parents Against Tip-overs', 'the Consumer Federation of America', 'Kids in Danger', dan beberapa organisasi yang berkepentingan lainnya pada musim panas lalu untuk merundingkan sebuah amandemen agar STURDY mengarahkan CPSC meninjau kembali standar sukarela F2057 revisinya, dan jika ternyata memenuhi persyaratan kinerja STURDY, untuk mengadopsinya sebagai standar wajib. Koalisi ini berhasil memenangkan dukungan bipartisan di Senat, dan pada akhirnya mendapatkan persetujuan penuh dari Kongres.

STURDY tidak menyebutkan tenggang waktu yang diberikan kepada CPSC untuk meninjau F2057 yang telah direvisi. Garis waktu yang digariskan meliputi:

60 hari bagi ASTM untuk menerbitkan revisi standar sukarela. 90 hari bagi CPSC untuk mengumumkan peraturan final setelah peninjauan F2057-23 selesai. Meskipun STURDY tidak mengatakan dengan tepat kapan 90 hari ini harus dimulai, kita tahu bahwa itu harus berakhir pada 29 Desember 2023, karena STURDY membutuhkan aturan wajib yang terbaru untuk diterapkan satu tahun setelah pemberlakuan STURDY (yaitu 29 Desember 2022).
120 hari bagi industri untuk mematuhi aturan baru JIKA didasarkan pada F2057-23 ATAU 180 hari bagi industri untuk mematuhi aturan baru jika CPSC melakukan sesuatu selain mengadopsi F2057-23.

Source: furninfo

---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama